7 Kuliner Makasar Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan, Bikin Nagih Daeng!

Daeng, kalo kamu sedang ke Makasar, jangan lupa untuk menyantap kulinernya yang punya cita rasa tinggi.

Kuliner Khas Makassar via http://tehsusu.com/the-delicious-makassar/
0 186

Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan punya kuliner-kuliner enak yang jarang dijumpai di daerah lain. Kuliner di kota ini didominasi oleh hidangan berbahan dasar daging yang dimasak dengan rempah-rempah lengkap sehingga rasa dan aromanya begitu khas. Selain itu, masih ada jajanan dan minuman tradisionalnya juga lho. Jika jalan-jalan di Makassar, inilah rekomendasi kuliner untuk kamu coba.

1. Pisang Epe

Pisang epe dibuat dari pisang kepok yang dibakar dan dijepit hingga bentuknya pipih. Setelah itu, pisang disajikan dengan gula merah cair. Pedagang pisang epe biasanya juga menyediakan pilihan topping seperti keju dan cokelat. Di sekitar Pantai Losari, kamu bisa mendapatkan makanan ini sejak sore hingga menjelang pagi. Harganya cukup terjangkau yaitu mulai Rp10.000 hingga Rp18.000.

2. Jalangkote

Dari bentuknya jajanan satu ini mirip dengan pastel, tetapi di Makassar disebut jalangkote. Dibandingkan pastel, bentuknya lebih besar dengan kulit lebih tipis dan kering. Isinya juga lebih banyak daripada pastel, yaitu wortel, kentang, telur, taoge, bawang putih, dan bawang merah. Cara menyantap jajanan ini cukup unik yaitu dicocol dengan sambal dari cuka dan cabai. Satu buah jalangkote umumnya dijual seharga Rp7.500 per buah.

Baca Rekomendasi :   Kue Khas Aceh, Camilan Manis yang Enak Disantap di Sore Hari

3. Pallubasa

Ingin menyantap menu makanan berat di Makassar, cobalah pallubasa. Cara memasaknya hampir sama dengan coto, daging direbus lama bersama bumbu hingga teksturnya empuk. Makanan berbahan daging sapi ini sangat nikmat disantap bersama nasi putih.

Kuah pallubasa sangat gurih dengan tambahan kelapa parut sangrai dan kuning telur ayam kampung utuh. Kuning telur dibiarkan dalam kuah panas sebentar sebelum disajikan. Harganya cukup terjangkau, antara Rp13.000 hingga Rp20.000.

4. Konro Bakar

Konro bakar bisa dibilang steak-nya Makassar. Meski cara memasaknya seperti steak ala barat, bumbunya menggunakan bumbu tradisional Makassar. Konro atau iga sapi dimasak dengan rempah-rempah sebelum dibakar, setelah itu disajikan dengan bumbu kacang, taburan bawang goreng, dan kuah sop konro serta nasi putih.. Hidangan ini biasanya ditawarkan dengan harga Rp40.000 – Rp60.000 per porsi.

Baca Rekomendasi :   5 Kuliner Khas Lampung yang Unik dan Kaya Rasa, Traveler Wajib Coba!

5. Mie Titi

Mie khas Makassar ini memiliki tekstur kering dan renyah. Mie disajikan dengan daging sapi, ayam, udang, telur, dan sayuran disiram kuah kental. Kuahnya dibuat dari campuran air, telur, dan tepung kanji yang dibumbui bawang putih dan merica. Kuah baru disiramkan pada mie ketika akan dinikmati. Kuliner ini cocok disantap saat siang maupun malam hari. Untuk menikmati seporsi mie titi kamu perlu mengeluarkan kocek Rp34.000 – Rp40.000.

6. Coto Makassar

Makanan paling terkenal dari Makassar yaitu coto. Coto makassar berisi daging sapi, paru, hati, usus, jantung, dan babat serta kuah berempah dengan tambahan kacang tanah goreng yang digiling. Bumbu untuk kuah sendiri terdiri dari 40 jenis yang dimasak dalam kuali tanah liat.

Baca Rekomendasi :   Kuliner di Jogja, 5 Mie Ayam Enak Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

Rempah-rempah seperti cengkeh, pala, ketumbar merah, ketumbar putih, di dalamnya tak hanya menambah kenikmatan melainkan juga menekan kolesterol pada jeroan. Kuliner berkuah dan berbumbu rempah ini biasanya disajikan bersama buras atau ketupat dan sambal tauco. Harga seporsi coto umumnya dibanderol sekitar Rp20.000 saja.

7. Sarabba

Menikmati jajanan khas Makassar, belum lengkap tanpa minuman tradisionalnya yaitu sarabba. Minuman ini dibuat dari campuran jahe, gula merah, kayu manis, pala, cengkeh, merica, kuning telur, dan santan. Rasanya hampir sama dengan wedang jahe khas Jawa tetapi lebih pedas karena menggunakan banyak rempah-rempah. Selain nikmat, minuman ini juga dapat mengusir masuk angin, pilek, perut kembung, dan memperlancar peredaran darah. Harga segelas sarabba hangat hanya Rp10.000.

Nah, setelah kamu tahu kuliner apa saja yang asli dari Makassar, tinggal berkeliling kota saja mencari tempat terbaik untuk mendapatkannya. Yang penting, jangan lupa sediakan bujet jajannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page