Nikmat dan Kaya Rasa, Mana Lauk Nasi Padang Favoritmu?

Kamu kalo makan nasi padang, lebih suka mana? Rendang, Ayam Pop, Tunjang Atau Gulai cincang?

Nasi Padang via https://blogunik.com/menu-makanan-yang-paling-populer-dikalangan-anak-kost/
0 45

Nasi padang merupakan kuliner andalan yang mudah didapat di seluruh Indonesia. Hidangan satu ini bisa jadi solusi ketika kamu bingung memilih menu makan siang karena nasi padang memiliki lauk yang beragam.

Lauk nasi padang mempunyai ciri khas rasa yang lezat dari bumbu dan rempah-rempah serta kuah santan yang berminyak. Selain nikmat, rempah-rempah dalam masakan padang memiliki manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara saluran pencernaan.

Berikut pilihan lauk untuk melengkapi nasi di rumah makan padang favoritmu.

1. Rendang

Rendang sudah pasti jadi pilihan utama ketika makan nasi padang. Terbuat dari daging sapi pilihan, rendang yang dibumbui berbagai macam rempah dan dimasak dengan santan rasanya sangat nikmat. Proses memasak rendang cukup lama yaitu hingga sekitar 8 jam, hasilnya rendang kering pun dapat bertahan berbulan-bulan. Selain rendang daging, di rumah makan padang biasanya juga tersedia rendang paru atau jengkol.

Baca Rekomendasi :   8 Kuliner Khas Banjarmasin yang Kaya Rempah, Nikmatnya Kebangatan

2. Ayam Bakar

Ayam bakar khas padang dibakar dengan arang dan batok kelapa sehingga rasanya lebih nikmat. Ayam dimasak dengan bumbu dan santan terlebih dahulu sambil diaduk hingga matang sebelum dibakar. Bumbu rempah-rempah di dalam ayam bakar padang sangat komplet sehingga rasanya menjadi enak dan konsisten.

3. Dendeng Batokok

Bagi penyuka daging sapi, masih ada pilihan lain selain rendang yaitu dendeng batokok. Lauk ini berupa daging tipis yang digoreng kering dengan bumbu sambal cabai merah. Berbeda dengan dendeng lainnya, dendeng batokok dipukul-pukul sebelum dicampur bumbu. Seperti rendang kering, lauk ini juga tahan lama.

4. Gulai Cincang

Gulai cincang dibuat dari bahan daging sapi yang kenyal dan berlemak. Kuahnya yang terlihat kental sangat nikmat disantap bersama nasi hangat, daun singkong rebus, sayur nangka, dan sambal hijau. Lebih meriah lagi dengan tambahan kerupuk kulit, rempeyek udang, atau bakwan jagung, makan siangmu pasti jadi lebih seru.

Baca Rekomendasi :   6 Kuliner Khas Lombok yang Harus Kamu Coba, Ada di Warung Legendaris Berusia 20 Tahun Lebih

5. Tunjang

Gulai tunjang atau gulai kikil sapi yang kenyal adalah salah satu lauk favorit nasi padang yang cocok untuk penyuka makanan berkuah. Menyantap sepiring nasi hangat berlauk gulai tunjang paling cocok pakai tangan agar kamu bisa melepaskan kikil dari tulangnya. Santan kental dengan bumbu lengkap membuat rasanya berpadu antara gurih, pedas, dan berlemak.

Tips Makan Nasi Padang Buat Kamu yang Sedang Diet

Nasi padang memang nikmat, tetapi buat kamu yang sedang diet, mungkin agak khawatir menikmati makanan ini karena lemak dan kalorinya cukup tinggi. Diet bukan berarti kamu dilarang makan enak seperti seporsi nasi padang. Hanya saja kalori tinggi dari santan dan lauk berlemak harus dikendalikan.

Baca Rekomendasi :   Kue Khas Aceh, Camilan Manis yang Enak Disantap di Sore Hari

Menurut Kemal Mochtar, presenter yang berhasil menurunkan berat badan hingga 56 kg, seperti dilansir dari DetikFood, tidak masalah menyantap menu apa saja, asalkan porsinya dibatasi.

Untuk menikmati nasi padang tanpa khawatir timbangan naik, pilihlah lauk yang rendah kalori misalnya ayam bakar dan sayur. Pilih sayur yang direbus saja seperti daun singkong, sedangkan kuahnya siramkan ke nasi.

Nah, kalau kamu memilih rendang, maka tidak perlu menambah lauk lain. Jangan padukan dengan gulai otak, gulai tunjang, atau cincang, agar makanan yang kamu santap tidak terlalu tinggi kalori. Sementara itu, nasi putih tidak perlu diganti dengan nasi merah, tetapi cukup kurangi porsinya. Perhatikan juga pola makan kamu pada hari itu. Jika makan siang dengan nasi padang, maka malam harinya kamu cukup makan sayur atau buah-buahan saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page