Pantai Sadranan, Pantai Idaman Para Traveler Jogjakarta

  • Bagikan
Pantai Sadranan
Pantai Sadranan via instagram.com @ aleza_jogja

Yogya selalu menyimpan cerita yang menarik baik potensi wisata alam, sejarah, budaya atau kuliner lezat. Salah satu potensi wisata alam terbaik di Yogya terletak di kawasan paling selatan yaitu Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul memiliki destinasi wisata pantai-pantai yang tak kalah eksotis dengan daerah lain di Indonesia.

Jika Pantai Nglambor populer beberapa waktu lalu, kini Pantai Sadranan menjelma sebagai sekeping surga yang ditemukan. Penasaran dengan keindahan yang dimiliki pantai dengan ciri pasir putih dan karang koral ini?

Keindahan alam dan aktivitas seru di Pantai Sadranan

Tergolong pantai baru yang mampu memikat turis datang ke Yogya, Pantai Sadranan mengingatkan banyak orang pada keindahan Pantai Kuta di Lombok. Eksotisme pantai dengan hamparan pasir putih yang akan membuat kamu tengah liburan di Bali atau Lombok. Namun, Sadranan memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai lain yaitu karang koral di pantai. Cantik, ya?

Kalau kamu ingin menikmati liburan sepuasnya di Pantai Sadranan, deretan aktivitas berikut wajib dicoba.

1. Bersantai dan berjemur

Ingin bebas dari rutinitas yang menjerat pikiran setiap hari? Kamu memang tepat memilih Sadranan sebagai tempat wisata tujuan. Pasalnya, pantai masih tergolong sepi dan jauh dari hiruk pikuk kebisingan manusia. Tentu kamu harus memilih waktu terbaik untuk mendapatkan kesempatan menikmati wisata pantai yang privat. Nikmati waktu kamu untuk bersantai atau berjemur untuk menikmati sinar matahari negara tropis.

Baca Rekomendasi :   9 Spot Terbaik Menikmati Sunset di Yogyakarta, Anak Muda Jogja Pasti Khatam!

2. Snorkeling

Tak hanya Pantai Nglambor saja yang memiliki spot snorkeling terbaik, Sadranan menawarkan pemandangan biota laut yang tak kalah indah. Kamu bisa menikmati setiap pesona yang ada dengan menyewa alat snorkeling sebesar 50 ribu rupiah saja. Mau foto underwater yang keren, tenang saja sang pemandu akan memastikan foto kamu terekam kamera underwater. Bisa langsung diunggah ke medsos, deh!

Tips sebelum melakukan snorkeling adalah datang pada waktu yang tepat. Selain kondisi air laut yang sedang pasang, kamu juga harus datang pukul 8 sampai 10 pagi atau pukul 4 sampai 6 sore. Namun, tetap utamakan keselamatan agar kamu tahu batas air pasang yang berbahaya atau tidak.

3. Mengelilingi pantai dengan perahu kano

Pantai Sadranan memiliki ombak yang lebih tenang karena keberadaan batu karang yang berfungsi memecah ombak besar. Kamu bisa mengunjungi batu karang dengan memakai perahu kano. Tak sekadar menikmati keindahan alam dari batu karang, kamu bisa menikmati suasana mengayuh kano di pantai yang memiliki air berwarna biru kehijauan. Kondisi air laut yang masih jernih dan terjaga akan membuat kamu semakin enggan buru-buru pulang ke rumah.

Baca Rekomendasi :   Grojogan Lepo Dlingo, Air Terjun Tersembunyi di Mangunan Jogjakarta

4. Menikmati pesona sunrise dan sunset terbaik di Pantai Sadranan

Keelokan alam Sadranan memang sanggup memikat hati semua orang yang berkunjung. Kenangan mantan yang indah bakal tersaingi dengan fenomena sunrise dan sunset di pantai ini. Dijamin kamu bakal puas mengabadikan setiap momen yang terekam lewat lensa ponsel atau kamera.

Cahaya matahari yang kuning saat matahari terbit wajib menjadi latar foto kamu. Boleh juga berfoto dengan pesona jingga yang dihadirkan sunset Pantai Sadranan. Kalau ingin menikmati kedua momen istimewa tersebut, sebaiknya kamu menginap di sekitar lokasi wisata agar tidak ketinggalan momen golden sunrise atau sunset.

Fasilitas dan akses menuju ke Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berlokasi di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Kamu bisa pergi bersama teman-teman atau rombongan menggunakan kendaraan pribadi dari Stasiun Tugu yang membutuhkan estimasi waktu 2 jam perjalanan tergantung kondisi jalan. Jarak yang harus ditempuh sekitar 66 kilometer dari pusat kota Yogya. Cukup jauh, ya!

Baca Rekomendasi :   Batu Songgo Langit, Tempat Terbaik Menikmati Sunrise dan Hutan Pinus di Yogyakarta
Pantai Sadranan
Pantai Sadranan via instagram.com @ aleza_jogja

Rasa lelah kamu bakal tertebus begitu tiba di lokasi pantai, kok. Dengan membayar biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah saja, kamu bisa puas menikmati setiap keindahan yang ada di surga tersembunyi Yogya ini. Tentu biaya yang kamu keluarkan belum termasuk parkir, penginapan, sewa alat snorkeling, makan, dan lain-lain. Kalau mau menginap pun, Sadranan memiliki villa, hotel dan resort yang bisa kamu jadikan pilihan.

Ada pula penyewaan tenda dome yang bisa ditempati maksimal 4 orang dengan harga sewa antara 50 sampai 100 ribu rupiah. Kamu bisa mengajak teman-teman untuk berkemah di camping area sembari membuat api unggun. Berkemah dengan nuansa pantai yang indah bakal memberikan pengalaman yang berkesan.

Fasilitas di lokasi wisata sangat lengkap mulai toilet, tempat ibadah, kamar ganti, warung makan hingga gazebo yang bisa kamu sewa untuk beristirahat sejenak. Kalau ingin melanjutkan liburan yang tak kalah seru, kamu bisa menyusuri pantai lain yang memiliki jarak tak jauh dari Pantai Sadranan. Dari titik lokasi sekitar 13 kilometer, kamu juga menikmati keindahan alam terbaik di Goa Jomblang yang fenomenal. Yuk, agendakan liburan Anda ke Gunung Kidul pekan depan dengan orang-orang tercinta!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page