Jurang Tembelan Kanigoro, Surga di Atas Awan Yogyakarta

  • Bagikan
Jurang Tembelan Kanigoro
Jurang Tembelan Kanigoro via instagram.com @asep_dwiyanto

Kawasan Yogyakarta telah lama dikenal dengan pesona dan keindahannya, termasuk juga dengan beragam destinasi wisata yang dimilikinya. Banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang datang ke kota ini untuk menghabiskan waktu berlibur mereka. Kawasan Yogyakarta memang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata budaya, wisata pantai, hingga wisata alam atau pegunungan dengan pemandangannya yang indah.

Bagi kamu yang bosan dengan suasana perkotaan dan menginginkan sebuah tempat untuk bisa menenangkan pikiran sejenak, kamu bisa berkunjung ke Jurang Tembelan Kanigoro yang berada di daerah Bantul Yogyakarta. Meskipun terbilang baru, namun Jurang Tembelan Kanigoro merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang sedang menjadi hits di kalangan anak muda. Pemandangannya yang indah seolah seperti negeri yang berada di atas awan menjadi daya tarik utama dari Jurang Tembelan Kanigoro ini.

Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro

Tempat wisata ini tepatnya berlokasi di Desa Mangunan kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta. Kawasan Dlingo sendiri memang dikenal sebagai kawasan pegunungan dengan deretan hutan pinusnya yang sejuk dan menenangkan.

Dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa mengarah ke Terminal Giwangan dan lurus ke arah selatan sampai tiba di pasar Imogiri. Setelah belok kiri, kamu hanya perlu mengikuti arah ke makam raja hingga menemui simpang tiga yang mengarah ke Mangunan dan hutan pinus. Dari situ kamu sudah dekat dengan lokasi Jurang Tembelan Kanigoro dan tinggal mengikuti petunjuk arah yang bisa kamu temui di sepanjang jalan.

Baca Rekomendasi :   Liburan Asyik dan Anti Mainstream di Pantai Nglambor, Yuk!

Untuk menikmati keindahan Jurang Tembelan Kanigoro ini, kamu juga tidak perlu membayar tiket masuk karena kamu bisa masuk ke lokasi dengan gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan sebesar Rp.2000 jika membawa kendaraan roda dua dan Rp.5000 jika membawa kendaraan roda empat. Karena masih tergolong sebagai destinasi wisata baru, lokasi wisata Jurang Tembelan Kanigoro ini masih relatif sepi sehingga bisa membuat kamu lebih nyaman untuk menikmati suasana di sekitar.

Daya Tarik Jurang Tembelan Kanigoro

Selain menikmati keindahan kawasan Bantul dan sekitarnya dari ketinggian, ada banyak pesona dan daya tarik dari Jurang Tembelan Kanigoro ini yang bisa kamu nikmati.

1. Menikmati pesona alam Yogyakarta dari atas ketinggian

Dari atas ketinggian Jurang Tembelan Kanigoro, kamu bisa melihat pemandangan yang sangat indah yang ada di bawah kamu. Dari sini kamu akan melihat Pegunungan Sewu yang berderet dengan aliran sungai Oyo dan seolah membelah daratan di sekitarnya.

Baca Rekomendasi :   5 Fakta Menarik Pantai Muncar di Gunung Kidul Yogyakarta

Di waktu-waktu seperti pagi atau sore, tempat ini juga menjadi salah satu tempat yang sangat indah untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit atau matahari tenggelam.

2. Wisata selfie di spot-spot instagramable

Salah satu daya tarik utama yang membuat Jurang Tembelan Kanigoro menjadi tempat wisata yang diminati banyak wisatawan terutama para anak muda adalah banyaknya spot foto yang menarik dan instagramable untuk kamu unggah di sosial media. Spot foto ini berada di gardu-gardu pandang yang didesain dengan desain yang unik.

Jurang Tembelan Kanigoro
Jurang Tembelan Kanigoro via instagram.com @asep_dwiyanto

Salah satu spot yang paling menjadi favorit wisatawan adalah spot foto dengan properti sebuah perahu yang berada di ujung jurang. Spot foto ini sering disebut orang-orang sebagai perahu Titanic yang berada di atas awan. Spot foto di perahu ini juga membuat kawasan wisata Jurang Tembelan Kanigoro lebih dikenal secara luas.

Selain spot perahu, ada juga spot foto dengan bentuk pesawat terbang yang bisa membuat kamu seolah sedang terbang karena lokasinya yang ada di depan tebing. Selain spot-spot tadi, masih ada banyak spot foto lain seperti sayap kupu-kupu raksasa dan desain-desain unik lainnya.

Baca Rekomendasi :   Butuh Oleh-oleh Khas Yogyakarta? Datang Saja ke Pasar Beringharjo

3. Berkemah atau bersepeda downhill

Bagi kamu yang menyukai aktivitas berbau petualangan, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Jurang Tembelan Kanigoro ini. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah berkemah. Pengelola tempat ini telah menyediakan area yang bisa digunakan pengunjung untuk berkemah.

Saat berkemah, kamu bisa menikmati sejuknya udara sekitar ditambah pemandangan matahari terbit atau tenggelam. Selain itu, bagi kamu yang menyukai olahraga bersepeda juga bisa memanfaatkan area sekitar Jurang Tembelan Kanigoro ini sebagai area yang seru dan menyenangkan untuk melakukan olahraga downhill. Jadi, selain menggunakan kendaraan bermotor, kamu juga bisa datang ke sini dengan menggunakan sepeda agar bisa sekaligus berolahraga.

4. Menikmati hangatnya secangkir kopi

Di sekitar area Jurang Tembelan Kanigoro juga telah tersedia café yang menyediakan berbagai camilan atau kopi untuk kamu nikmati. Menikmati kopi hangat di tengah udara yang cukup dingin dan dikelilingi pemandangan alam yang sangat indah tentu menjadi sebuah kenikmatan tersendiri.

Itulah beberapa pesona dan daya tarik dari Jurang Tembelan Kanigoro yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Jadi, segera jadwalkan liburanmu ke daerah Bantul Yogyakarta dan kunjungi tempat ini ya!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page