Di Puji Tak Terbang, Di Caci Tak Tumbang. Salah Satu Kunci Hidup Bahagia!

Jadikan pujian dan cacian sebagai motivasi diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Di puji jangan terbang via instagram.com @okyarisandi
0 14.085

Pujian dan cacian adalah dua hal yang berlawanan namun hal tersebut dapat membuat seseorang tumbang, bisa karena pujian yang terlampau tinggi atau tak kuat menahan cacian. Memuji Orang Lain di Hadapannya Sama dengan Menyembelihnya.

Dari Abu Bakrah, ia menceritakan bahwa ada seorang pria yang disebutkan di hadapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu seorang hadirin memuji orang tersebut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda, “Celaka engkau, engkau telah memotong leher temanmu (berulang kali beliau mengucapkan perkataan itu). Jika salah seorang di antara kalian terpaksa/harus memuji, maka ucapkanlah, ”Saya kira si fulan demikian kondisinya.” -Jika dia menganggapnya demikian-. Adapun yang mengetahui kondisi sebenarnya adalah Allah dan janganlah mensucikan seorang di hadapan Allah.” (Shahih): [Bukhari: 52-Kitab Asy Syahadat, 16-Bab Idza Dzakaro Rojulun Rojulan]

Baca Rekomendasi :   Berhentilah Mengkhawatirkan Masa Depan, Syukurilah Hari Ini, dan Hiduplah dengan Sebaik-Baiknya

Do’a ketika dipuji oleh orang lain

Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.
Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka ( Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 228, no.4876. Lihat Jaami’ul Ahadits, Jalaluddin As Suyuthi, 25: 145, Asy Syamilah)

Hal yang dapat kita lakukan ketika dihina adalah dengan memperkuat dakwah dan memperbanyak ibadah. Ketika seorang mukmin dihina maka janganlah hal tersebut membuatnya tumbang, Allah Ta’ala berfirman, “Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Rabbmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.” (QS. Thaha: 130)

Baca Rekomendasi :   Lepaskan Harapan Palsu, Sadarlah Bahwa Ada Yang Selalu Setia Menunggumu

Artikel ini merupakan status instagram.com @muslimway. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk follow dan share ya. karena satu kebaikan yang kamu bagikan sama akan mendapatkan ganjaran kebaikan juga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page