Kerjaan Bikin Stres? Ikuti Tips-tips Ampuh Kurangi Stres di Kantor Ini!

Supaya kamu gak stress di saat jam kerja, yuk lakukan hal-hal bermanfaat berikut ini.

Tips Ampuh Kurangi stress
0 27

Stres di kantor memang tak hanya disebabkan beratnya beban kerja saja. Rekan kerja yang kurang kooperatif, memiliki masalah di rumah, dan kejenuhan juga merupakan hal-hal yang bisa memicu stres di kantor. Stres yang berkepanjangan jika tidak diatasi akan membuat kesehatanmu terganggu, akibatnya produktivitas pun menurun.

Nah, jika kamu sudah merasakan tanda-tanda stres, mulailah benahi rutinitasmu di kantor dengan tips-tips berikut.

1. Atur Jadwal dengan Baik

Buatlah jadwal harian yang tertata dengan baik. Lalu, usahakan berangkat ke kantor lebih awal beberapa menit agar dapat mempersiapkan diri. Selain itu, biasakan mendahulukan tugas-tugas yang lebih sulit di awal waktu bekerja supaya kamu tidak terbebani tugas berat tersebut ketika sedang menjalankan tugas lain. Pada jam-jam awal bekerja juga biasanya kamu masih segar dan bersemangat daripada di tengah atau menjelang jam kerja berakhir.

Baca Rekomendasi :   5 Ide Pre Wedding Ala Apriliophoto yang Membuat Kamu Semakin Cantik dan Tampan

2. Gerakkan Badan

Terlalu lama duduk di kursi menghadap komputer kadang menjenuhkan. Apalagi jika pekerjaanmu tidak kunjung beres. Baiknya manfaatkan waktu luang saat jam istirahat untuk olahraga ringan seperti turun naik tangga, berjalan-jalan di sekitar kantor, atau senam ringan di ruang kerja. Menggerakkan badan dapat menghilangkan pegal-pegal terutama pada leher, pinggang, dan punggung.

3. Nikmati Camilan

Ada kalanya tugas yang kamu kerjakan membutuhkan banyak waktu dan energi. Akibatnya kamu kelelahan dan tidak mampu menuntaskannya dengan baik. Istirahatlah sejenak sambil menikmati camilan untuk mencegah stres. Kamu bisa menikmati camilan sehat seperti buah-buahan potong, cokelat, atau biskuit rendah lemak.

4. Ngobrol Santai dengan Teman

Ngobrol dengan teman bisa menjadi hiburan saat otak lelah bekerja. Bincangkan topik ringan dan bergurau sejenak dengan teman dapat mengistirahatkan otak dari beban kerja yang banyak. Jika memiliki masalah yang membuatmu stres, kamu juga perlu mencari teman untuk sekadar bercerita agar tidak sampai hal itu mengganggu fokus pada pekerjaanmu.

Baca Rekomendasi :   5 Spot Prewedding Anti Mainstream di Jogja Ini Bisa Kamu Coba. Unik dan Nggak Biasa!

5. Alihkan Pikiran

Ketika stres sudah mulai melanda, biarkan pikiran teralihkan menuju hal lain yang menyenangkan sejenak. Kamu juga bisa menonton video yang menghibur atau mendengarkan musik untuk mengembalikan semangat. Jika pikiran sudah jernih kembali, kamu bisa kembali meneruskan tugas.

6. Tidur Sejenak

Meski sudah tidur cukup pada malam hari, tak jarang masih mengantuk saat jam kerja. Terlebih lagi jika memang kamu kurang tidur atau tidak mendapat tidur yang berkualitas. Kurang tidur dan mengantuk bisa mengakibatkan kamu kurang konsentrasi. Saat jam istirahat, kamu bisa menggunakan waktu 20-30 menit untuk tidur agar segar kembali dan lebih fokus menjalankan tugas. Tidur siang sejenak terbukti dapat meningkatkan produktivitas kerja dan konsentrasi.

Baca Rekomendasi :   Mencari Pakaian Fitness untuk Wanita, Intip Trik-trik Ini

7. Berpikir Positif

Stres di kantor bisa saja terjadi karena pikiran negatifmu sendiri. Misalnya, kamu berpikir bahwa target yang diberikan terlalu tinggi, pekerjaan terlalu sulit, rekan kerja susah diajak bekerja sama, dan fasilitas kantor kurang mendukung. Pikiran negatif justru akan menguras energi dan membuatmu cepat lelah. Sebaiknya, ubah pikiran-pikiran negatif menjadi pikiran positif untuk mencari solusi ketika tidak dapat mengerjakan tugas sesuai permintaan atasan atau ketika rekan-rekan tidak kooperatif.

Nah, dengan tips-tips di atas, kamu bisa terhindar dari stres meski pekerjaan di kantor kadang melelahkan. Usahakan tidak menunda pekerjaan agar tugas-tugas yang ada tidak sampai menumpuk dan memicu beban kerja yang terlalu banyak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page