Selain Cantik dan Indah, 6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pantai Baron Yogyakarta

Selain terkenal dengan keindahan dan pesona pantainya, kuliner seafood langsung dari nelayan juga menjadi hal yang layak di coba bangat.

Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta via instagram.com @anuakbar_
0 18

Kawasan Gunungkidul Yogyakarta memang dikenal dengan pesona keindahan alamnya yang sangat indah. Terlebih sederet pantai pantai di kawasan tersebut dengan pemandangan alam yang luar biasa. Salah satu pantai yang cukup memiliki keindahan alam yang unik adalah Pantai Baron. Pantai ini cukup unik karena disini kamu bisa melihat pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin dari laut.

Lokasi pantai ini berupa sebuah cekungan yang kanan kirinya diapit oleh dua barisan karang. Pasirnya yang putih kecoklatan menambah suasana eksotis pantai ini. Dari pusat kota, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam untuk menuju lokasi Pantai Baron di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul yang berjarak sekitar 50 kilometer. Dengan tiket masuk seharga sepuluh ribu rupiah, kamu bisa menikmati area pantai yang indah dan unik ini.

Sejarah Pantai baron

Menurut sejarahnya, nama Pantai Baron diambil dari nama seorang bangsawan Eropa, Baron Sekeber. Ada yang menyebutnya berasal dari Belanda, ada juga yang menyebutnya berasal dari Portugis dan Spanyol. Baron adalah seorang Eropa yang memiliki ilmu cukup sakti. Dahulu kala ia pernah berperang dan melawan  Panembahan Senopati, raja pendiri Mataram yang sangat diagungkan pada masa itu.

Baca Rekomendasi :   Menikmati Benteng Karang Raksasa di Pantai Siung Jogja
Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta via instagram.com @anuakbar_

Di pantai inilah Baron Sekeber menyimpan berbagai senjata perangnya untuk melawan sang raja. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat persembunyian khususnya. Cerita itulah yang kemudian membuat Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Baron.

Aktivitas seru untuk dilakukan di Pantai Baron

Selain menikmati pantainya yang indah dan pasir putih kecoklatan yang sangat eksotis, masih ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Pantai Baron.

1. Wisata mercusuar

Di Pantai Baron, kamu akan menemukan sebuah mercusuar berwarna putih yang berada di sisi timur pantai, tepatnya di atas sebuah bukit karang. Penduduk sekitar menyebut tempat ini sebagai komplek Mercusuar Tanjung Baron. Kamu bisa naik ke mercusuar tersebut dan melihat bagaimana cantiknya  pemandangan di Pantai Baron dan sekitarnya dari atas ketinggian.

Ketika memandang ke arah utara, kamu akan melihat indahnya barisan perbukitan karst yang menjulang. Sementara ketika kamu alihkan pandangan ke arah selatan, mata kamu akan dimanjakan dengan lautan yang semakin jauh berwarna semakin membiru.

2. Berenang di sungai bawah tanah

Keunikan Pantai Baron memang terletak pada pertemuan air sungai dan air laut yang kemudian membuat warna air pantainya menjadi hijau kebiru-biruan. Aliran sungai ini sendiri berasal dari lahan yang berada di dalam tanah. Sungai dalam tanah inilah yang bisa kamu jadikan spot untuk berenang dengan sensasi dan pengalaman yang unik.

Baca Rekomendasi :   Seru-Seruan di Museum 3D Jakarta Bersama Keluarga Tercinta

Uniknya lagi, aliran sungai ini akan berubah setiap lima tahun sekali. Ada sebuah mitos juga mengenai sungai unik ini. Konon, jika kamu dan pasangan kamu berenang bersama-sama di sungai bawah tanah ini, kalian pasti akan dipersatukan meskipun berasal dari status sosial dan golongan yang berbeda.

3. Camping seru di sisi pantai

Bagi kamu yang berlibur bersama teman-teman, kamu bisa melakukan aktivitas seru yaitu camping di sisi Pantai Baron. Di pantai ini memang ada area camping ground dengan fasilitas yang cukup lengkap untuk berkemah. Ketika camping, kamu bisa melihat indahnya langit malam Pantai Baron yang dipenuhi banyak bintang.

4. Wisata selfie di Puncak Selfie Baron Hill

Liburan ke pantai tentunya tidak lengkap tanpa mengambil foto untuk kamu unggah ke sosial media. Di Pantai Baron, kamu bisa menemukan spot selfie yang instagramable bernama Puncak Selfie Baron Hill.

Lokasi selfie ini berada tidak jauh dari Mercusuar Tanjung Baron. Ada banyak spot foto seperti papan-papan berbentuk hati, sayap, dan spot spot lain yang bisa kamu jadikan lokasi foto dengan latar belakang Pantai Baron yang indah.

Baca Rekomendasi :   Camping di Bukit Kosakora yang ada di Pantai Ngrumput Gunung Kidul

5. Menikmati senja di Baron Techno Park

Di tebing sisi barat Pantai Baron, kamu bisa menemukan sebuah tempat bernama Baron Techno Park. Tempat ini merupakan pembangkit listrik dan tenaga alam, dimana kamu bisa melihat banyak instalasi instalasi seperti panel surya atau atau jam matahari. Selain menjadi wisata edukasi, Baron Techno Park juga cocok dijadikan sebagai tempat terbaik untuk menikmati senja yang tiba di Pantai Baron.

6. Wisata kuliner di pelelangan ikan

Setelah puas bermain dan menikmati keindahan alam Pantai Baron, jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner khas Pantai Baron di tempat pelelangan ikan yang ada di kawasan pantai ini. Di sini kamu bisa membeli sekaligus menikmati berbagai ikan segar khas Pantai Baron, seperti ikan windu, bawal putih, kakap, dan tongkol.

Itulah aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga dan teman teman saat berlibur di Pantai Baron. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburanmu ke Pantai Baron yuk!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page