Bayarlah Hutangmu Selagi Kamu Masih Ada di Dunia, Karena Membayar Hutang Hukumnya Wajib

  • Bagikan
Bayar hutangmu
Bayar hutangmu via https://islamidia.com/

Hutang adalah hutang, hutang tak kenal saudara maupun teman karena kalau kamu berhutang artinya kamu wajib membayar hutangmu itu, kalau kamu punya uang sebaiknya dahulukan bayar hutang dari pada memberi barang yang kamu mau.

Hutang itu dibawa mati lho, saat kamu berhutang kamu akan dikerjar untuk membayar sampai ke akhirat, makanya kalau kamu nggak mampu bayar hutang ya jangan berhutang. Kalau kamu berhutang artinya kamu mampu membayar, mau di cicil atau bayar sekaligus boleh saja asalkan kewajiban membayar hutang terpenuhi.

Jangan sekali-kali kamu berhutang jika kamu tidak punya penghasilan karena itu hanya akan membuatmu sengsara, kalau tidak benar-benar penting lebih baik tidak usah berhutang dari pada di kejar-kejar

Percuma saja kamu terlihat kaya memakai barang-barang mewah tapi semua hasil hutang, jangan terlalu besar-besarkan gengsi lebih baik hidup sederhana apa adanya. Jangan suka iri sama kehidupan orang lain yang lebih dari kamu, semua sudah di atur Allah sesuai dengan porsinya masing-masing, kalau mau punya uang yang banyak ya kerja jangan malah hutang dimana-mana.

Baca Rekomendasi :   Ada Kalanya Kamu Sedih Tanpa Sebab, Biarkan Tuhan Yang Menemanimu

Hidupmu nggak akan tenang karena di kejar hutang, gelisah, bingung bagaimana cara bayarnya, banyak orang yang gila dan kabur karena kebanyakan hutang dan tidak sanggup membayarnya. Janganlah jadikan hutang alat untuk pamer ke orang-orang supaya kamu di kenal memiliki uang banyak layaknya orang kaya toh nantinya yang kamu dapat hanya pujian saja selanjutnya kamu pusing membayar cicilannya. Berhutanglah jika kamu benar-benar butuh itupun kamu harus wajib membayarnya jangan sampai kabur apalagi pura-pura lupa.

Simpan Pinjam Seperti Koperasi Pun Menjadi Sasaran Dari Para Penghutang Ini, Selalu Manis di Awal dan Busuk di Akhir.

Kebanyakan koperasi simpan pinjam yang bangkrut karena banyaknya nasabah yang tidak mau bayar dan memilih kabur, padahal sebelumnya sudah dijelaskan tentang ketentuan yang harus dipenuhi customer. Kalau kamu berhutang jangan lupa di bayar, kalau bisa dahulukan membayar hutang dari pada membeli sesuatu yang belum diperlukan agar hidupmu jauh lebih tenang.

Jangan pernah salahkan sikap penagih hutang yang tergolong kejam karena itu kesalahan kamu sendiri yang bandel saat di tagih, jika memang tidak ada uang bilang baik-baik jangan malah balik marah, petugas hanya menjalankan tugasnya.

Baca Rekomendasi :   Jangan Pernah Menyerah, Meski Kamu Merasa Semesta Sedang Tidak Ramah

Jika kamu sudah memutuskan untuk berhutang kamu juga harus pikirkan cara untuk membayarnya, jangan hanya pikirkan cara berhutang saja

Kalau kamu punya hutang maka bekerjalah sesuai dengan kemampuanmu agar menghasilkan uang untuk membayar hutang, walaupun gajimu tak banyak tapi setidaknya kamu bisa membayarnya sedikit demi sedikit jangan malah memilih berhutang di tempat lain untuk membayar hutang yang sebelumnya.

Hidupmu sudah susah jangan ditambah susah dengan berhutang, lebih baik apa adanya saja kalau memang tidak punya ya sudah tidak usah memaksa toh nanti yang merasakan sengsaranya bukan orang lain tapi dirimu sendiri. Uang hasil hutang biasanya akan cepat habis karena kamu mendapatkan uang itu dengan mudah bukan hasil dari kerja kerasmu.

Hidup ini sebenarnya gampang kok cuma gengsi yang membuat hidupmu sulit

Jangan iri sama orang lain yang selalu di puji-puji karena hartanya, lagipula hidup bergelimang harta belum tentu bahagia kok jadi jangan tertipu dengan semua itu. Lebih baik banyak-banyak bersyukur atas apa yang sudah Allah berikan padamu, kalau kamu memang tak punya jangan terlalu memaksa nanti hidupmu jadi tak bahagia.

Baca Rekomendasi :   Batas Kuatmu Allah Selalu Tahu, Maka Bertahanlah Meski Saat Ini Menyakitkan

Sebenarnya kamu hidup itu untuk apa sih? Untuk cari harta saja? Padahal hidup di dunia hanya sementara yang kekal adalah kehidupan di akhirat. Nggak usah terlalu memikirkan harta di dunia dan seisinya, pikirkan ibadah dan amalmu yang bisa membawamu ke surga.

Kalau kamu berhutang entah kepada teman saudara atau badan usaha kamu wajib membayarnya, kalau kewajibanmunitu belum terpenuhi dan kamu sudah di panggil Allah maka anakmu yang wajib membayarkannya. Jangan sampai hutangmu tidak dibayarkan karena balasan di akhirat lebih pedih. Pesan untuk orang yang punya hutang, bayarlah hutangmu jika kamu punya uang, karena hutang adalah hutang walaupun itu kecil kalau niatnya hutang wajib untuk di bayarkan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page