Kebun Buah Mangunan, Destinasi wisata Cantik di Atas Awan

  • Bagikan
Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan via instagram.com @masmeya

Yogyakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki aneka ragam keindahan alam. Hampir semua destinasi wisatanya memiliki ciri khas keindahan alam yang tidak dimiliki oleh kota lain. Oleh karena itu, tidak heran jika Kota Gudeg yang satu ini menjadi destinasi wisata para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di tengah-tengah panasnya Yogyakarta, objek wisata Kebun Buah Mangunan menjadi penyejuk sekaligus pemanis bagi para wisatawan. Objek wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat memesona dan memanjakan mata. Suasananya tentu tidak diragukan lagi. Selain sejuk, suasananya pun cukup tenang, sehingga cukup untuk menyegarkan pikiran.

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan atau Negeri di atas awan merupakan salah satu objek wisata yang terletak di ketinggian lebih dari 200 mdpl. Objek wisata yang satu ini memiliki ciri khas pemandangan kabut yang terbentuk persis di depan mata, sehingga penampakannya sangatlah indah. Keindahan tersebut dilengkapi dengan keberadaan gunung yang terlihat seperti wadah saat matahari mulai muncul.

Kebun Buah Mangunan didirikan pada tahun 2003 silam dengan tanah seluas 23 hektar. Tanah ini kemudian ditanami dengan berbagai macam pohon seperti rambutan, jeruk, mangga, manggis, durian, dan masih banyak lagi. Selain pohon buah-buahan, tanah ini juga ditanami dengan pohon-pohon pemanis suasana seperti pohon pinus dan pohon jati yang tumbuh menjulang tinggi. Menariknya, disana akan ada petugas yang memberikan penjelasan mengenai setiap pohon yang bisa menambah wawasan kamu.

Baca Rekomendasi :   Watu Goyang, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta

Untuk melihat Kota Bantul dari ketinggian, kamu bisa mencoba fasilitas yang disediakan oleh objek wisata ini, yaitu gardu panjang yang membentang cukup panjang. Di atas gardu ini, kamu akan melihat berbagai keunikan kota Bantul, baik siang maupun malam hari. Jika ingin melihat suasana Bantul dengan kerlap kerlip lampu, datanglah pada malam hari.

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Untuk menunjang aktivitas berlibur di Kebun Buah Mangunan, pengelola objek wisata disini menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut, diantaranya gazebo, gedung pertemuan, penginapan, toilet, tempat parkir, lahan berkemah, lahan memancing, arena flying fox, jembatan gantung, kedai makanan, dan masih banyak lagi.

1. Gazebo

Gazebo merupakan salah satu fasilitas yang banyak digunakan oleh wisatawan untuk nongkrong dan beristirahat. Tempat ini tentu saja sangat cocok jika digunakan bersama dengan teman maupun keluarga tercinta sambil menikmati keindahan alam di sekitar Kebun Buah Mangunan.

Baca Rekomendasi :   Puncak Becici Bantul, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta

2. Gedung serbaguna

Selain Gazebo, disini juga kamu bisa menemukan dua gedung pertemuan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Biasanya, gedung ini banyak disewa untuk mengadakan pertemuan penting atau acara-acara formal lainnya, seperti pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya. Gedung ini dipatok dengan harga yang cukup terjangkau dengan kapasitas 100 dan 300 orang.

3. Penginapan

Agar bisa menikmati Kebun Buah Mangunan lebih lama dan leluasa, kamu bisa menyewa penginapan disini yang dikhususkan untuk para wisatawan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati sunset menjelang malam ditemani dengan secangkir kopi dan jagung bakar yang bisa menghangatkan tubuh.

4. Camping ground

Selain penginapan, kamu juga bisa memanfaatkan lahan yang dikhususkan untuk camping dengan biaya Rp. 5000 saja. Aktivitas yang satu ini tentu akan lebih menyenangkan jika dihabiskan bersama teman-teman. Anda bisa menikmati suasana di sekitar Kebun Buah Mangunan sambil menyanyikan lagu diiringi suara gitar yang nyaring.

5. Pemancingan

Menariknya, di tempat ini juga kamu bisa melakukan aktivitas memancing. Agar tidak mengeluarkan biaya sewa alat pancingan, kamu bisa membawanya sendiri dari rumah. Aktivitas ini tentu sangat cocok jika dilakukan dengan keluarga tercinta untuk menghabiskan quality time bersama.

Baca Rekomendasi :   Inilah Pemandangan Eksotis yang Cuman Bisa Kamu Lihat di Pantai Indrayanti

6. Wahana outbond

Selain itu, kamu juga sekaligus memacu adrenalin di tempat ini. Disini, kamu bisa menikmati jembatan goyang sepanjang 100 meter yang berada di atas sungai opak. Sebaiknya, kamu berhati-hati saat menyusuri jembatan ini karena jembatannya akan bergoyang apalagi saat diterpa oleh angin yang cukup kencang. Selain jembatan, kamu juga bisa menikmati flying fox yang sangat menegangkan.

Rute dan Lokasi Kebun Buah Mangunan

Objek wisata yang satu ini terletak di kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk bisa sampai di sini, kamu bisa mengikuti rute dari terminal Giwangan yang mengarah ke Jalan Imogiri Timur. Jika sudah sampai di dekat sebuah lapangan besar, kamu bisa berjalan sejauh 500 meter kemudian belok kanan untuk sampai di objek wisata Kebun Buah Mangunan. Jangan khawatir, akan ada petunjuk jalan yang tidak akan membuat kamu tersesat.

Itulah sekilas informasi mengenai objek wisata Kebun Buah Mangunan. Ajak keluarga serta teman-teman terdekat kamu untuk menikmati keindahan Kebun Buah Mangunan, mulai dari sunset, sunrise, pepohonan yang tinggi, dan masih banyak lagi.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page