Bukit Panguk Kediwung, Objek Wisata Sejuk di Yogyakarta

Objek wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan sunrise dari ketinggian

Bukit Panguk Kediwung via instagram.com @dprasticaaa
0 139

Bantul dikenal dengan kawasan yang sejuk dan segar di tengah panasnya cuaca Yogyakarta. Oleh karena itu, sebagian kawasannya dijadikan sebagai objek wisata yang bisa dinikmati oleh setiap wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu objek wisata yang didirikan di Kecamatan Dlingo, Bantul, yaitu Bukit Panguk Kediwung.

Lokasi objek wisata yang satu ini tidak terletak jauh dari Kebun Buah Mangunan yang lebih dulu berdiri. Bukit Panguk Kediwung didirikan oleh masyarakat setempat pada tahun 2016 lalu. Karena tergolong baru, objek wisata yang satu ini belum begitu dikenal oleh wisatawan meskipun lokasinya cukup berdekatan dengan objek wisata lain seperti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus.

Daya Tarik Bukit Panguk Kediwung    

Bukit Panguk Kediwung memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Objek wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan sunrise dari ketinggian. Sunrise tersebut akan terlihat sangat jelas jika dilihat dari Bukit Panguk Kediwung karena posisinya yang menghadap ke arah ufuk timur. Waktu terbaik untuk melihat matahari terbit, yaitu sekitar pukul 05.00 pagi, dan waktu terbaik untuk mengunjunginya, yaitu saat musim kemarau.

Panorama matahari terbit serta gumpalan kabut yang seperti awan merupakan ciri khas dari Bukit Panguk Kediwung. Gumpalan kabut yang ada di puncak bukit tersebut menyerupai gumpalan awan, yang mana wisatawan akan merasa seperti ada di atas awan saat mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Baca Rekomendasi :   5 Fakta Menarik Pantai Krakal, Pantai Primadona di Gunung Kidul Yogyakarta

Selain panorama kabut dan juga fenomena matahari terbit, kamu juga bisa menikmati berbagai spot cantik yang bisa dijadikan objek atau latar belakang pengambilan gambar. Di objek wisata ini, ada kurang lebih lima spot foto yang bisa digunakan. Sebagian spot foto tersebut ada yang berbayar, sehingga kamu harus membayar pada petugas sesaat setelah selesai mengambil gambar. Semua spot foto yang ada di sini menghadap ke tebing dengan sungai yang membentang panjang di bawahnya.

Spot foto yang disediakan di Bukit Panguk Kediwung berbeda dengan spot-spot foto yang ada di objek wisata alam lainnya. Spot foto tersebut terbilang cukup anti-mainstream. Oleh karena itu, jika kamu bosan dengan spot-spot foto umum yang biasa ada di objek wisata alam, sebaiknya kunjungi Bukit Panguk Kediwung bersama, teman, sahabat, maupun keluarga. Adapun spot cantik yang bisa digunakan, yaitu istana langit, perahu kertas, kupu-kupu, dan masih banyak lagi.

Selain mengambil foto dan menikmati suasana di Bukit Panguk Kediwung, kamu juga bisa mencicipi makanan khas masyarakat Dlingo yang bisa dibeli di sekitar objek wisata ini. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir perut keroncongan saat menikmati sunset di Bukit Panguk Kediwung.

Baca Rekomendasi :   5 Fakta Menarik Pantai Wedi Ombo Yogyakarta, Gandeng Kekasihmu Kesana

Jika berencana untuk mengunjungi Bukit Panguk Kediwung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, khususnya saat akan mengunjungi di waktu sunrise. Pertama, kamu harus menyiapkan fisik sebaik mungkin. Menelusuri bukit bukanlah perkara yang mudah, sehingga kamu harus memiliki tenaga yang ekstra. Selain itu, gunakan juga baju tebal atau jaket saat berkunjung kesini karena cuacanya yang terbilang sangat dingin di pagi hari.

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung bertempat di Dusun Kediwung, Kelurahan MAngunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta 55783. Lokasi objek wisata yang satu ini tidak terlalu jauh dari Kebun Buah Mangunan, yaitu sekitar 5,2 km atau selama 14 menit waktu perjalanan jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Kondisi jalan menuju Bukit Panguk Kediwung terbilang cukup baik. Jalannya sudah diaspal, sehingga wisatawan bisa dengan nyaman menelusuri jalan menuju Bukit Panguk Kediwung. Hingga saat ini, akses menuju objek wisata yang satu ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Bus dan mobil-mobil besar lainnya belum bisa mengakses jalan menuju Bukit Panguk Kediwung.

Baca Rekomendasi :   9 Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta, Bikan Gak Mau Pulang

Harga Tiket dan Parkir Bukit Panguk Kediwung

Untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini, kamu tidak perlu menabung berhari-hari lamanya. Harga tiket masuk untuk Bukit Panguk Kediwung hanya dipatok sebesar Rp. 2500 saja per orangnya. Harga ini tentu saja sangat terjangkau bagi semua kalangan, sehingga sangat cocok untuk membawa keluarga maupun teman-teman untuk berlibur ke tempat ini.

Untuk biaya parkirnya, kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000, dan kendaraan roda dua akan dikenakan biaya Rp. 2000 saja. Harga ini tentu masih murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Untuk biaya spot foto berbayar, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 3000 rupiah saja per orang untuk satu spot. Setiap spot diberi batasan jumlah orang, yaitu sebanyak tiga orang saja.

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung

Untuk menunjang berbagai aktivitas di Bukit Panguk Kediwung, pihak pengelola menyediakan berbagai macam fasilitas bagi wisatawan, yaitu spot foto anti mainstream, mushola, toilet, lahan parkir, kedai makanan, penjualan souvenir, dan masih banyak lagi.

Itulah sekilas mengenai Bukit Panguk Kediwung. Rasakan sensasi berlibur di alam terbuka dengan pemandangan cantik yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page