7 Kuliner Khas Medan yang Tak Boleh Dilewatkan

Banyak bukan, pilihan kuliner lezat di Medan? Jangan lupa pastikan tempat makan yang kamu datangi memiliki tanda halal ya.

Kuliner Khas Medan
0 75

Medan, ibukota Sumatera Utara merupakan salah satu kota tujuan wisata populer. Kota terbesar di Pulau Sumatera ini memiliki tempat-tempat menarik dan kuliner yang lezat. Ketika berkunjung ke Medan, jangan hanya makan makanan cepat saji, cobalah kuliner khas yang bisa didapatkan dengan mudah di seluruh penjuru kota berikut ini.

1. Lontong Medan

Kuliner lontong medan merupakan santapan tepat untuk sarapan. Seporsi lontong medan berisi lontong, mie, bumbu kacang, tauco, sambal teri, dan kuah sayur. Dilengkapi dengan kerupuk merah putih yang renyah. Sebagai tambahan Anda bisa memilih telur atau perkedel. Harga satu porsi lontong medan umumnya dibanderol Rp13.000 saja.

2. Mie Gomak

Makanan asal Balige ini cukup populer di Medan. Bentuk mie istimewa karena ukurannya yang besar. Selain disantap dalam bentuk mie goreng, mie gomak, atau mie lidi juga dapat disajikan bersama kuah lontong sayur atau bumbu kacang.

Baca Rekomendasi :   Nikmat dan Kaya Rasa, Mana Lauk Nasi Padang Favoritmu?

Mie ini berbeda dari mie telur karena bentuknya lebih tebal dan teksturnya kenyal. Ukurannya juga lebih panjang. Kuliner ini bisa dengan mudah didapatkan di pasar tradisional, warung makan, atau restoran di Medan.

3. Soto Medan

Soto medan mempunyai ciri khas berupa kuah santan yang warnanya kuning kehijauan. Isi soto bervariasi seperti ayam, daging sapi, atau udang. Pelengkap hidangan soto medan biasanya ialah perkedel kentang atau rempeyek udang.

4. Kari Bihun

Kari bihun merupakan kuliner yang dibumbui dengan beragam rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan aroma menggugah selera. Di dalamnya terdapat bumbu kari yang meresap hingga ke dalam daging dan bihunnya. Salah satu restoran yang menyediakan menu ini ialah Restoran Tabona di Jalan Mangkubumi, Kota Medan

Kari bihun bisa dinikmati sebagai menu sarapan. Di dalam seporsi kari bihun, terdapat bihun dan kuah kari kental ditambah topping daging ayam atau sapi. Ditambah potongan cabai dan bihun merah kari bihun nikmatnya semakin menggoda.

Baca Rekomendasi :   Kuliner di Jogja, 5 Mie Ayam Enak Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

5. Bihun Bebek

Satu lagi kuliner di Medan yang menggunakan bahan utama bihun yaitu bihun bebek. Sesuai namanya, hidangan ini menggunakan topping berupa irisan daging bebek dimasak dengan rempah-rempah hingga menjadi empuk dan gurih. Bihun dengan kaldu dan irisan daging bebek bisa Anda coba di rumah makan Bihun Bebek Asie yang menyajikan menu bihun bebek halal. Tempat kuliner legendaris di Jalan Kumangi ini menyajikan bihun bebek dengan harga seporsi Rp60.000.

6. Mie Sop

Mie sop Medan memiliki ciri khas kuah kaldu yang segar dengan isian melimpah yaitu mie kuning, bihun, tahu, dan suwiran ayam. Sebagai pelengkap, biasanya disediakan hati ampela, sate, kerupuk mie, keripik, dan sambal. Salah satu warung mie sop yang legendaris di Medan ialah Mie Sop Bu Tuti yang berdiri sejak tahun 1983. Harga seporsi mie sop di Jalan Karya Bersama Gang I ini dibanderol Rp13.000.

Baca Rekomendasi :   Kue Khas Aceh, Camilan Manis yang Enak Disantap di Sore Hari

7. Martabak Piring

Selain hidangan makanan berat, jangan lewatkan jajanan khas Medan yaitu martabak piring. Adonan martabak tidak berbeda dengan martabak manis pada umumnya yang terdiri dari tepung terigu, telur, mentega, gula, dan garam. Bedanya, jajanan ini dicetak menggunakan piring.

Tersedia pilihan martabak yang tebal dan tipis. Varian rasanya juga beragam seperti, cokelat, kacang, keju, dan cokelat kacang. Penjual martabak piring sangat mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan ketika sore hingga malam hari.

Banyak bukan, pilihan kuliner lezat di Medan? Jangan lupa pastikan tempat makan yang kamu datangi memiliki tanda halal ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page