Melihat Eksotisme Kebun Bunga Matahari Pantai Samas yang Berpadu dengan Lautan

Kebun Bunga Matahari Pantai Samas via instagram.com @nedyasafitrianggraini
0 9

Jika kamu sedang mencari wisata alam untuk rekreasi dan juga edukasi yang ada di daerah Jogjakarta, maka jawaban yang paling tepat adalah Kebun Bunga Matahari Pantai Samas. Tidak hanya menawarkan kecantikan bunga-bunga matahari yang mekar sempurna, disana kamu juga bisa mengajari buah hati tentang alam dan manfaatnya.

Wahana rekreasi keluarga yang dapat mengusir lelah ini dulunya tidak diniatkan menjadi sebuah lokasi wisata. Para petani cabai di lokasi tersebut hanya menanam bunga matahari untuk menghalau angin yang dapat menyebabkan rusaknya tanaman cabai mereka. Bunga matahari dipilih karena selain berwarna cantik dan cerah, bunga tersebut juga kokoh dan mampu menghalau hempasan angin.

Namun siapa sangka, ternyata rezeki datang dari keisengan. Banyak wisatawan mulai berdatangan dan mengambil foto mereka diantara bunga-bunga matahari disana. Nah, kamu penasaran dengan ulasan lebih dalam terkait Kebun Bunga Matahari satu ini? Yuk, langsung saja simak uraiannya dibawah ini!

Pesona Wisata Kebun Bunga Matahari Pantai Samas

Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke Pantai Samas di Jogja? Pantai ini berada di Bantul, Yogyakarta, tepatnya di daerah Dodogan, Srigading, Sanden. Dari pusat Kota Jogja, lokasi wisata Pantai Samas tidak jauh, hanya sekitar 35 km saja. Dengan jarak sedekat itu, kamu hanya akan menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan saja. Apalagi akses jalannya cukup mudah dan gampang ditemukan.

Baca Rekomendasi :   Devoyage Bogor, Kampung Khas Eropa di Kota Hujan

Untuk menuju Pantai Samas, kamu yang dari Jogja bisa melalui Jalan Bantul untuk menuju ke Jalan Samas. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti jalan saja hingga tiba di pantainya. Biaya masuk kawasan ini pun cukup murah, yakni hanya Rp 5.000,- saja per orangnya. Nah, jika kamu berkunjung ke Pantai Samas, maka jangan lupa berkunjung ke Kebun Bunga Matahari yang masih satu lokasi.

Adapun beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Kebun Bunga Matahari Pantai Samas adalah sebagai berikut, yaitu :

Keliling Kebun Bunga Matahari

Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Kebun Bunga tapi tidak berkeliling. Nah, kamu bisa banget nih berkeliling bersama keluarga dan mengambil foto di berbagai spot menarik yang ada disana. pasalnya, selain tertata rapi, lahan dari Kebun Bunga ini sangat luas sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat berfoto.

Baca Rekomendasi :   Bukan Ku Tak Peduli, Hanya Saja Ku Tahu Kau Mampu Melewati Hari

Selain mengabadikan momen, kamu juga bisa merekam video perjalananmu di sana. Terlebih, lokasi Kebun Bunga ini sangat dekat dengan Pantai Samas yang deburan ombaknya bahkan masih terdengar. Sudah pasti, tempat seperti ini akan memberimu background foto terbaik.

Nah, sekedar tips saja untuk perjalanan wisatamu. Sebaiknya, datang ke Kebun Bunga ini saat Sunflower Garden Season dimana di musim ini, Bunga-Bunga Matahari disana mekar sempurna. Jangan datang saat musim gugur karena bunga disana pasti layu dan tidak asyik untuk berselfie ria.

Selfie Ketika Sunset

Salah satu momen terbaik untuk membidik kamera adalah kala sunset. Pasalnya, kamu akan melihat ribuan Bunga Matahari yang berwarna kuning cerah itu tertimpa sinar matahari senja yang berwarna orange sehingga hasil fotomu akan sangat bagus layaknya seorang profesional.

Ada Fasilitas yang Disediakan Pengelola

Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola di Kebun Bunga ini, mulai dari area parkir yang luas, toilet, mushola, hingga akses mudah menuju Pantai Samas.

Baca Rekomendasi :   Curug Sawer, Air Terjun Nan Ciamik di Kaki Gunung Pangrango

Deretan Pantai di Sekitar Kebun

Tidak hanya Pantai Samas saja, lokasi wisata ini juga sangat dekat dengan Pantai-Pantai lain yang ada di Jogja. Sebut saja Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansari, Pantai Kuwaru, hingga Pantai Depok.

Wisata Konservasi Penyu di Sekitar Kebun

Masih seputar aktivitas wisata di Pantai Samas, disana kamu bisa melihat penyu-penyu muda yang lewat untuk menuju laut. Tidak hanya satu jenis penyu saja, di Pantai yang juga menjadi konservasi penyu ini, kamu bisa melihat berbagai jenis hewan bercangkang ini. beberapa diantaranya adalah Penyu Hijau, Penyu Sisik, hingga Penyu Lekang dan Penyu Bimbing.

Harap diingat, kamu dilarang mencari atau membawa pulang telur-telur penyu yang banyak tersembunyi di bawah pasir di Pantai Samas. Jika ketahuan, tidak hanya merusak ekosistem alam, kamu juga akan diberi sanksi oleh pengelola.

Main ke Jembatan Samas di Pantai Samas

Tidak hanya penyu, kamu juga bisa berfoto di jembatan Samas yang ada disana. Jembatan Bambu buatan warga sekitar ini melintang di atas laguna Pantai yang memang terkenal dengan delta-delta sungainya ini.

Puas Berkeliling, Bisa Memancing dan Kuliner

Terakhir, kamu yang sudah puas berkeliling Kebun Bunga bisa mampir ke pantai untuk ikut memancing bersama warga. Kamu juga bisa datang ke warung-warung di sekitar lokasi wisata untuk mengisi perut sekaligus berwisata kuliner.

Demikianlah ulasan mengenai wisata Kebun Bunga Matahari Pantai Samas. Semoga ulasannya bermanfaat dan dapat memberimu referensi wisata alam yang edukatif. Yuk, selamat berlibur!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page