Meskipun Orang Lain Merendahkanmu, Ingatlah Allah Tahu Dirimu Berharga

Saat orang lain merendahkanmu via pexel.com
0 33.873

Jangan Malu Menuntut Ilmu karena Allah Memuliakan Pemilik Ilmu. Orang-orang yang berilmu dibedakan dari selain mereka Allah berfirman,

“Katakanlah (wahai Muhammad ), apakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui ? Sesungguhnya hanya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran” (Az-Zumar:9)

Dan Allah berfirman, “Adakah orang-orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepada dari Rabbmu itu benar sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal yang dapat mengambil pelajaran”. (Ar-Ra’d :19)

Jelas, tidaklah sama antara yang satu dengan yang lain.

Orang yang mengetahui bahwa petunjuk yang Allah turunkan itu benar dan sebagai suatu jalan keselamatan, tidaklah sama dengan orang-orang yang buta dari jalan tersebut dan buta tentang ilmu syar’i.

Baca Rekomendasi :   Ingin Segera di Lamar Cowokmu, Cobain Gombalin Dengan Rayuan Manja

Banyak sekali hadist yang datang dari Rasulullah yang memuat tentang keutamaan ilmu, diantara hadist nya

“Siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ilmu tersebut jalan menuju surga”.

Hadist di atas menunjukkan kepada kita bahwa para penuntut ilmu agama berada di atas kebaikan yang besar. Mereka diatas keberuntungan dan kebahagiaan, tentu bila benar atau lurus niatnya dalam menuntut ilmu, karena mengharapkan wajah Allah dan ingin mengamalkannya, bukan karena riya’ dan sum’ah atau tujuan-tujuan dunia lainnya.

Ia mempelajari ilmu karena ingin mengetahui agama, mengetahui perkara yang Allah diwajibkan kepadanya.

Dan bermaksud mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya, hingga ia belajar dan mengamalkan ilmunya serta mengajarkan kepada orang lain. Setiap jalan yang ia tempuh dalam menuntut ilmu adalah jalan menuju surga, baik jalan tersebut secara hakiki atau maknawai. Ilmu ibarat sebuah permata yang sangat bernilai dan tak terkira harganya.

Baca Rekomendasi :   Saat Semua Impianmu Tak Tercapai, Tetaplah Berprasangka Baiklah Kepada Allah

Dengan ilmu Adam dimulaikan diatas seluruh makhluk, hingga para malaikat disuruh sujud kepada kepadanya. Sifakir Ilmu 🌻

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page