Curug Leuwi Cepet, Keindahan Alami di Kaki Gunung Salak Bogor

Curug Leuwi Cepet Bogor via instagram.com @hardianote
0 7

Bagi anda yang bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari laut, namun berkeinginan melakukan petualang dan menyelam di alam bebas, maka anda bisa mencoba menjelajahi pemandangan bawah air di beberapa lubuk sungai di Kota Bogor. Kini saatnya bagi anda untuk menikmati pemandangan yang anti-mainstream, yakni menyelam sambil menikmati pemandangan bagian yang berlekuk dalam sungai (lubuk) atau dalam bahasa Sundanya disebut dengan Leuwi.

Di Bogor juga terdapat sebuah tempat wisata yang tidak kalah memesonanya dari Green canyon yang ada di Pangandaran lho. Ya, Leuwi Cepet adalah wisata alam yang menyuguhkan kejernihan air sungai. Leuwi cepet ini berada dalam satu kawasan dengan Leuwi Hejo dan Curug Barong. Salah satu kegiatan yang menyenangkan dan sayang dilewatkan ketika anda berada di loaksi Leuwi Cepet ialah berenang dan berendam sembari menikmati pemandangan sekitar yang cantik dan menakjubkan.

Baca Rekomendasi :   Liburan Akan Lebih Seru dengan Selfie di Bawah Air Umbul Ponggok

Leuwi Cepet menyediakan area bagi anda yang ingin menguji adrenalin dengan melompat dari ketinggian tebing ke muara sungai. Dengan melakukan lompat dari tebing ini, tentu dapat memberikan sensasi yang luar biasa bagi anda yang belum pernah mencobanya.

Curug Leuwi Cepet Bogor
Curug Leuwi Cepet Bogor via instagram.com @hardianote

Dimana anda bisa menemukan lokasi Leuwi Cepet ini ? Leuwi Cepet berlokasi di kampung Wangun Cilengsi desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Ya, dalam satu lokasi ternyata memberikan tiga keindahan curug yang berbeda-beda. Terdapat Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk dan juga Curug Barong yang memiliki pesonanya tersendiri. Dan untuk bisa menikmati ketiga tempat wisata alam indah tersebut anda harus membayar tiket seharga Rp 25.000 di pintu gerbang utama, dan membayar Rp 5.000 per orang ketika menuju ke Leuwi Lieuk dan Leuwi Cepet.

Baca Rekomendasi :   Camping Hingga Stargazing di Pantai Kesirat Gunung Kidul Jogjakarta

Nah, untuk jalan menuju ke arah Leuwi Cepet memanglah sangat menguras banyak tenaga. Bagaimana tidak ? Anda harus menempuh jalanan tanah liat yang licin dan juga menanjak yang akan menguji anda. Bagi anda yang sebelumnya tidak pernah mengunjungi lokasi wisata alam ini, tentu menjadi tantangan yang luar biasa bukan ?

Di Leuwi Cepet anda akan mendapati aliran sungai yang jernih dengan bebatuan besar dan arus yang deras. Untuk kedalaman Leuwi Cepet ini berkisar sepinggang orang dewasa sampai hampir mencapai 2 meter. Jadi, sangat harus hati-hati bagi anda yang membawa anak di bawah umur.

Dengan aliran sungai Leuwi Cepet yang berwarna hijau, tentunya dapat menghilangkan kepenatan yang anda rasakan selama perjalanan menuju ke lokasi wisata alam ini. Anda bisa berenang atau berendam dengan segarnya air di air terjun Cepet. Akan tetapi, anda juga perlu ekstra hari-hati jika arusnya deras walaupun disana terdapat tali untuk berpegangan melawan arus menuju arah hulu sungai.

Baca Rekomendasi :   Rek, Ini Loh Tempat Wisata Kuliner yang Murah dan Enak di Surabaya

Di Leuwi Cepet anda juga bisa menguji adrenalin dengan melompat dari tebing dengan ketinggian kurang lebih 2 meter ke dalam muara yang sangat deras. Hal ini tentu akan menyenangkan dan menjadi tantangan yang menakjubkan bagi anda bukan ?

Namun ada yang perlu diperhatikan ketika anda melakukan penyelaman di Leuwi Cepet ini. Pastikan anda untuk tidak menyelam sendirian, yaitu minimal berdua. Mengapa ? Sebab, untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, misalnya saja jika dalam kondisi yang darurat, maka akan segera ada orang yang membantu anda. Memang tantangan menyelam di Lewui Cepet ini ialah airnya yang dingin dan berarus, dan kekuatan arusnya tergantung dari debit. Ada baiknya taatilah peraturan yang telah diberikan oleh petugas setempat, demi kebaikan dan keamanan bersama.

Bagaimana ? Setelah anda membaca sekilas menariknya lokasi Leuwi Cepet ini, apakah anda akan segera berwisata ke tempat ini ? Nah, tunggu apalagi, segera ajak teman ataupun keluarga anda untuk menikmati liburan bersama di Leuwi Cepet.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page