Camping di Bukit Kosakora yang ada di Pantai Ngrumput Gunung Kidul

Pantai Ngrumput Gunung Kidul via instagram.com @wiel_uwiel
1 20

Tidak dapat disangkal jika Gunung Kidul merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sangat memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak sekali wisata alam disana dengan pemandangan bukit dan bentang alam karst, juga gua kapur, sungai bawah tanah, hingga pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Ngrumput Gunung Kidul.

Tidak hanya menjadi tujuan wisatawan dalam negeri, pantai ini juga menjadi tujuan dari wisatawan mancanegara. Meski cukup digalakkan perkembangannya, namun pantai ini masih kalah populer dibandingkan pantai-pantai lainnya. Padahal keindahannya tidak kalah lho. Jadi jangan kaget jika kamu kesana dan pengunjung hanya beberapa.

Nah, ingin tahu beberapa pesona wisata yang ada di Pantai Ngrumput selain hamparan pasir putih dan ombak yang jernih serta tidak terlalu besar? Yuk, simak saja ulasannya dibawah ini!

Pesona Pantai Ngrumput Gunung Kidul

Pantai Ngrumput Gunung Kidul terletak diantara Pantai Krakal dan Pantai Drini. Lokasinya memang sedikit tersembunyi dan berada di balik perbukitan kapur purba, namun begitu tiba disana, segala rasa khawatirmu akan hilang. Pasalnya, di pantai yang perlu dicapai dengan 15 menit berjalan kaki dari parkiran ini, kamu akan langsung disambut deburan ombak dan hamparan pasir putih halus yang belum terjamah sampah dan tangan-tangan jahil manusia.

Baca Rekomendasi :   Pantai Sadranan, Pantai Idaman Para Traveler Jogjakarta
Pantai Ngrumput Gunung Kidul
Pantai Ngrumput Gunung Kidul via instagram.com @wiel_uwiel

Selain keindahan yang sudah dijabarkan diatas, ada beberapa pesona Pantai Ngrumput yang wajib kamu ketahui. Kira-kira apa saja?

Bermain Air di Pantai

Sebagai sebuah daerah dengan bentang alam memesona, maka sudah sangat wajar jika Gunung Kidul menjadikan sektor pariwisatanya sebagai sumber perekonomian yang utama. Berkunjung ke Pantai Ngrumput membuatmu bisa bermain air dengan puas. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa pantai lain selepas dari sana, mulai dari Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Watu Bolong, hingga Pantai Sepanjang.

Mencari Bulu Babi

Mungkin, ada beberapa wisatawan yang enggan melakukannya. Namun jangan salah kira, mencari bulu babi yang bersembunyi di antara bebatuan karang sangat mengasyikkan lho. Selain menikmati waktu dengan sangat seru, kamu juga bisa mengabadikan momen dan mempostingnya untuk menambah wawasan seperti apakah bulu babi itu.

Baca Rekomendasi :   Curug Balong Endah Bogor, Rasakan Sensasi Memiliki Kolam Pribadi

Bermain Voli Pantai

Jika kamu datang bersama rombongan yang cukup banyak, maka jangan lupa untuk membawa kostum olahraga dan bola voli. Pasalnya, di Pantai Ngrumput disediakan sebuah jaring di atas pasir yang kerap digunakan untuk bermain Voli Pantai. Kamu bisa menggunakannya bersama rekan dan mengabadikan momen keseruan tersebut.

Wisata Kuliner di Penjaja Makanan Sekitar

Jika lapar sudah mendera, maka kamu bisa mulai mengisi perut dengan membeli beberapa jajanan yang tersedia di sekitar pantai. Jangan kira disana tidak ada penjual.

Di Pantai Ngrumput, banyak sekali terdapat lapak-lapak pedagang yang menjual banyak jenis makanan ringan hingga berat, seperti roti, mie instan, dan nasi. Bahkan, ada juga yang menjual pakaian untuk mengakomodasi mereka yang tidak membawa ganti.

Menikmati Lembayung Senja di Bukit Kosakora

Puas mengisi perut dan tenaga, maka kamu bisa menikmati sisa waktu liburan dengan naik ke atas Bukit Kosakora. Inilah salah satu daya tarik utama dari pantai ini. pasalnya, disana terdapat sebuah bukit eksotis yang bernama Kosakora dan bisa didaki untuk menyaksikan sunset diiringi hamparan laut yang eksotis di bawahnya.

Baca Rekomendasi :   Wisata Jungkir Balik Ala Upside Down World Yogyakarta

Berada di sebelah timur pantai, kamu hanya perlu menyisihkan waktu sekitar 5 menit saja untuk sampai di puncak. Namun meski begitu, rute mendakinya cukup curam sehingga kamu harus benar-benar berhati-hati dan selalu waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Meski penuh perjuangan, tapi begitu tiba di atas bukit, dijamin semua usahamu akan terasa sepadan. Pasalnya, kamu akan disuguhi pemandangan Laut Selatan yang sangat biru, deretan perbukitan hijau di sebelah utara, dan rentetan garis pantai yang saling lurus. Bahkan, kamu bisa menikmati semua itu dengan secangkir kopi dan bersandar manja di rerumputan disana sembari menunggu sunset datang.

Camping di Bukit Kosakora

Tidak hanya menikmati sunset dan pemandangan alam yang indah, kamu juga bisa melakukan kemah di Bukit Kosakora. Pasalnya, kawasan ini memang sering dijadikan lokasi camping para anak-anak muda. Apalagi di sana sangat sunyi dan bertabur bintang malam, sudah pasti akan semakin mengakrabkan pertemanan.

Jika ingin berkemah, jangan lupa untuk menyiapkan kayu bakar, bekal untuk barbeque party, dan juga selimut serta gitar. Pasalnya, disana kamu bisa membuat api unggun sembari menggelar pesta dan diiringi alunan nyanyian serta petikan gitar bersama para sahabat. Kenakan selimut dan jaket untuk menghalau dingin yang menusuk tulang.

Demikian ulasan tentang pesona keindahan berwisata di Pantai Ngrumput Gunung Kidul Jogjakarta. Semoga ulasannya bermanfaat dan memberimu inspirasi untuk lokasi liburan selanjutnya!

1 Comment

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page