Bahaya Kebiasaan Berhutang

Ingat loh, orang yang berutang akan diberi status sebagai pencuri jika berniat tidak ingin mengembalikan utangnya

Bahaya Berhutang via instagram.com @muslimmyway
0 235

Hukum asal dari berutang adalah boleh. Akan tetapi, banyak kaum muslimin yang menganggap remeh hal ini. Mereka merasa nyaman dengan adanya utang yang “melilit” dirinya. Bahkan, sebagian dari mereka di dalam hidupnya tidak pernah sedetik pun ingin lepas dari utang. Sebelum lunas pinjaman yang pertama, maka dia ingin meminjam lagi untuk yang kedua, ketiga, dan seterusnya.

Jika hal ini dibiarkan, maka ini akan berlarut-larut dan akan “menular” kepada orang lain di sekitarnya. Terlebih lagi, dengan banyaknya fasilitas untuk berutang yang disediakan oleh lembaga-lembaga, badan-badan, atau perusahaan-perusahaan yang menganut sistem ribawi. Dan parahnya, tidak hanya orang-orang awam yang terlibat dengan hal-hal seperti ini, orang yang sudah lama mengaji, orang berilmu, dan orang-orang kaya pun turut berpartisipasi dalam “meramaikannya”.

Baca Rekomendasi :   Hijrah, Sebuah Ajang Mencari Eksistensi dan Ketenaran, Setuju Tak?

Ingat loh, orang yang berutang akan diberi status sebagai pencuri jika berniat tidak ingin mengembalikan utangnya. Dari Shuhaib Al Khoir, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang berutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah no. 2410.
Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih). Al Munawi mengatakan, “Orang seperti ini akan dikumpulkan bersama golongan pencuri dan akan diberi balasan sebagaimana mereka.” (Faidul Qodir, 3/181).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Ih horor sekali.. Semoga ancaman ini bisa membuat kita jera untuk berutang. Semoga Allah memberikan kita sifat kanaah dan mencukupkan semua keperluan kita, Aamiin.

Baca Rekomendasi :   Bikin Baper, Lagu Bunga Citra Lestari Tentang Cinta Sampai Setia

Artikel ini merupakan status dari instagram.com @muslimmyway , jangan lupa untuk follow untuk mendapatkan status terbarunya yang sangat bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page