Sabarlah, Saat Semua Orang Mencibirmu, Buktikan Kamu Bisa Lebih Baik Lagi

  • Bagikan
Saat orang lain merendahkanmu
Saat orang lain merendahkanmu via pexel.com

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

الْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللَّهُ عَنْهُ

“Orang-orang yang berhijrah dengan sesungguhnya adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hijrah sebenarnya adalah perjalanan hati, hijrah merupakan fase penting seseorang untuk memperbaiki diri. Hijrah yang secara harfiah berarti “meninggalkan” merupakan roh yang menjiwai gerakan seorang Muslim. Hijrah kemudian sering kali dimaknai sebagai perpindahan atau peralihan dari satu ke lain kondisi.

Dan “Hijrah” adalah sebuah kata yang sederhana yang apabila dijabarkan butuh yang namanya banyak perjuangan, ada kesabaran yang harus kita tanamkan dihati, ada keikhlasan yang harus kita terapkan setiap saatnya, dan ada keyakinan yang harus kita pupuk untuk tak pernah lelah mempertahankan keistiqamahan.

Dan bila kamu berkata “hijrah itu sulit”, iya pernyataan yang demikian memang tidak salah, karena ketahuilah yang sulit dalam berhijrah itu adalah istiqamahnya.

Jadi, jika kamu saat ini masih merasa sulit untuk berhijrah, coba pelan-pelan saja dan yang penting kamu istiqamah menjalaninya. Lalu lakukanlah hijrah dengan sederhana terlebih dahulu, itu artinya kamu jangan langsung merasa terbebani untuk terlalu menjadi sempurna seperti ia yang telah lebih dulu berhijrah, karena hijrah itu banyak prosesnya, karena hijrah itu banyak ujiannya.

Baca Rekomendasi :   Berbahagialah Kaum Hawa, Allah Menciptakan Wanita Lebih Mulia Daripada Bidadari.

Dan kamu harus tahu niat berhijrahmu untuk siapa dan untuk apa, karena bila kamu melakukan hijrah sembari memaknai setiap langkah yang hendak kamu jalani, tentu hijrahmu akan senantiasa istiqamah.

Sahabat hijrah . . . Untuk itu jika kamu merasa sulit dalam berhijrah, maka lakukanlah perubahan menuju lebih baik secara pelan-pelan saja tapi pasti, agar kamu mempunyai waktu menela’ah niat hijrah yang kamu lakukan. Karena dengan demikian disaat kamu lelah ataupun ujian terasa memberatkan langkahmu, tentu kamu tidak akan mudah putus asa, dan kamu tidak akan mundur di tengah ujian.

Serta gemarilah atau senangilah menambah wawasanmu akan ilmu Allah, agar kamu mengerti makna hijrah yang kamu lakukan. Serta, agar kamu tidak mudah goyah, disaat keyakinanmu mulai Allah uji dengan sangat oleh beberapa hal yang kamu sendiripun sulit memahaminya.

Baca Rekomendasi :   Orang Membenci Kita? Biarkan, Kita Harus Jaga Hati Kita Agar Tidak Membenci Balik

Karena dengan melakukannya secara perlahan dan sembari memaknainya dengan ilmu, maka secara perlahan pula hatimu akan semakin kuat serta yakin pada keputusan hijrahmu, sehingga nantinya disaat Allah uji dengan sangat maka kamu tidak akan mudah berkata “ahh, sudahlah aku lelah, aku nggak kuat”.

Ingat sekali lagi, disaat kamu merasa hijrahmu begitu sulit, dimana didalamnya banyak Allah beri ujian, sabarlah!

Karena memang tidak ada hijrah yang tak sulit, sebab menjadi lebih baik itu memang butuh yang namanya proses, butuh yang namanya keistiqamahan. Maka disaat kamu sudah memutuskan untuk hijrah, alangkah lebih baiknya kamu kokohkan dulu hatimu dengan niat yang baik, agar kamu mampu istiqamah dan tak mudah kembali lagi pada masa-masa burukmu yang dulu.

Baca Rekomendasi :   Kejar Akhirat, Insyaallah di Dunia Akan Bahagia Juga

Tak perlu menghakimiku dari masa laluku karena aku sudah tak disana, jadi tolong jangan menghakimiku. Bukankah setiap manusia berhak untuk berubah ke hal yang lebih baik. Begitu juga denganku, aku sudah tak sama lagi dengan orang yang kamu kenal lebih dahulu.

Semoga bermanfaat dan ingat tetap istiqamah di jalan-Nya, niatkan semua karena Allah. Jangan mudah menyerah dan tetaplah semangat untuk meraih surga-Nya 😊

Artikel ini merupakan status facebook @alif_maulana_fariz

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page