Khusus Pengguna Earphone; Perhatikan Cara Menggunakannya Agar Nyaman Dipakai dan Aman Bagi Telinga

Pakai Earphone dengan Benar

Penggunaan ear phone
0 48

Menggunakan earphone untuk mendengarkan musik dari smartphone atau perangkat pemutar musik memang sangat menyenangkan. Earphone dan musik dapat menjadi solusi penghilang bosan ketika di perjalanan, ketika olahraga, atau saat merasa jenuh bekerja di kantor. Namun, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan agar aman dan nyaman memakai earphone.

1. Pakai Earphone dengan Benar

Perhatikan waktu pemakaian earphone. Maksimal mendengarkan earphone adalah 60 menit per hari dengan volume 60 persen dari volume maksimal. Terlalu lama mendengarkan dengan earphone dapat merusak telinga. Bila memungkinkan, jika mendengarkan  musik ketika berada di rumah atau mengendarai mobil, sebaiknya beralih ke speaker.  Selain itu, ketika tidur sebaiknya lepaskan earphone dari telinga agar otak dapat beristirahat dengan maksimal.

2. Jaga Kebersihan Earphone

Bersihkan earphone secara teratur untuk mencegah berkembangnya kuman pada benda tersebut. Cara membersihkan earphone yaitu, lepaskan silikonnya kemudian rendam dengan air hangat dan sabun. Setelah karet silikon dicabut, arahkan bagian dalam earphone ke bawah, kemudian sikat perlahan menggunakan sikat gigi.

Baca Rekomendasi :   5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menunggu Buka Puasa, Dapat Pahala Pula

Sesudah itu, bersihkan dengan cotton buds yang sudah diberi sedikit alkohol untuk mensterilkan permukaan earphone, lalu keringkan dengan lap atau tissue. Untuk bagian kabel, basahi kapas dengan sedikit alkohol, lalu gunakan untuk mengelap permukaan kabel.

3. Pilih Earphone yang Tepat

Kenali ukuran eartip yang sesuai untuk telingamu sebelum membeli earphone. Eartip yang terbuat dari silikon mempunyai berbagai ukuran yang berbeda. Pilihlah yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil agar tidak mudah lepas ketika dipakai.

Tak hanya itu, perhatikan juga ujung colokannya. Earphone dengan ujung colokan berbentuk L lebih awet dibandingkan colokan lurus karena bentuk L lebih kencang dan tidak mudah lepas ketika dipasangkan.

Baca Rekomendasi :   Tipe Sahabat Cowok Yang Asik Banget, Sahabat Cowokmu Termasuk yang Mana?

4. Pasang Eartip dengan Benar

Agar suara yang keluar dari earphone maksimal, eartip harus menutup lubang telinga sepenuhnya. Menempelkan eartip begitu saja akan membuatnya mudah lepas dan suara tidak terdengar jelas. Tarik eartip perlahan agar ujungnya dapat masuk dengan benar. Jika kamu masih dapat mendengar suara dari luar dengan jelas berarti cara memasang eartip belum tepat.

5. Pasang dengan Posisi yang Nyaman

Memakai earphone sambil berolahraga akan membuat kabelnya tertarik dan eartip longgar. Cobalah pasang dengan posisi kabel earphone berada di belakang kepala, lalu masukkan earphone pada sisi yang benar, yang bertanda “L” di kiri dan “R” di sisi kanan.

6. Gunakan Stabilizer

Stabilizer earphone biasanya tersedia dalam paket pembelian. Benda ini terbuat dari plastik berbentuk melingkar untuk dipasang pada daun telinga. Dengan menggunakan stabilizer eartip tidak bergoyang ketika kamu bergerak.

Baca Rekomendasi :   3 Minuman Ini Pas Bangat Untuk Berbuka Puasa, Segar dan Enak Pula

7.  Merawat Earphone Agar Tahan Lama

Earphone yang kamu miliki harus dijaga agar tidak cepat rusak, apalagi jika harganya cukup mahal. Perhatikan cara menggulung kabel agar tidak mudah putus karena kusut. Gulung kabel membentuk angka delapan menggunakan jari kelingking dan ibu jari, kemudian simpan dalam wadah khusus agar gulungannya tidak berantakan.

Hindari menggunakan earphone dengan suara maksimal agar komponen di dalamnya tidak rusak. Jauhkan earphone dari cairan atau segera selamatkan ketika terkena tumpahan cairan supaya komponen di dalamnya tidak mengalami arus pendek. Selain itu, jangan biarkan earphone terbentur, sebab komponen kecil di dalamnya mudah terlepas dan earphone jadi cepat rusak.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page