Indahnya Waduk Sermo, Ranu Kumbolonya Kulonprogo

Waduk Sermo Kulonprogo via instagram.com @kaeaji_
0 13

Berwisata ke D.I Yogyakarta memang tidak lengkap jika tidak berkunjung ke tetangganya, yakni Kulonprogo. Daerah berjuluk “The Jewel of Java” ini memang kerap menjadi pilihan wisata para pelancong lokal maupun mancanegara. Banyak tempat yang biasa dikunjungi, salah satunya adalah Waduk Sermo Kulonprogo.

Lokasi wisata yang berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo ini memang sangat spesial. Pasalnya, dengan bentang alam berupa pegunungan dan danau, lokasi ini disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolonya Kulonprogo. Bagi kalian yang belum tahu, Ranu Kumbolo adalah sebuah lokasi atau danau terkenal di kawasan wilayah Gunung Semeru yang sangat instagramable.

Tidak hanya untuk tempat wisata, rupanya kehadiran waduk yang diresmikan pada tahun 1996 oleh Presiden Soeharto ini juga berfungsi untuk sumber irigasi sawah sekitar daerah Wates dan sumber air bersih untuk PDAM. Bahkan, waduk yang memiliki luas 157 hektare dan membendung kali (sungai) Ngrancah ini kerap dipakai untuk berlatih dayung.

Nah, apakah kamu ingin melihat lebih banyak tentang pesona dari waduk Sermo? Jika iya, maka tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu membaca beberapa pesona waduk yang lokasinya tidak jauh dari Waduk Jatiluhur ini. Check this out!

Pesona Waduk Sermo Kulonprogo

Sebagai tempat yang sangat instagramable, maka sudah sepantasnya Waduk Sermo Kulonprogo dikunjungi untuk rekreasi menambah koleksi foto kamu. Namun tentu saja, disana kamu juga dapat melepas penat dan stres yang melkamu setiap harinya dengan menyaksikan keindahan panorama alam di sekitar.

Baca Rekomendasi :   Bertandang ke Curug Leuwi Lieuk, Pesona Indah di Kaki Gunung Salak Bogor
Waduk Sermo Kulonprogo
Waduk Sermo Kulonprogo via instagram.com @kaeaji_

Lokasinya pun sangat mudah diakses dengan kendaraan pribadi kamu. Cukup datang saja bersama rekan, kerabat, atau orang terkasih, maka waduk satu ini siap menyambut kamu. Jangan lupa, mampir pula ke Pule Payung dan Kalibiru yang tidak jauh dari sana. Adapun untuk pesona-pesona tak terkalahkan di Waduk Sermo adalah sebagai berikut :

1. Camping Dikelilingi Udara Sejuk Pegunungan

Tidak cukup duduk menikmati waduk selama beberapa jam, maka kamu pun bisa menginap. Hal ini karena waduk memiliki satu spot berupa pulau kecil yang kerap dijadikan lokasi banyak wisatawan untuk camping. Maka tidak heran jika lokasi ini dibilang mirip Ranu Kumbolo. Pasalnya, kamu bisa memotret pagi hari di depan tenda dengan latar ‘danau’ yang luas mirip di Ranu Kumbolo.

Baca Rekomendasi :   Yuk, Kunjungi Taman Selfie Umbulharjo Saat Weekend!

2. Menyaksikan Bukit Menoreh dari Perahu

Selain menikmati waktu seharian dengan camping, kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling bendungan sembari menikmati indahnya perbukitan Menoreh. kamu bahkan boleh mencapai tengah waduk, namun harap berhati-hati. Pasalnya, waduk memiliki kedalaman yang sangat tidak main-main. Sekali perahu kamu oleng dan tercebur, maka kamu bisa jatuh tenggelam. Jadi harap selalu waspada ya.

3.Tempat Hits Menyaksikan Sunset

Nah, salah satu pesona alam terbaik yang bisa Waduk Sermo tawarkan kepada wisatawan adalah indahnya sunset disana. Maka tak ayal saat petang datang menjelang, banyak anak muda Kulonprogo dan para penggemar fotografi yang rela menunggu di tepian bendungan untuk mengabadikannya.

4.Bumi Perkemahan Pramuka Terkenal

Rupanya, Waduk Sermo juga tidak melulu sebagai tempat wisata, melainkan juga sebagai Bumi Perkemahan Pramuka. Jika di Jawa Barat kita memiliki Bumi Perkemahan Cibubur, maka di Jawa, kita memiliki Bumi Perkemahan Waduk Sermo. Hal ini terbukti dari banyaknya para pelajar yang berkemah dan menimba ilmu secara berkelompok disana.

Baca Rekomendasi :   Menikmati Pesona Dua Tebing di Pantai Sedahan Gunung Kidul

5. Menjelajah Hutan Suaka Marga Satwa

Jika kamu merasa kegiatan di Waduk Sermo sangat monoton dan hanya itu-itu saja, maka kamu bisa mencoba tantangan yang lebih ekstrim, yakni menjelajah hutan Suaka Marga Satwa disana. Lokasinya masih satu area dengan bendungan satu ini. Kamu bisa mengagumi pesona indahnya hutan lindung yang masih berupa alam belantara, juga beraneka ragam kekayaan hayati disana.

Hutan Suaka Marga Satwa ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam melestarikan ekosistem. Jadi bisa dikatakan, Waduk Sermo sebenarnya juga bagian dari cagar alam di Kulonprogo. Ara ini menjadi kawasan konservasi satwa langka yang dilindungi, terutama endemik burung. Jadi selain wisata danau, kamu juga bisa berwisata flora dan fauna di Waduk Sermo.

6. Piknik di Gazebo

Jika kamu tidak bermaksud menginap dan hanya ingin piknik saja, maka jangan lupa untuk membawa bekal. Pasalnya, kamu bisa mengabadikan momen makan bersama keluarga di gazebo yang ada disana. Suasananya sungguh fresh dan asyik untuk bersantai serta bercengkerama. Bisa dibayangkan, menyantap makanan sembari menikmati pemkamungan hijau alam yang menyegarkan tentu membuat bahagia.

7. Berkunjung ke Bukit Pethu

Terakhir, kamu bisa berwisata ke Bukit Pethu. Biasanya juga, para pengunjung akan berfoto di rumah pohon yang ada di sekitaran waduk.

Nah, demikianlah ulasan mengenai wisata Waduk Sermo Kulonprogo. Semoga ulasan kali ini memberimu manfaat dan referensi wisata menarik yang berkesan di sepanjang hidup kamu. Selamat berlibur!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page