Berkunjung ke Pantai Watu Lumbung, Pantai Indah dari Gunung Kidul

Pantai Watu Lumbung via instagram.com @dias.kurniawan
0 6

Dikenal sebagai surganya wisata pantai, tak ayal membuat Gunung Kidul selalu berusaha menghadirkan wisata-wisata terbarunya yang begitu indah dan menawan hati. Setelah memiliki deretan pantai-pantai indah seperti Pantai Baron, Pantai Indrayanti, dan Pantai Siung, kini Gunung Kidul memiliki pantai terbarunya yang dinamakan Pantai Watu Lumbung.

Meski belum begitu terkenal di kalangan wisatawan, pantai satu ini rupanya memiliki potensi alam yang luar biasa indah. Pasalnya, di Watu Lumbung terdapat dua buah batu besar yang ada di tengah pantai dimana membuat karakteristik dari pantai satu ini mirip sekali dengan Pantai Papuma di Jember. Namun tentu saja, perbedaan keduanya terletak pada batu besarnya.

Rupanya, berkat batu ini pula lokasi tersebut dinamakan Pantai Watu Lumbung. Hal ini karena batu besar tersebut menyerupai lumbung atau tempat yang biasanya digunakan untuk menyimpan padi. Nah, ingin tahu pesona apalagi yang dimiliki oleh pantai satu ini? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut ini!

Pesona Pantai watu Lumbung

Berada di Girisubo, Gunung Kidul, D.I Yogyakarta, tepatnya di Desa Balong, Pantai Watu Lumbung menjadi salah satu Pantai lokasinya ada di sebelah barat Pantai Wediombo dan sebelah timur Gunung Batur. Aksesnya pun cukup mudah, yakni kamu hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam saja atau 75 km jauhnya dari Pusat Kota Jogja.

Baca Rekomendasi :   Curug Sengon Bogor, Destinasi Apik yang Jarang di Jamah Traveler

Untuk menuju wisata ini dari Jogja, kamu bisa melalui Jalan Wonosari menuju Bukit Bintang untuk kemudian menuju Patuk. Setelah itu, kamu harus menuju daerah Tepus, Purwodadi agar bisa sampai di Pantai Siung. Jika sudah, maka ambil arah menuju Desa Balong. Sebelum tiba di Pantai Wediombo, kamu harus belok mengikuti plang yang menunjukkan arah Pantai Watu Lumbung. Setelah itu, ikuti alur dan arahan papan penunjuk hingga tiba di tujuan.

Sama seperti pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, pantai satu ini juga tidak memungut biaya masuk yang mahal. Cukup Rp 5.000,- saja, kamu sudah bisa masuk menikmati Pantai Watu Lumbung dan segala keindahan panoramanya, juga termasuk dua buah batu karang yang ada di tengah pantai dan batu-batu karang kecil yang banyak tersebar disana. Lalu selain ini, kira-kira apalagi wisata terbaik di Pantai Watu Lumbung?

Baca Rekomendasi :   Melihat Eksotisme Kebun Bunga Matahari Pantai Samas yang Berpadu dengan Lautan

1. Batu Karang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Watu Lumbung memang memiliki batu karang besar. Namun jangan salah, kamu rupanya bisa naik ke batu karang ini lho. Disana, terdapat tumbuhan hijau yang tumbuh liar dan membuat batu karang terasa sejuk meski matahari sedang terik-teriknya.

Pantai Watu Lumbung
Pantai Watu Lumbung via instagram.com @dias.kurniawan

2. Bermain dengan Hewan Laut

Lantaran lokasinya yang banyak terdapat batu karang dan batu-batuan kecil dari pantai, maka kamu tidak akan menemukan pasir di pesisirnya. Justru, kamu akan menemukan banyak hewan-hewan laut yang tinggal di bawah bebatuan itu, misalnya saja Lobster, Kepiting, dan lainnya.

3. Memancing

Pantai ini lokasinya menjorok ke laut sehingga saat air laut pasang, sebagian daratan dari pantai ini akan tenggelam. Nah, bagi kamu para pecinta aktivitas memancing, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berburu ikan. Duduklah di tepi karang dan tunggu umpanmu dimakan ikan.

Selama menunggu, kamu bisa menikmati keindahan alam dan segarnya angin laut disana. Suasana yang cukup sepi pun akan semakin syahdu saat kamu ditemani dengan lagu favorit dan secangkir kopi. Tentunya, suasana seperti ini tidak akan kamu dapati saat sibuk beraktivitas di perkotaan.

Baca Rekomendasi :   8 Spot Terbaik Menikmati Senja di Padang, Sumatra Barat

4. Berfoto di atas Batuan

Tidak hanya memancing saja, kamu juga bisa mengambil banyak momen indah dari bidikan kamera. Salah satu spot foto terbaik disana adalah di atas batu karang atau bebatuan dengan latar belakang laut kala sunset. Namun kamu harus tetap hati-hati. Pasalnya, butuh usaha yang tidak mudah untuk berfoto di atas spot ini, apalagi saat air laut pasang.

5. Camping

Jika kamu ingin menikmati indahnya malam di Pantai Watu Lumbung, kamu bisa membuka tenda disana. Banyak pengunjung yang juga melakukan hal serupa. Nah, kamu bisa membunuh malam dengan bercengkerama dengan sesama orang yang camping di sana atau membuat api unggun dan bernyanyi riang gembira.

6. Sunset Seeing

Terakhir, hal yang paling utama dari mengunjungi pantai adalah sunset seeing. Kegiatan yang tidak pernah lekang oleh zaman ini juga menjadi salah satu kegiatan terfavorit di Watu Lumbung. Duduklah di atas pesisir dan tunggu langit berubah warna menjadi emas. Tentunya, momen ini menjadi salah satu momen langka yang banyak dicari wisatawan dari berbagai kota.

Demikian ulasan mengenai pesona atau daya tarik wisata alam Pantai Watu Lumbung di Gunung Kidul, Jogjakarta. Semoga ulasannya bermanfaat dan memberimu inspirasi tujuan wisata. Sekali lagi harap diingat, mari menjaga kelestarian alam wisata dengan tidak merusaknya. Selamat berakhir pekan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page