5 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Drini, Cocok Untuk Jomblo

Jomblo juga bisa mencari pasangan di Pantai Drini, karena banyak pengunjung yang mempesona

Pantai drini Yogyakarta via instagram.com @wisatadiyogyakarta
0 151

Kawasan Gunungkidul Yogyakarta telah dikenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Di kawasan tersebut kamu bisa menemukan objek objek wisata pantai dengan keindahan dan pesonanya masing-masing, salah satunya adalah Pantai Drini. Pantai Drini berada di Desa Banjarejo Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul  Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh jarak sekitar 60 kilometer yang bisa kamu lalui dengan sekitar dua jam perjalanan.

Lokasinya di daerah yang cukup terpencil dan belum banyaknya wisatawan yang datang mengunjungi Pantai Drini membuat pantai ini memiliki sebutan pantai perawan dari para warga sekitar. Penyebutan pantai perawan ini juga merujuk pada kondisi Pantai Drini yang bersih dengan airnya yang jernih dan udara yang sejuk. Untuk memasuki objek wisata Pantai Drini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga 10 rupiah saja.

Menikmati Pesona Pantai Drini

Pantai Drini adalah salah satu pantai yang langsung menghadap ke Samudera Hindia dengan lereng pantai yang cenderung curam sekitar 10 derajat. Kawasan di sekitar Pantai Drini banyak didominasi dengan batuan batuan karst  yang sangat eksotik yang berasal dari Gunung Sewu. Di pantai ini, kamu bisa menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan pantai yang bersih dan jernih dari atas ketinggian tebing serta melakukan beberapa kegiatan seru lainnya.

Pantai drini Yogyakarta
Pantai drini Yogyakarta via instagram.com @wisatadiyogyakarta

1. Snorkeling

Pantai Drini cukup dikenal sebagai lokasi salah satu lokasi terbaik untuk melakukan snorkeling yang ada di kawasan Gunungkidul. Di pantai ini kamu bisa melihat sebuah pulau karang yang membagi Pantai Drini menjadi dua bagian. Sisi bagian barat digunakan sebagai dermaga dan tempat pelelangan ikan untuk para nelayan dan warga sekitar.

Sementara sisi bagian timur merupakan sebuah laguna yang sangat indah dengan kedalamannya sekitar satu setengah meter dengan ombak yang tenang. Perpaduan laguna yang tidak terlalu dalam dengan ombak yang tenang ini menjadi spot yang menarik untuk melakukan aktivitas snorkeling. Di sini kamu bisa melihat keindahan alam bawah laut Pantai Drini dengan terumbu karang dan aneka biota lautnya yang mempesona.

2. Memancing

Tidak sedikit para wisatawan yang memanfaatkan lokasi Pantai Drini untuk melakukan aktivitas memancing. Bahkan anak-anak juga bisa ikut memancing dan menangkap ikan menggunakan jaring di area pantai ini. Kamu juga tidak perlu khawatir jika lupa membawa peralatan pancing, di sekitar Pantai Drini kamu bisa menemukan banyak penyewaan alat pancing dan jaring yang bisa kamu sewa hanya dengan harga sekitar dua puluh ribu rupiah saja.

3. Bermain kano

Kegiatan seru lainnya yang bisa lakukan di Pantai Drini adalah bermain kano. Kamu bisa melakukan wisata kano ini berdua dengan pasangan kamu untuk menelusuri sisi romantis dari Pantai Drini disertai hembusan angin yang bertiup semilir.

Kamu juga tidak perlu takut dengan keamanan untuk bermain kano ini, karena kamu akan mendapat fasilitas life jacket yang akan membuat perjalanan kanomu lebih aman dan nyaman. Untuk bermain kano, kamu bisa menyewa kano dan peralatannya di Pantai Drini dengan harga sekitar 30 ribu hingga 100 ribu rupiah saja.

4. Puncak Kosakora

Ada satu tempat lagi di kawasan Pantai Drini yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Puncak Kosakora. Untuk menuju Puncak Kosakora, kamu hanya perlu membayar tiket seharga dua ribu hingga lima ribu rupiah. Perjalanan menuju Puncak Kosakora memang cukup melelahkan, namun pemandangan yang akan kamu dapatkan di atas sangat menakjubkan. Karena letaknya yang berada sekitar 50 mdpl, kamu bisa melihat berbagai pemandangan alam Gunungkidul sekaligus, pemandangan Pantai Drini, Pantai Kukup, hingga mercusuar Pantai Baron.

Ketika pagi hari, di puncak ini kamu bisa melihat keindahan golden sunrise yang muncul dari bawah pantai disertai kabut tipis yang tercipta di Puncak Kosakora. Untuk kamu yang gemar berkemah, kamu juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di Puncak Kosakora ini.

5. Wisata kuliner

Setelah mencoba berbagai kegiatan seru di Pantai Drini, belum lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi berbagai sajian kuliner khas laut yang menggugah selera. Di sini, kamu bisa menemukan banyak warung makan yang mengolah berbagai ikan segar hasil tangkapan para nelayan sekitar.

Menu menu ikan laut  yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah ikan nila, gurame, cumi, kerapu, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memilih sendiri ikan yang ingin kamu nikmati dari tempat pelelangan ikan yang ada di kawasan Pantai Drini. Jangan lupa untuk melengkapi santapan lezat kamu dengan es kelapa mudah yang langsung dipetik dari pohonnya.

Itulah beberapa pesona dan keindahan Pantai Drini dengan lautnya yang jernih dan pantainya yang bersih.  Jangan lupa juga untuk mengambil foto saat melakukan berbagai kegiatan seru tadi untuk kamu unggah ke sosial media ya. Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi Pantai Drini, segera rencanakan liburanmu ke Pantai Drini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page