6 Kuliner Khas Lombok yang Harus Kamu Coba, Ada di Warung Legendaris Berusia 20 Tahun Lebih

Hidangan ini jadi lebih sempurna jika kamu mencobanya di tempat kuliner legendaris berusia lebih dari 20 tahun yang sudah terjamin rasa dan kualitasnya.

Kuliner lombok VIA https://enaknyakemana.com/jelajah-kuliner-lombok-super-pedas/
0 203

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat menyimpan aneka kuliner legendaris yang khas. Rasanya unik karena bumbu-bumbu dan cara pengolahannya yang berbeda dari daerah lain. Hidangan ini jadi lebih sempurna jika kamu mencobanya di tempat kuliner legendaris berusia lebih dari 20 tahun yang sudah terjamin rasa dan kualitasnya.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Sate Bulayak

Salah satu sate khas Lombok adalah sate bulayak, sate daging sapi yang diolah dengan bumbu khas Lombok. Sate disajikan bersama lontong atau dalam bahasa setempat disebut bulayak. Sate ini disiram bumbu dan disajikan bersama bulayak yang dibungkus dengan daun aren.

Bumbunya sendiri dibuat dari kacang tanah yang disangrai kemudian ditumbuk lalu direbus bersama santan dan bumbu hingga teksturnya encer dengan rasa seperti kari. Satu porsi sate bulayak berisi 10 tusuk sate dan lontong dijual dengan harga Rp20.000. Kamu bisa mendapatkan sate ini di warung  Sate Bulayak Suranadi yang berdiri sejak tahun 1990 di Jalan Suranadi, Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Baca Rekomendasi :   Kumpulan Menu Takjil Murah dan Enak Untuk Berbuka Puasa

2. Ayam Taliwang

Ayam taliwang merupakan hidangan yang wajib dicoba ketika menginjakkan kaki di Lombok. Di warung Ayam Taliwang Irama yang berdiri sejak tahun 1973, kamu bisa menyantap ayam taliwang nikmat yang gurih dan pedas. Harga seporsi ayam taliwang di sini yaitu Rp50.000-an. Melengkapi hidangan ayam taliwang, cocok sekali jika kamu memesan beberuk terong dan plecing kangkung. Warung ini berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani 10 Cakranegara, Lombok.

3. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung ialah nasi berlauk lengkap seperti kedelai goreng, ayam suwir, tumis buncis, kentang kriuk, ayam goreng, abon sapi, dan sambal. Konon, kuliner ini dinamakan nasi balap karena penyiapannya yang sangat cepat.

Hidangan ini mudah didapatkan di pinggir-pinggir jalan. Akan tetapi, jika kamu ingin menikmatinya di tempat makan paling legendaris datang saja ke Warung Nasi Balap Puyung Inaq Esun di Jalan Raya Puyung, Jonggat, Lombok Tengah, NTB.

Baca Rekomendasi :   5 Kuliner Baru di Malang yang Bikin Kamu Betah Lama-lama di Kota Ini

Di warung yang berdiri sejak tahun 1970-an ini, nasi disajikan di atas alas daun kelapa dengan harga seporsinya Rp18.000. Jika ingin tambah lauk telur asin, harganya menjadi Rp23.000.

4. Bebalung

Bebalung merupakan sop tulang khas lombok berisi daging tulang iga sapi atau kerbau. Selain disajikan dalam acara-acara pesta, berbalung kini mudah ditemukan di warung-warung makan di Lombok.

Kuah sop berbalung istimewa karena dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, lengkuas, kunyit, dan jahe. Rasa kuah yang pedas dan segar sangat sesuai untuk menghangatkan tubuh. Dengan merogoh kocek sebesar Rp25.000, kamu bisa menikmati seporsi bebalung di Depot Kelebet, Jalan Hos Cokroaminoto No.10, Selaparang, Kota Mataram.

5. Sate Sumsum Tulang

Jalan-jalan di Mataram, jangan lewatkan warung makan yang menghidangkan sate sumsum tulang. Sate sumsum tulang dibuat dari daging sumsum tulang belakang sapi yang direbus dengan rempah-rempah, ditusuk, dipanggang, dan disajikan bersama bumbu pedas manis. Sate ini bisa kamu dapatkan di Restoran Dua Em Bersaudara di Jalan Transmigrasi No. 99, Mataram, Lombok seharga Rp20.000 per porsi.

Baca Rekomendasi :   Ayam Betutu, Kuliner Legendaris Bali yang Mendunia

6. Sate Tanjung

Rasa sate ikan tanjung yang unik ini dipadu dengan daging ikan yang empuk dan tebal membuat kuliner satu ini selalu diburu. Rasanya gurih dan pedas tanpa tambahan bumbu siram atau cocolan. Proses pembuatannya pun cepat, daging ikan segar direndam dengan bumbu halus, setelah meresap ditusuk dan dilumuri lagi dengan bumbu lalu dibakar.

Sate tanjung mudah didapat di sepanjang jalan Tanjung, Lombok Utara, NTB. Harganya pun murah, satu tusuk dijual hanya Rp1.000.

Beberapa kuliner khas Lombok seperti ayam taliwang sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia. Namun, lebih mantap jika menyantap langsung di daerah asalnya bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page