Mencari Ketenangan di Pantai Slili, Pantai Mungil di Antara Dua Bukit

Pantai dengan hamparan pasir putih dan birunya lautan menjadi daya tarik utama pantai slili, Yogyakarta.

Pantai Slili Yogayakarta via instagram.com @jogjabikinlaper
0 19

Daerah Gunungkidul Yogyakarta saat ini telah cukup dikenal dengan keindahan alamnya. Di sana ada banyak pantai yang sangat indah bagaikan surga tersembunyi yang menanti untuk ditemukan. Salah satu pantai di kawasan Gunungkidul yang belum banyak terjamah wisatawan adalah Pantai Slili. Objek wisata Pantai Slili cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin mencari ketenangan dalam perjalanan dan liburan kamu.

Kenapa dinamakan Pantai Slili?

Nama Slili konon diambil dari istilah bahasa Jawa mlili, yang artinya mengalir. Konon katanya, dahulu kala ada seorang warga yang sehari-harinya bekerja sebagai pencari rumput laut. Suatu hari, ia menemukan sebuah gua saat mencari rumput laut di sebuah pantai. Setelah memberi tahu warga lainnya, mereka kemudian bergotong royong untuk menggali gua tersebut. Setelah digali, gua tersebut kemudian mengalirkan air. Inilah yang membuat daerah tersebut kemudian dinamai Pantai Slili.

Selain Pantai Slili, penduduk sekitar daerah Pantai juga terkadang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Watu Lawang. Dalam bahasa Jawa, watu lawang memiliki arti yaitu pintu batu. Penyebutan istilah watu lawang ini karena di Pantai Slili kamu  bisa menemukan sebuah pulau kecil yang di bagian bawahnya terdapat sebuah lorong yang menyerupai pintu.

Baca Rekomendasi :   Rek, Ini Loh Tempat Wisata Kuliner yang Murah dan Enak di Surabaya

Pesona Pantai Slili

Secara geografis, Pantai Slili memiliki luas yang terbilang mungil dengan garis pantai hanya 100 meter. Selain itu, pantai ini juga diapit oleh dua buah bukit yang membuatnya seolah menjadi tempat yang tersembunyi. Selain tempatnya yang masih sepi sehingga bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan nyaman, berikut beberapa pesona dan keindahan lainnya dari Pantai Slili yang bisa kamu nikmati.

1. Pesta laut para warga lokal

Warga sekitar Pantai Slili masih banyak yang menjalani profesi sebagai petani. Maka, menjelang musim tanam setiap tahunnya, Pantai Slili akan menjadi tempat bagi para warga sekitar untuk melakukan sebuah upacara adat. Upacara adat berupa pesta laut yang rutin diadakan setiap satu tahun sekali ini dinamai Sadranan atau Nyadran.

Dalam pesta laut ini, para warga akan memberikan berbagai makanan seperti tumpeng, ayam jago, dan buah-buahan yang akan mereka larung ke laut untuk dijadikan sedekah laut dengan harapan mereka akan selalu diberkati oleh keselamatan dan juga hasil panen yang melimpah. Selain menjadi salah satu cara untuk mempertahankan budaya, pesta laut ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi Pantai Slili.

2. Spot foto yang instagramable

Ketika kamu mengunjungi sebuah objek wisata, tentu belum lengkap rasanya jika belum mengambil foto-foto di tempat tersebut untuk kamu unggah ke sosial media. Ketika kamu berkunjung ke Pantai Slili, kamu bisa menemukan banyak spot foto yang sangat instagramable di sekitar area pantai.

Baca Rekomendasi :   Pantai Sundak, Tempat Favorit Menikmati Sunsed yang Menawan di Yogyakarta
Pantai Slili Yogayakarta
Pantai Slili Yogayakarta via instagram.com @jogjabikinlaper

Selain spot foto di sekitar pantai yang indah dan bersih, disini kamu juga bisa menemukan pohon sakura yang bisa dijadikan background foto yang cantik. Atau kamu juga bisa berfoto di hiasan bunga plastik yang berbentuk hati dengan tulisan Slili Beach.

3. Wisata bawah laut dengan snorkeling

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Pantai Slili adalah melakukan kegiatan snorkeling. Pantai Slili memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat sayang untuk kamu lewati. Hanya dengan membayar lima puluh ribu rupiah, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dan menyelami alam bawah laut Pantai Slili yang sangat indah.

Kamu juga tidak perlu khawatir jika kamu baru pertama kali melakukan snorkeling dan tidak terlalu pandai berenang. Di Pantai Slili akan ada pemandu yang menemani kamu sekaligus juga mengambilkan foto saat kamu melakukan snorkeling. Seru sekali kan!

4. Bermain dengan udang dan berwisata kuliner

Kawasan Pantai Slili merupakan daerah yang dikenal sebagai daerah penghasil udang. Maka, jangan heran kalau disini kamu bisa dengan mudah menemukan udang-udang yang mungkin terselip di sela-sela karang dan bebatuan. Terlebih jika kamu mendatangi objek wisata ini pada musim kemarau. Kamu bisa membantu para warga sekitar untuk menangkap udang-udang ini.

Baca Rekomendasi :   Inilah 5 Rekomendasi Tempat di Bandung yang Cocok untuk Ngabuburit

Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai sajian kuliner di warung-warung makan yang berderet di gazebo-gazebo di pinggir pantai. Selain menu udang, masih banyak lagi menu menu kuliner khas sajian laut lainnya yang pastinya menggugah selera kamu dengan cita rasanya yang luar biasa.

Itulah beberapa kegiatan  seru dan menyenangkan  yang bisa kamu lakukan di Pantai Slili dan menjadi daya tarik pantai ini. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi pantai ini, kamu bisa mengunjunginya dari berbagai arah. Jika dari daerah Yogyakarta, kamu hanya perlu menuju ke arah Wonosari dan menempuh perjalanan sekitar dua jam.

Sementara kamu yang datang dari Solo bisa menuju ke arah Wonogiri menuju Praci. Cukup dengan sepuluh ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapat tiket masuk menuju Pantai.  Jadi, tunggu apalagi. Segera rencanakan liburanmu ke Pantai Slili yang indah dan menenangkan ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page