Camping Hingga Stargazing di Pantai Kesirat Gunung Kidul Jogjakarta

Pantai Kesirat Jogjakarta via instagram.com @folkjigja
0 10

Nama Pantai Kesirat mungkin masih belum cukup familiar di telingamu. Di kalangan warga Gunung Kidul sendiri pun, nama ini masih cukup asing, apalagi untuk wisatawan luar daerah hingga wisatawan luar negeri. Namun jangan salah, sekarang ini Pantai Kesirat mulai mendapat perhatian dan menjadi salah satu lokasi wisata dengan spot instagramable terkece di Jogjakarta.

Luasnya pantai diterpa sinar matahari sore, ditemani pohon tunggal di tepi tebing yang berdiri kokoh, serta hamparan tanah berumput yang menyelimuti tanah di sekitar pantai, menjadikan lokasi wisata ini bak surga yang tersembunyi. Disana memang tidak ada pasir, namun hal ini tidak menjadi masalah. Pasalnya, masih banyak keindahan lain yang bisa ditemukan di Pantai Kesirat Gunung Kidul.

Berada di Dusun Wiloso, masih masuk dalam Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Pantai ini berbatasan dengan Pantai Wohkudu. Jaraknya dari pusat kota Jogjakarta pun cukup dekat, yakni sekitar 2 jam perjalanan saja. Nah, jika kamu ingin melihat keindahan pantai ini lebih banyak, yuk simak ulasannya dibawah ini!

Pesona Pantai Kesirat Gunung Kidul

Bisa dibilang, wisata alam di pantai ini memang sangat berbeda dari wisata-wisata pantai lain di Jogja. Pasalnya jika banyak pantai dihiasi dengan hamparan pasir putih yang lembut di kulit, kamu tidak akan menemuinya di Pantai Kesirat Gunung Kidul. Hamparan pasir putih di sana digantikan oleh hamparan rumput hijau yang menambah nuansa eksotis.

Baca Rekomendasi :   8 Kuliner di Bekasi Yang Menggugah Selera dan Tak Bikin Kantong Bolong

Selain tepi lautnya yang dikelilingi tebing juram sehingga ombak-ombak pecah membenturnya, masih ada banyak pesona wisata menarik di Pantai ini. Kira-kira apa saja pesonanya?

Panorama Senja Pengganti Pasir Putih

Tidak ada alasan untuk bersedih meski disana tidak ada pasir putih. Kamu tetap bisa duduk menikmati panorama senja di atas hamparan rumput hijau atau di bawah pohon yang menjorok ke laut disana. Pohon yang menjadi foreground ini membuat momen menikmati sunset menjadi sangat spesial dan sempurna untuk diabadikan. Apalagi jika kamu menyaksikannya dengan orang tersayang.

Dijamin, menikmati sunset di sini sangat tentram dan aman. Lokasi pantai yang jauh dari kebisingan membuatmu serasa di pantai pribadi. Apalagi masih belum banyak yang datang. Ada satu keistimewaan sunset di pantai ini, yakni saat matahari di lintang selatan, kamu bisa melihat matahari seolah tenggelam di laut. Namun jika matahari di lintang utara, kamu akan melihat matahari tenggelam di balik barisan tebing saat sunset.

Camping dan Membuat Api Unggun

Selain menjadi tempat menikmati senja, kamu juga bisa menikmati rasanya camping di tepi pantai, berbalut kegelapan malam, dan diiringi musik dari deburan ombak. Kamu bisa membangun tenda di atas hamparan padang rumput. Kamu juga bisa membangun kemah di dekat pohon yang ada di tepi tebing biar lebih syahdu.

Baca Rekomendasi :   5 Kemolekan Temanggung yang Bikin Kamu Pengin Balik Lagi
Pantai Kesirat Jogjakarta
Pantai Kesirat Jogjakarta via instagram.com @folkjigja

Setelah puas menikmati sunset, maka saatnya kamu membuat api unggun untuk menghalau dingin dan untuk membakar ikan, jagung, serta makanan-makanan mentah yang kamu bawa untuk bekal. Namun harap diingat, selesai camping, kamu harus membersihkan semua lokasi dari sampah ya.

Memancing

Lokasi pantai yang dikelilingi tebing curam membuatnya cocok menjadi lokasi untuk rock fishing. Hal tersebut semakin didukung dengan Pantai Kesirat yang lokasinya berbatasan langsung dengan laut lepas sehingga kekayaan ikannya sangat melimpah. Bahkan tidak hanya ikan kecil saja, di pantai ini juga ada ikan besar, lobster, hingga ikan yang bermigrasi seperti ikan paus sei.

Kamu bisa memancing di pondok sederhana di ujung pantai yang biasanya memang digunakan untuk kegiatan satu ini. Selama menunggu hasil pancingan, kamu bisa beristirahat sembari bercengkrama dengan sesama pemancing.

Baca Rekomendasi :   Hutan Pinus Limpakuwus : Dari Wisata Keluarga Hingga Area Preweding

Stargazing Jangan Sampai Terlewat

Ketika malam tiba, kamu bisa merasakan momen terbaik di Pantai Kesirat. Pasalnya, listrik dan lampu yang tidak ada disana membuat pantai ini gelap gulita dan hanya diterangi cahaya bulan saja. Di saat-saat inilah, kamu bisa melakukan stargazing atau menatap bintang di langit malam yang bertabur indah di angkasa.

Bahkan jika beruntung dan langit sangat cerah, kamu bisa berburu foto-foto dari galaksi yang kita tempati. Hal ini memungkinkan karena pantai sangat rendah polusi sehingga alamnya yang masih bersih dan asri bisa kamu nikmati. Namun tentunya, kegiatan ini bisa dilakukan hanya saat musim kemarau saja dan tidak sedang bulan purnama.

Tradisi Ritual Ngalap Berkah

Sama seperti masyarakat Jawa lainnya yang masih memegang unsur budaya dan warisan kearifan lokal, penduduk sekitar Pantai Kesirat juga sering melestarikan kebudayaan dengan melakukan ‘Ritual Ngalap Berkah’ disana. Tradisi ini mengharuskan kamu untuk tidak menebang pohon sembarangan. Kamu baru boleh menebang pohon hanya saat padi mulai menguning saja.

Selain sebagai ucapan syukur kepada Sang Maha Kuasa, tradisi yang juga bernama ‘Brubuh-Brubuh’ ini dilestarikan guna menjaga keseimbangan alam. Oleh sebab itu, di Pantai yang disakralkan ini, masih ada pohon yang berdiri sejak lama. Ingin menyaksikan ritual yang hanya setahun sekali ini? Maka cepat datang saja ke Pantai Kesirat.

Demikian ulasan tentang pesona wisata alam Pantai Kesirat Gunung Kidul. Semoga ulasannya bermanfaat dan memberi inspirasi ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page