Menikmati Pesona Dua Tebing di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Pantai Sedahan Gunung Kidul Yogyakarta via instagram.com @alifprks_
0 14

Gunung Kidul memang dikatakan sebagai surganya Jawa. Pasalnya, daerah yang ada di Provinsi D.I Yogyakarta ini memiliki banyak pantai indah yang seolah jelmaan pantai-pantai di surga. Namun kebanyakan wisatawan pasti lebih banyak mengenal Pantai Baron, Pantai Siung, dan juga Pantai Indrayanti saja. Padahal, masih banyak pantai-pantai lain di Gunung Kidul yang pesonanya tidak kalah dengan ketiga pantai tersebut. Nah, salah satunya adalah Pantai Sedahan Gunung Kidul.

Pantai yang luar biasa indah dan masih belum begitu terkenal ini mempunyai garis pantai yang panjang. Selain itu, pantai yang sangat luas ini diapit oleh dua tebing karang. Apalagi dengan deburan ombak khas laut Selatan yang kuat, hamparan pasir putih yang lembut kala dipijak, serta kilau air laut yang berwarna biru kehijauan saat tertimpa matahari, rasanya membuat kamu pasti tidak ingin cepat-cepat beranjak dari sana. Banyak yang bilang, jika sunset di Pantai Sedahan adalah salah satu spot sunset terbaik di Gunung Kidul lho.

Tak ayal, hadirnya Pantai Sedahan dan Pantai-Pantai lain di daerah ini menjadikan Gunung Kidul sebagai tempat yang tak pernah mengecewakan bagi para penggemar wisata alam. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang pesona pantai yang ada di sebelah timur Pantai Wediombo dan Pantai Greweng ini, silahkan simak ulasannya berikut ini!

Baca Rekomendasi :   9 Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta, Bikan Gak Mau Pulang

Pesona Wisata Pantai Sedahan

Ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Pantai Sedahan Gunung Kidul hanya berjarak 2 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Rutenya mudah dan jalannya juga mudah diakses, namun hal ini hanya sampai jarak 1,5 km saja dari Pantai. Begitu akan mendekati pantai yang masih jarang dikunjungi ini, kamu harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai di lokasi. Pasalnya, jalannya sangat berbatu dan sulit dilalui kendaraan. Jadi, persiapan fisik sangat diperlukan.

Perjalanan dari parkiran menuju pantai memang melelahkan, namun kamu akan disuguhi pemandangan indah yang memanjakan mata. Sepanjang jalan, kamu akan menyaksikan iringan perbukitan berpadu dengan ladang-ladang penduduk yang sangat khas nuansa pedesaan. Kamu juga akan menemui sebuah gua kecil di sana.

Tidak itu saja, masih banyak pesona-pesona lain dari Pantai Sedahan yang bisa kamu coba saat berlibur disana, antara lain :

1. Menyaksikan Penyu Bertelur

Salah satu daya tarik utama dari pantai ini adalah datangnya penyu-penyu dari laut untuk menyimpan telur-telur mereka di bawah gundukan pasir disana. Bahkan, beberapa penyu berjenis langka juga bisa ditemukan sedang bertelur di pantai ini. Harap diingat, kamu hanya diizinkan untuk melihat saja dan tidak boleh mengganggu penyu-penyu tersebut apalagi mengambil telur mereka.

Baca Rekomendasi :   Taman Pelangi Jogja, Tempat Asyik Melihat Pelangi di Malam Hari

2. Membangun Api Unggun dan Camping

Mengunjungi pantai tidak lengkap rasanya jika tidak menginap. Nuansa malam di pesisir pantai memang membuat siapapun yang pernah mencoba camping akan ketagihan. Apalagi, Pantai Sedahan termasuk pantai yang masih sepi sehingga tenda-tenda pun tidak padat merayap. Kamu bisa menikmati liburan dengan camping bersama teman, membangun api unggun, dan membakar jagung atau ikan.

Pantai Sedahan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Sedahan Gunung Kidul Yogyakarta via instagram.com @alifprks_

3. Jangan Lewatkan Kegiatan Memancing

Awalnya, Pantai Sedahan sudah sering digunakan untuk aktivitas memancing. Para penghobi ini banyak yang datang dari luar daerah hanya untuk merasakan memancing di lokasi yang dikenal memiliki banyak ikan ini. Kebanyakan, para pemancing melempar kailnya dari atas bukit karang yang ada di sisi timur pantai.

Baca Rekomendasi :   Jurang Tembelan Kanigoro, Surga di Atas Awan Yogyakarta

Meski menyenangkan, namun kamu tetap harus berhati-hati jika ingin memancing di sana karena tebing sangat licin saat hujan. Selain itu, kailmu bisa saja tersangkut di batu karang. Dan jangan lupa, ombak pantai selatan sangat ganas sehingga kamu harus tetap waspada.

4. Nikmati Sunrise dan Sunset yang Menggoda

Semua sepertinya sepakat jika sunset dan sunrise di Pantai Sedahan adalah salah satu yang tercantik. Apalagi dengan nuansa pantai yang seolah seperti pantai pribadi. Sudah tentu kamu akan merasa sangat spesial, apalagi jika menyaksikannya dengan orang-orang terkasih.

5. Melihat Pemandangan dari Puncak Tebing

Daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya bukit tebing yang tinggi dan mengapitnya. Berdiri kokoh layaknya penjaga, ternyata bukit ini bisa didaki oleh para pengunjung hingga ke puncaknya. Harap hati-hati saat meniti jalan setapak menuju puncak karena bagaimanapun tebing sangat berbahaya jika kamu lengah. Begitu tiba di atas bukit, kamu bisa puas menyaksikan keindahan Pantai Sedahan yang menggoda.

6. Panen Rumput Laut

Terakhir, pengunjung bisa ikut mencari rumput laut bersama para petani. Biasanya, rumput laut banyak dijumpai di dasar karang saat ombak sedang surut. Jadi hanya saat waktu-waktu tertentu saja. Kamu bisa memberikan hasil rumput laut yang kamu temukan kepada petani untuk dijual ke pengepul atau bisa juga kamu bawa pulang untuk lauk di rumah.

Demikianlah ulasan mengenai pesona keindahan Pantai Sedahan Gunung Kidul. Semoga ulasannya bermanfaat dan memberimu referensi liburan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page