Pantai Sepanjang, Pantai Kuta Bali yang Ada di Yogyakarta

  • Bagikan
Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang via instagram.com harianto_s.kep.ns

Saat kamu berlibur ke Jogja, pasti ada objek wisata alam yang menjadi favorit. Hal ini mengingat Jogja menjadi tempatnya pariwisata alam terbaik di Indonesia. Nah, salah satu wisata alam yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Sepanjang.

Pantai yang berada di Gunung Kidul ini termasuk salah satu pantai yang paling sering direkomendasikan wisatawan. Tidak hanya cantik, pantai ini juga punya banyak atraksi. Pesona wisatanya yang sangat indah dan penuh ciri khas mampu membuat mata wisatawan dimanjakan. Tak ayal, pantai ini sangat ramai dikunjungi tidak hanya di libur nasional, tapi juga di akhir pekan.

Nah, bagi kamu yang suka berburu tempat wisata, entah itu untuk ngevlog, selfie, atau lainnya, kamu bisa banget berkunjung ke pantai ini. Selain itu, jangan sampai kamu melewatkan momen sunset dan sunrise di sana karena pemandangannya yang sangat eksotis. Pasti sayang banget kalau sampai terlewat. Yuk, mari kita simak ulasan tentang pantai yang bak Kuta Bali ini berikut ini!

Mengenal Pesona Wisata Pantai Sepanjang

Berada di Gunung Kidul Jogja, tepatnya di Desa Kemadang, Tanjungsari, pantai satu ini posisinya tidak begitu jauh dari Pantai Baron, Pantai Krakal, hingga Pantai Indrayanti. Jaraknya hanya antara 1 – 8 KM saja. Aksesnya pun sangat mudah, yakni bisa ditempuh dengan kendaraan mobil, motor, atau kendaraan umum. Nah biar lebih meriah, kamu bisa pergi bersama teman, kerabat, atau kekasih tercinta.

Baca Rekomendasi :   Pintu Langit Dharmono, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta

Lantaran letaknya ada di garis yang sama dengan pantai-pantai lainnya tersebut, maka kala kamu berkunjung ke Sepanjang, kamu juga bisa berkunjung ke pantai lainnya. Mungkin juga, kamu berjalan dan tanpa terasa sudah ada di sisi pantai satunya. Hal ini mengingat pantai-pantai di sana cukup mirip, yakni memiliki hamparan pasir yang indah.

Jika kamu ingin ke pantai ini, kamu yang ada di Pusat Kota Jogjakarta akan menempuh jarak sekitar 65 KM atau waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dengan lalu lintas normal. Rutenya pun juga tidak sulit diingat, yakni kamu menuju Imogiri Barat – Siluk Panggang – Pantai Sel. Jika sudah tiba di pantai tersebut, kamu bisa bertanya arah ke warga sekitar yang senantiasa ramah menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu.

Nah, sekarang saatnya membahas tentang keindahan pantai satu ini, yaitu :

Mirip Seperti Kuta Bali

Jika kamu berbicara tentang Sepanjang, maka kamu pasti akan sering mendengar sebutan Kuta-nya Jogja untuk pantai tersebut. Hal ini memang tidak aneh. Pasalnya, Pantai Sepanjang memang sangat mirip dengan Pantai Kuta yang terkenal dengan hamparan pasir putih dan ombaknya yang tidak begitu besar.

Baca Rekomendasi :   Kebun Buah Mangunan, Destinasi wisata Cantik di Atas Awan

Garis Bibir Pantai yang Panjang

Selain mirip Kuta, pantai satu ini juga dikenal dengan garis bibirnya yang panjang. Banyak yang mengatakan jika diantara pantai-pantai di Gunung Kidul, garis bibir pantai inilah yang paling panjang.

Keindahan Batu Karang

Kala laut sedang surut, kamu bisa melihat keindahan batu-batu karang yang muncul dan terlihat masih sangat alami. Tidak lupa, kamu bisa menangkap hewan-hewan laut seperti ikan kecil, kerang, dan juga bulu babi. Kamu juga bisa melihat birunya laut dimana sebagai penanda bahwa laut di pantai ini belum terjamah tangan-tangan jahil umat manusia yang kerap merusak alam dengan sampah.

Terdapat Gubug untuk Beristirahat

Pantai satu ini juga sangat cocok untuk bersantai menghabiskan waktu liburan. Pasalnya, disana terdapat banyak gubug yang atapnya terbuat dari dedaunan kering dimana kamu bisa tiduran atau menyantap bekal disana.

Baca Rekomendasi :   5 Spot Terbaik Untuk Camping di Jogja, Dari Pantai Sampai Danau Semua Ada

Menikmati Sunset

Banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini, salah satunya adalah dengan menikmati sunset. Disana, kamu bisa duduk manis di atas hamparan pasir dan menunggu sore hari agar dapat menyaksikan bagaimana matahari kembali ke peraduannya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut agar kamu bisa mengingatnya nanti di kala stres melkamu.

Ada Fasilitas Umum

Pantai ini juga sangat memperhatikan kenyamanan wisatawannya dengan menyediakan beragam fasilitas umum seperti toilet, area parkir, restoran, dan juga warung makan. Ada beragam makanan khas yang bisa kamu beli disana, mulai dari makanan khas Jogja, khas western, hingga seafood. Bahkan, disana juga disediakan penginapan jika kamu kemalaman dan ingin menginap.

Harga Tiket yang Murah

Kamu juga masih diberi banyak kemudahan untuk berwisata di sana, salah satunya dengan harga tiket yang sangat murah. Untuk masuk ke Sepanjang, kamu hanya cukup membayar sekitar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Untuk parkir, kamu akan dikenai biaya sekitar 2 ribu hingga 5 ribu rupiah. Bagaimana? Murah, bukan?

Demikian ulasan mengenai pesona atau daya tarik wisata alam di Pantai Sepanjang. Semoga ulasan ini menginspirasi kamu.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page