Wanita, Antara Menjadi Paling Baiknya Perhiasan Atau Paling Besarnya Fitnah

Wanita paling besar fitnahnya
0 23

WANITA. Antara menjadi paling baik nya perhiasan atau paling besar nya fitnah

بسم الله الرحمن الرحيم، السلام عليكم و رحمة الله و بركاته اخواتي في الله….
اللهم صل على سيدنا محمد و على اله و صحبه و اهل بيته اجمعيت

Terlahir sebagai wanita adalah karunia dn anugerah yg besar yg Allah berikan untuk kita, tapi seringkali kita sebagai wanita kurang bersyukur ats nikmat tsb mungkin terkadang kita banyak mengeluh, merasa hina, menganggap wanita itu lemah dsb

Tahukah sahabat sekalian? Peran wanita dlm kesuksesan Rumah tangga sangat lah penting, Peran seorang wanita dlm mencetak generasi2 islami dn berakhlaq mulia juga sgt lah berpengaruh. Karena itulah islam datang diantaranya untuk mengangkat derajat wanita,memuliakan wanita, dn menjaga wanita Alhamdulillah.

Dalam hidup ini seorang wanita diberikan 2 pilihan yaitu :

1. Menjadi paling baiknya perhiasan

Menjadi paling baiknya perhiasan. Seperti hadits Nabi saw yg sering kita dengar :

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَ خَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Artinya :

“Dunia itu semuanya Perhiasan (menyenangkan), dan sebaik-baik perhiasan (kesenangan) dunia adalah wanita sholehah”. (H.R. Muslim. Lihat Riyâdhush-Shâlihîn)

Dalam hadits ini nabi menjelaskn tentang keutamaan wanita sholehah yg menjadi sebaik2 perhiasan dunia
Siapa sih yg tidak senang perhiasan? Dn perhiasan mana sih yg tidak indah??? Terus kalau mau jadi perhiasan gimana dong cara nya? Untuk bisa dikatakan perhiasan paling baik dunia, wanita harus menghiasi dirinya dgn perkara2 yg baik dn mulia, diantaranya :

Wanita Sholehah akan menghiasi dirinya degan akhlaq dan budi pekerti mulia, dia akan bersikap sopan santun, lemah lembut kepada sesama, senang membantu, rajin beribadah, selalu berbuat dan berucap degan kebaikan dan sebagainya. Wanita sholehah akan menghiasi dirinya dengan rasa malu, Disaat wanita sudah memiliki rasa malu yang tinggi maka ia akan menjaga dirinya dan kehormatan nya juga kehormatan suaminya dengan baik.

Baca Rekomendasi :   5 Kalimat Ini Bisa Kamu Gunakan Sebagai Pengganti "Sabar Ya"

Ia akan menutup auratnya degan sempurna, ia tak mudah berbaur degan yang bukan mahrom nya, ia tak senang menampakkan keindahan dirinya pada orang lain, ia tak senang keluar rumah untuk hal-hal yang tidak penting, ia akan menutup rapat dirinya dari segala hal-hal yang dimurkai Allah dan bisa menimbulkan fitnah. Sikap malu/haya’ adalah sikap yang harus dimiliki bagi setiap orang baik laki-laki/wanita bahkan Nabi Muhammad adalah nabi yg sgt pemalu.

Tapi sifat malu itu jauh lebih utama jika dimiliki oleh seorang wanita dan akan menjadi perhiasan paling utama dan terbaiknya, disaat wanita sudah kehilangan rasa malu sama saja ia menjerumuskan dirinya pada hal-hal yang dimurkai Allah Naudzubillah.

Wanita sholehah akan menghiasi dirinya dgn ketaatan kepada suami nya (bagi yang sudah menikah) dan pada orang tuanya/walinya seperti ayah nya (bagi yang belum menikah). Selama perintah dari suami/orang tua tidak bertentangan dengan syariat Allah maka kita harus mematuhi nya, dalam taat pada suamiu dan orang tua Allah menyimpan kemuliaan dengn pahala yang sangat besar untuk seorang wanita.

Wanita sholehah akan menghiasi dirinya bukan dengan make up yang tebal atau baju yang indah, tapi ia akan menghiasi dirinya dengan pancaran cahaya air wudhu dan cahaya wajah yang senantiasa bangun malam untuk tahajjud dan bermunajat pada Allah inilah yang disebut inner beauty selain dengan akhlaq yang baik juga dibarengi dengan sering berwudhu dan bangung malam ( memperbanyak ibadah ). Waahh indah bangat yaa kalau kita bisa jadi perhiasan terbaik ituu

Baca Rekomendasi :   Jangan Pernah Menyerah, Meski Kamu Tak Mampu Lagi untuk Melangkah

2. Atau menjadi paling besarnya fitnah wal ‘iyadzu billah

Lalu yg kedua, seorang wanita jg bisa menjadi fitnah paling besar diatas bumi ini. Ra sûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِيْ فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

Tidak ada fitnah yang aku tinggalkan setelahku yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada fitnahya wanita. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 5.096) dan Muslim (no. 2.740 (97)

Dalam hadits diatas Rosululloh menjelaskan bahwa fitnah terbesar setelah beliau wafat (di akhir zaman) adalah wanita. Kenapa bisa disebut fitnah ?? Karena saat wanita sudah tidak menjaga diri nya dan jauh dari kata sholehah seperti ciri-ciri diatas, maka dengan mudah ia akan menampak kan keindahan dirinya yang itu semua akan menajdi awal dari perzinahan/pelecehan

Sering juga kita dengar banyak orang gila harta,jabatan,haus dunia, dan menghalalkan segala cara karena termakan fitnah wanita

Jadi apa aja sih fitnah wanita itu ? Keluarnya seorang wanita adalah fitnah

Allah azza wajalla berfirman
وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.”(QS Al Ahzab: 33)

Seorang wanita dilarang keluar rumah kecuali untuk kebutunan saja, dgn syarat aman dari fitnah dn tidak berhias dengan makeup/wangi2an

Rasulullah S.A.W bersabda yang artinya :

”mana saja seorang perempuan yang mengenakan wewangian, kemudian keluar rumah lalu melewati orang banyak dengan maksud agar mereka mencium bau harumnya, maka perempuan itu termasuk golongan perempuan yang berzina dan setiap mata yang memandang itu melakukan zina (diriwayatkan Ahmad Annasai dan Al HAkim dari Ibnu abu Musa Al Asy’ari)

Sebaik2 tempat bagi wanita adlh rumahnya, dn sebaik2 tempat dirumahnya adalah kamarnya, jadii kalau tidak ada keperluan yg penting jgn dibiasakan suka keluar rumah ya akhwat

Baca Rekomendasi :   Penyesalan Terhebat Yaitu Saat Ujian Allah Hadir, Dan Kamu Tak Bisa Memetik Hikmahnya

Pakaian wanita adalah fitnah

Fitnah yg dimaksud disini adalah saat wanita memakai pakaian yg ketat, tidak menutup aurat dn menarik perhatian, padahal islam datang untuk menjaga wanita dgn ada nya perintah menutup aurat, islam tak mau wanita muslimah bisa dipandang dn dinikmati bnyk org. Cukuplah Sayyidah Fatimah menajdi teladan kita dlm bersikap dn menutup aurat

Wajah cantik wanita adalah fitnah Karena itulah disyariatkn nya cadar agar wanita terhindar dari fitnah dan tidak membangkitkan syahwat laki2 yg melihatnya, jika belum bisa bercadar maka tdk diperkenankan seorang wanita keluar rumah dgn berhias/bermake up..

Engkau cantik dn indah wahai wanita, jadi jagalah keindahan itu hnya untuk mata yg memang pantas memandang mu. Sendirinya seorang wanita dirumah tanpa suami/mahromnya adalah fitnah. Jadi bagi setiap wanita yg sedang sendiri dirumah, ia harus benar2 menajaga dirinya untuk tdk menerima tamu/memasukan org lain selain mahromnya kedalam rumahnya, ia harus menjaga kehormatan dn harga dirinya saat suaminya/walinya ada maupun tidak ada.

Itulah sedikit dari fitnah2 wanita khusus nya diakhir jaman ini, Semoga bisa kita hindari sebaik mungkin..
Dan semoga Allah jadikan kita sebaik2 perhiasan dunia bukan paling besar nya fitnah dunia. Jagalah diri kita. Hiasi diri kita dengan sifat malu. Jangan berhias untuk lelaki yang bukan mahrom. Muliakan dirimu wahai wanita, karena islam datang untuk memuliakan mu bukan menghinakanmu.

Artikel ini merupakan status Facebook Mamane Farah di Grup Facebook Motivasi Hijrah Indonesia. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page