Instagramble, Ini 6 Pesona Wisata Kebun Bunga Matahari Bantul

Bunga Matahari Bantul Yogyakarta via instagram.com @rafirss
0 4

Apakah kamu suka dengan keunikan bunga matahari dimana selalu menghadap ke arah Sang Surya tersebut? Jika iya, maka sudah pasti kamu akan senang dengan bahasan artikel satu ini. Pasalnya, kali ini kita akan berbicara mengenai Kebun Bunga Matahari Bantul. Lokasi liburan yang instagramable ini sangat cocok untuk kamu kunjungi kala liburan.

Berada di Desa Srigading, Sanden, Bantul, taman ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika musim liburan tiba, taman ini lebih penuh dari biasanya karena banyaknya pelajar dan mahasiswa yang datang untuk edukasi serta berwisata alam. Pasalnya tidak hanya sekedar melihat bunga-bunga saja, kamu juga bisa bertanya kepada pihak pengelola tentang cara penanaman dari tanaman satu ini.

Namun tetap, tujuan utama pasti adalah mengabadikan momen liburan dengan baik. Kamu bisa banget lho berfoto di antara hamparan cantik bunga matahari yang ada di dalam taman ini. Tidak hanya satu tempat saja, di dalam taman yang dikelola dengan baik ini, ada banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Nah, ingin melihat lebih banyak lagi tentang taman bunga satu ini? Yuk, kita simak ulasannya dibawah ini!

Baca Rekomendasi :   Rawa Gede Bogor, Tempat Asyik Bersantai Bersama Sahabat

Wisata Kebun Bunga Matahari Bantul

Adanya sebuah wisata Kebun Bunga Matahari Bantul tentu menjadi wujud dari terciptanya ide kreatif pendirinya. Dengan hadirnya kebun bunga ini, anak-anak muda Bantul tidak perlu bingung lagi jika ingin liburan seperti di Negeri Tulip Belanda. Mereka cukup datang saja ke Bantul dan berfoto dengan banyak bunga matahari di kebun satu ini.

Biaya masuknya pun cukup murah. Pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena sejatinya uang masuk ini diperuntukkan bagi perawatan dan pemeliharaan taman. Lalu, kira-kira pesona wisata apa saja yang ada di taman ini selain yang sudah dijelaskan sebelumnya?

Bunga Matahari Bantul Yogyakarta
Bunga Matahari Bantul Yogyakarta via instagram.com @rafirss

1. Fakta Sejarah Munculnya Kebun Bunga Matahari

Siapapun yang datang mungkin tidak menyangka jika taman wisata terhits di Bantul ini dibuat tanpa unsur ‘sengaja’. Dilansir dari berbagai sumber, rupanya bunga-bunga matahari ini dulunya ditanam untuk sekedar melindungi pohon cabai dari besarnya hembusan angin laut. Sang pemilik pun tidak menyangka jika tamannya sekarang sangat terkenal.

2. Terhampar Sejauh 1000 m2

Awalnya, bunga ini ditanam di area pematang sawah yang luasnya mencapai 1000 meter persegi. Begitu bunga tumbuh dan terlihat sangat cantik, banyak para wisatawan mulai berdatangan untuk sekedar berfoto disana.

Baca Rekomendasi :   Curug Ciherang Bogor, Curug yang Menenagkan di Kaki Gunung Salak

3. Hunting Foto

Sudah pasti, kegiatan satu ini menjadi salah satu kegiatan wajib dan utama yang para wisatawan lakukan begitu menginjakkan kaki di ladang bunga. Pasalnya, dimanapun kamu berdiri disana, kamu akan mendapat background cantik berupa bunga matahari berwarna kuning yang hasilnya sangat fotogenic dan instagramable.

4. Menikmati Jajanan dari Warga Sekitar

Lantaran lokasi wisata ini ada di pedesaan, maka tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke lokasi ini tanpa menikmati kuliner disana. Banyak warga sekitar yang berdagang jajanan untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan.

5. Piknik Juga Diperkenankan

Jika kamu merasa liburan dengan berfoto saja masih sangat monoton, maka kamu bisa menyiasatinya dengan membawa makanan dari rumah. Silahkan menggelar tikar di spot yang kamu rasa nyaman untuk piknik bersama keluarga, rekan, atau sahabat. Selain mengabadikan momen, tentu berpiknik juga mendatangkan keceriaan karena nuansa kebersamaannya lebih terasa.

Baca Rekomendasi :   Seru-Seruan di Museum 3D Jakarta Bersama Keluarga Tercinta

6. Field Trip

Terakhir, kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan di taman ini adalah field trip. Kamu yang pelajar pun mendapat bebas masuk di taman ini. Datang bersama kawan sekolah dan guru, kamu bisa berwisata sekaligus belajar tentang ekosistem alam serta flora-flora negara tropis Indonesia, khususnya bunga matahari.

Bagaimana? Sudah tahu kan tentang apa saja pesona yang ada di kebun bunga ini? Jika sudah, maka ada sedikit tambahan informasi. Sebaiknya, kamu datang saat musim panas atau musim kemarau di Indonesia, yakni di bulan Juni hingga September. Di bulan-bulan tersebut, bunga matahari akan tumbuh lebih banyak karena musimnya pun memang sangat mendukung.

Seperti yang kamu tahu, bunga satu ini sangat peka terhadap panas dan cahaya. Jadi bisa dibilang, perkembangannya memang paling bagus di musim panas. Di luar musim tersebut, bunga bisa lebih sedikit tumbuh dan juga lebih sering berkumpul di satu titik saja. Oleh karena itu, kamu tidak boleh kecewa dan memberi komentar buruk kepada pengelola karena ketidaktahuanmu tentang mekarnya bunga matahari ya.

Terakhir, sebagai pengunjung kamu harus memperhatikan tingkah laku saat berwisata. Kebun bunga, terlebih Kebun Bunga Matahari, adalah sebuah tempat yang perawatannya cukup sulit. Jadi jangan sampai karena tindakan tidak bertanggung jawab, kamu malah merugikan pengembang dan wisatawan lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai Kebun Bunga Matahari Bantul. Semoga ulasan ini dapat memberimu tambahan referensi wisata yang bagus, hits, dan sudah pasti tidak mengecewakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page