Curug Walet, Air Terjun Nan Indah dan Mempesona di Kaki Gunung Salak

Curug Walet Bogor
0 19

Bogor yang disebut sebagai Kota Hujan ini menawarkan banyak sekali wisata alam yang memesona. Ya, salah satunya adalah curug atau air terjun yang bisa anda temui di berbagai sudut kota Bogor. Nah, salah satu curug yang memiliki keindahan luar biasa namun masih belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah Curug Walet.

Mungkin sebagian dari anda sudah ada yang mengetahui mengapa air terjun ini dinamakan dengan walet ? Ya, karena di sekitar air terjun banyak dihuni burung walet yang bersarang di dalam gua-gua, di pepohonannya, atau di batu-batu yang ada disekitar Curug Walet. Berbagai satwa liar yang hidup di sekitar kawasan ait terjun ini juga masih kerap terlihat.

Jika anda mengunjungi Curug Walet, disana anda akan menemukan beberapa keunikan. Pertama, air yang ada di Curug Walet berwarna biru kehijauan. Hal unik satu ini tentu jarang sekali ditemui pada curug mana pun bukan ? Akan tetapi, warna biru cantik ini tidak akan anda lihat apabila sedang musim penghujan. Sebab, air sudah tercampur dengan hujan yang akhirnya mengakibatkan warnanya menjadi keruh. Keunikan kedua Curug Walet yaitu curug memiliki tiga tingkatan. Dan menariknya lagi, tiga aliran air terjun ini tidak terlalu tinggi sehingga anda bisa dengan aman bermain air di lokasi tersbut.

Baca Rekomendasi :   Butuh Oleh-oleh Khas Yogyakarta? Datang Saja ke Pasar Beringharjo

Curug Walet memiliki pemandangan alam yang sangat instagenik, dengan perpaduan air terjun yang mengalir di dua undakan. Ya, tepat sekali jika dikatakan bahwa Curug Walet adalah salah satu lokasi untuk menyegarkan pikiran. Di tempat ini, anda akan betah berlama-lama sembari ditemani dengan kicauan burung hutan.

Jika anda ingin menyaksikan langsung pesona alam Curug Walet, anda harus melalui perjalanan seru dan penuh tantangan dengan melewati persawahan, menembus hutan alam, serta menyebrangi anak sungai. Nah, begitu sampai di Curug Walet anda akan melihat pemandangan yang begitu menakjubkan. Disana anda juga bisa mendirikan tenda jika ingin berkemping bersama teman-teman.

Disana anda akan melihat air terjun yang jatuh melewati tebing-tebing dan membentuk tiga undakan. Di undakan paling bawah anda akan melihat kolam yang begitu bening berwarna hijau tosca. Sedangkan untuk mencapai undakan paling atas, anda harus naik melewati tangga dan mencapai undakan kedua dengan memanjat bebatuan yang berwarna hijau karena ditumbuhi lumut.

Baca Rekomendasi :   Kebun Teh Danau Kembar, Perpaduan Teh dan Danau di Tanah Minang

Disana terdapat juga kolam di bawah curug kedua yang tak kalah bagusnya dengan curug paling bawah. Nah, setelah sampai di undakan paling atas, maka terlihatlah curug utama yang sangat menakjubkan. Walaupun memiliki ketinggian tak lebih dari 10 meter, akan tetapi curug ini sangat istimewa karena berada di ketinggian dengan air yang sangat jernih serta dihiasi bebatuan berlumut hijau.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Curug Walet, maka langsung saja anda bisa meluncur ke Desa Ciasihan di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun, sebelum anda meluncur ke tempat ini, sangat disarankan untuk mempersiapkan fisik terlebih dahulu, sebab akses menuju air terjun Walet cukup jauh mengingat letaknya yang berada di kaki Gunung Salak.

Baca Rekomendasi :   Curug Pangeran, Curug Idaman Traveler di Kaki Gunung Bunder Bogor

Selain itu, jalanan yang akan anda lalui tidaklah semulus seperti jalanan di kota besar. Anda kan sering melewati turunan yang curam, bebatuan licin hingga jembatan kayu. Namun anda tidak perlu khawatir, semua rasa lelah yang dirasa akan hilang begitu saja setelah melihat keindahan Curug Walet. Bagaimana ? Apakah anda sudah siap menikmati keindahan destinasi wisata alam Curug Walet ini ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page