Oleh-oleh Khas Bukittinggi; Cemilan Pedas, Manis, Gurih, dan Berempah

  • Bagikan
Oleh-oleh khas bukit tinggi
Oleh-oleh khas bukit tinggi VIA https://menginspirasibersama.blogspot.com/

Bukittinggi terkenal sebagai kota kelahiran proklamator Drs. Mohammad Hatta. Kota di Provinsi Sumatera Barat juga menjadi tempat favorit wisatawan yang ingin mencari ketenangan seperti di Bogor atau Malang.

Soal oleh-oleh, Bukittinggi memiliki aneka panganan yang unik dan lezat. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh berupa camilan dengan berbagai pilihan cita rasa seperti gurih, pedas, berempah, atau manis sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Berikut ini beberapa pilihan oleh-oleh khas Bukittinggi yang jangan sampai kamu lewatkan.

1. Keripik Balado

Keripik balado hampir sama dengan keripik singkong pada umumnya. Bedanya, keripik dibumbui dengan sambal khas Minang yang pedas. Rasanya yang lezat pastinya membuat kamu ketagihan dan ingin terus menyantapnya hingga keping terakhir.

2. Dendeng Batokok

Dendeng Bukittinggi atau biasa disebut dendeng Batokok memiliki rasa yang khas karena bumbu dan cara pengolahannya yang berbeda dari dendeng pada umumnya. Bahan yang biasa digunakan yaitu daging sapi.

Baca Rekomendasi :   7 Kuliner Khas Timur Tengah yang Bisa Kamu Cicipi Selama Ramadan

Agar lebih lembut dan dapat menyerap bumbu, daging dipukul-pukul menggunakan cobek dan ulekan setelah diiris dengan tebal antara 1-2cm. Setelah itu, daging digoreng atau dibakar, kemudian dihidangkan bersama sambal hijau. Dendeng ini bisa tahan berbulan-bulan dan dapat dijadikan lauk juga lho.

3. Keripik Sanjai

Makanan ringan ini juga dibuat dari singkong seperti keripik balado. Bedanya, keripik sanjai ditawarkan dalam tiga rasa berbeda yaitu rasa tawar, asin, dan pedas. Kamu bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh, pasar tradisional, ataupun sekitar tempat-tempat wisata.

4. Galamai

Oleh-oleh ini hampir sama dengan dodol, teksturnya kenyal dan berwarna hitam. Komposisinya yaitu tepung beras, gula aren, dan santan yang dicampur menjadi satu dan dimasak selama dua jam. Selain dibuat untuk hidangan pesta, galamai kini menjadi oleh-oleh khas Bukittinggi yang cukup terkenal.

Baca Rekomendasi :   Nikmat dan Kaya Rasa, Mana Lauk Nasi Padang Favoritmu?

5. Rendang Telur

Rendang telur atau rendang talua dibuat dari telur yang dikeringkan. Makanan ini dapat disantap bersama nasi ataupun dijadikan camilan. Baik irisan telur maupun bumbu diolah menjadi sangat kering, sehingga tahan sampai 6 bulan. Cocok banget untuk anak kost, ya?

6. Karak Kaliang

Sama seperti keripik balado dan sanjai, karak kaliang juga dibuat dari singkong. Bedanya, singkong tidak diiris-iris melainkan diparut dan diambil patinya. Baru kemudian diproses dengan bumbu. Setelah itu adonan dibentuk seperti angka delapan lalu digoreng. Teksturnya renyah dengan warna kuning yang menggoda.

Rasa karak kaliang yang gurih ini cocok sekali dijadikan pelengkap menyantap soto, mie rebus, dan bakso. Selain enak, oleh-oleh khas Bukittinggi ini juga terbilang murah dan mudah didapat.

Baca Rekomendasi :   7 Kuliner Nusantara yang Bisa Disimpan Lama, Cocok untuk Stok di Rumah

7. Lamang Tapai

Lamang tapai terdiri dari lemang, olahan beras ketan dan santan yang dimasak dalam bambu dan tapai atau tape ketan hitam. Kedua makanan ini kemudian disajikan dalam satu piring dengan kuah gula aren. Jika membeli untuk oleh-oleh, biasanya penjual akan memberikan lamang yang masih di dalam bambu agar tetap utuh ketika dibawa.

8. Arai Pinang

Arai pinang merupakan camilan khas Sumatera Barat yang banyak terdapat di Bukittinggi. Rasa kue berbahan dasar tepung beras ini begitu gurih dan beraroma minyak kelapa serta memiliki tekstur yang renyah. Kue ini biasanya disajikan bersama saus kental dari rebusan air dan gula merah.

Camilan oleh-oleh khas Bukittinggi tidak jauh berbeda dengan kota-kota lain di tanah Minangkabau. Namun, pastinya sayang sekali jika ke Bukittinggi tanpa membawa pulang jajanan nikmat dari sana.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page