Watu Goyang, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta

Selain sunrise yang menawan, watu goyang juga menawarkan pemandangan dan udara sejuk yang luar biasa.

Watu Goyang Yogyakarta via instagram.com @pesonaimogiri
0 41

Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi di akhir pekan maupun waktu-waktu liburan. Di Kota Gudeg ini, ada beragam objek wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan demikian, tidak sedikit yang merasa rindu dengan suasana Yogyakarta yang kaya akan wisata budaya, alam, bahari, kuliner, dan lain sebagainya.

Salah satu objek wisata hits yang ada di Yogyakarta, yaitu watu Goyang. Watu Goyang merupakan nama yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti batu bergoyang. Dulunya, tempat ini bukanlah sebuah objek wisata, melainkan hanya penampakan batu raksasa yang apabila disentuh atau didorong akan bergoyang. Batu ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan fisiknya tidak pernah roboh atau rusak.

Daya Tarik Watu Goyang

Di objek wisata yang satu ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang serba hijau disertai dengan penampakan gunung berapi yang masih terlihat sangat alami. Pemandangan yang seperti ini tentu saja sangat cocok bagi kamu yang sehari-harinya disuguhkan oleh pemandangan perkotaan yang melelahkan. Kamu akan merasakan sejuknya udara pegunungan, indahnya sunrise, serta semilir angin yang menyapa kulit di pagi hari.

Baca Rekomendasi :   Curug Telu, Curug Cantik Ditengah Hutan dan Sawah di Baturaden

Selain itu, kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan yang cantik di sore hari. Kamu bisa melihat perpaduan warna sunset yang khas seperti lukisan sang maestro terkenal. Tentu saja, momen seperti ini tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Arahkan kamera ke arah ujung barat, dan kamu bisa mendapatkan hasil gambar yang sangat memukau, apalagi dengan teknik khusus foto yang baik dan pas.

Selain panorama alamnya, kamu juga bisa menikmati taman bunga yang sangat cantik di objek wisata Watu Goyang ini. Di objek wisata ini, kamu bisa menemukan hamparan bunga matahari yang terlihat sangat memanjakan mata. Jika kamu mengambil spot foto disini, hasilnya tentu akan menakjubkan. Warna kuning yang tajam akan membuat foto kamu lebih Insta Genic. Selain itu, ada berbagai spot foto lainnya seperti gardu pandang berbentuk helikopter, spot foto bunga, dan masih banyak lagi.

Lokasi Watu Goyang

Lokasi objek wisata Watu Goyang sangat mudah dijangkau karena akses jalannya sudah layak untuk dilewati. Namun, jarak beberapa kilometer dari lokasi masih berupa bebatuan, sehingga akan sedikit mengganggu perjalanan. Perjalanan menuju ke puncak Watu Goyang memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit. Meskipun rasanya melelahkan, hal itu bisa terbayar dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Baca Rekomendasi :   Nyari Wisata Ekstrem? Datang Aja ke Pulau Timang!

Watu Goyang itu sendiri berada di Dusun Cempluk, Desa MAngunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bagi kamu yang sedang berada di pusat kota, kamu hanya akan menempuh waktu sekitar 18 km atau 40 menit waktu perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Watu Goyang

Rute menuju Watu Goyang cukup mudah untuk diakses. Jika kamu berada di Pusat Kota Yogyakarta, pergilah ke arah timur menuju Jalan Pangurakan. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Jalan Kolonel Sugiyono hingga menemui pertigaan ke arah selatan yang melewati jalan Sisingamangaraja. Ikuti petunjuk jalan hingga kamu sampai di pertigaan menuju jalan Imogiri. Jika sudah sampai di jalan tersebut, ambil jalan ke arah utara menuju Watu Goyang.

Jika kamu cukup kesulitan saat menemukan rute jalannya, gunakan saja Google Maps yang siap membantu perjalanan kamu. Pastikan smartphone kamu sudah terisi penuh agar tidak mengganggu pencarian jalan, ya!

Harga Tiket dan Parkir Watu Goyang

Untuk bisa memasuki objek wisata ini, kamu tidak perlu menghabiskan uang dalam jumlah yang banyak. Objek wisata yang satu ini tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis. Oleh karena itu, kamu bisa membawa teman atau keluarga sebanyak-banyaknya agar liburan menjadi lebih asik dan seru. Adapun biaya parkir yang harus kamu bayarkan, yaitu Rp. 3000 untuk sepeda motor, Rp. 7000 untuk mobil, Rp. 15.000 untuk minibus, dan Rp. 20.000 untuk bus.

Baca Rekomendasi :   Curug Sengon Bogor, Destinasi Apik yang Jarang di Jamah Traveler

Fasilitas Watu Goyang

Sebuah objek wisata tentu saja rasanya tidak lengkap jika tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Bersyukurlah karena pengelola daro objek wisata Watu Goyang telah menyediakan berbagai fasilitas gratis bagi wisatawan. Adapun fasilitasnya, yaitu toilet umum, mushola, kedai makanan dan minuman, area parkir yang luas, gazebo, penjualan souvenir, dan masih banyak lagi.

Fasilitas-fasilitas tersebut dirawat dengan sangat baik, sehingga pengunjung bisa berlama-lama untuk menikmati pemandangan alam disana.

Itulah ulasan singkat mengenai objek wisata Watu Goyang, Bantul, Yogyakarta. Sempatkan waktu untuk berlibur bersama teman  maupun keluarga untuk menikmati keindahan alam yang tersembunyi di Yogyakarta. Selain itu, siapkan juga kamera bokehmu, ya, agar bisa mengabadikan momen bersama orang-orang tercinta lebih maksimal.

Gimana, sudah siap menikmati liburan di Kota Gudeg ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page