Berburu Spot Foto Instagramable di Hutan Pinus Pengger Yogyakarta

Pesona hutan pinus pengger memang tak ada duanya, bersama sahabat pasti lebih seru.

Hutan Pinus Pengger via instagram.com @riskypermata_amr
1 172

Kota Yogyakarta banyak dikenal oleh orang-orang sebagai kota yang indah dengan segala pesona dan daya tariknya. Kota ini juga dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang membuat banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk menghabiskan waktu liburan mereka di kota yang juga terkenal dengan kenyamanan dan keramahan penduduknya ini.

Kota Yogyakarta memang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata budaya, wisata pantai, hingga wisata alam atau pegunungan. Jika kamu adalah orang yang lebih menyukai untuk pergi ke tempat yang sejuk dan menenangkan, kamu bisa berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang sedang hits di daerah Bantul Yogyakarta, yaitu Pinus Pengger.

Rute Menuju Lokasi Pinus Pengger

Daerah Bantul memang cukup dikenal dengan kawasan hutan pinusnya dengan udaranya yang sejuk dan suasananya yang rimbun. Salah satu lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi di antara kawasan hutan pinus tersebut adalah Pinus Pengger yang berlokasi di Dusun Sendangsari Desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Dari pusat kota Yogyakarta, kawasan ini hanya berjarak sekitar 24 kilometer saja dan berbatasan dengan kecamatan Pathuk Gunung Kidul. Akses menuju lokasi Pinus Pengger juga sudah sangat mudah dan bisa dilalui berbagai jenis kendaraan, mulai dari kendaraan roda dua hingga kendaraan besar seperti bus. Dari pusat kota, kamu cukup menuju ke arah Wonosari dan menuju Bukit Bintang.

Baca Rekomendasi :   9 Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta, Bikan Gak Mau Pulang

Di Koramil Pathuk, kamu selanjutnya hanya perlu menuju ke arah Dlingo sepanjang 4,5 kilometer. Setelah itu kamu akan sampai di objek wisata Pinus Pengger. Kamu juga tidak akan bosan selama dalam perjalanan karena sedari awal masuk kawasan Dlingo kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah di kanan dan kiri jalan.

Tiket Masuk ke Pinus Pengger

Tiket masuk ke lokasi wisata Pinus Pengger juga sangat murah. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk per orang seharga 2500 rupiah. Untuk biaya tambahan lainnya, kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar 2000 rupiah jika membawa kendaraan roda dua, 5000 rupiah jika membawa kendaraan roda empat, dan 20000 rupiah untuk kendaraan tipe bus.

Hutan Pinus Pengger
Hutan Pinus Pengger via instagram.com @riskypermata_amr

Objek wisata ini beroperasi mulai dari pukul setengah enam pagi dan baru akan tutup pada pukul dua belas tengah malam. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin datang ke tempat ini pada sore atau malam hari. Bahkan banyak wisatawan yang lebih memilih untuk mengunjungi Pinus Pengger di malam hari karena pemandangan yang tampak lebih indah ketika malam.

Baca Rekomendasi :   5 Destinasi Wisata Alam di Mojokerto, Selandia Barunya Jawa Timur

Pesona Pinus Pengger

Selain menikmati keindahan alam Pinus Pengger yang rimbun dan sejuk, kamu juga bisa menikmati daya tarik lain yang bisa dapatkan ketika mengunjungi objek wisata ini seperti berikut.

1. Foto selfie di berbagai spot instagramable

Salah satu daya tarik utama yang membuat banyak wisatawan datang ke objek wisata Pinus Pengger ini adalah karena banyaknya spot-spot foto yang sangat instagramable untuk diunggah ke sosial media. Di sekitar area Pinus Pengger ini, kamu bisa menemukan berbagai seni instalasi dengan desain yang unik dan cantik untuk menambah estetika foto yang kamu ambil.

Misalnya saja seni instalasi berbentuk tangan raksasa dari jalinan kayu yang menjadi spot foto paling favorit di tempat wisata ini. Selain itu ada pula seni instalasi berupa lubang raksasa yang menghadap ke kota Yogyakarta, rumah pohon, jembatan kayu, atau rumah berbentuk piramida ala suku indian.

Ketika malam hari, tempat ini juga semakin indah untuk dijadikan latar belakang foto dengan lampu-lampu kota Yogyakarta yang menyala. Untuk mencoba berbagai spot foto ini, kamu hanya perlu membayar seikhlasnya saja.

Baca Rekomendasi :   Menikmati Indahnya Pantai dan Teduhnya Cemara di Pantai Kuwaru

2. Wisata hammock

Kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan di Pinus Pengger ini adalah dengan memasang hammock atau tempat tidur gantung di batang-batang pohon pinus di sana. Kamu juga tidak perlu repot-repot membawa hammock dari rumah karena di tempat ini ada penyewaan hammock yang bisa kamu sewa. Dengan hammock ini kamu bisa bersantai dan berayun sambil menikmati udara sejuk kawasan Pinus Pengger.

3. Bersantai di gazebo

Kawasan wisata Pinus Pengger juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat kamu bisa merasa nyaman berlama-lama di tempat ini. Salah satunya dengan dibuatkannya gazebo yang bisa kamu gunakan untuk bersantai atau beristirahat sambil menikmati sajian makanan dari warung-warung yang tersedia.

Di sore hari kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari atas ketinggian dan ketika malam tiba kamu bisa menyaksikan banyak bintang-bintang ditambah dengan kelap-kelip lampu kota Yogyakarta yang memberikan pemandangan sangat cantik.

Itulah beberapa pesona dan daya tarik dari objek wisata Pinus Pengger yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Jadi, yuk segera rencanakan liburanmu ke daerah Bantul Yogyakarta dan sempatkan untuk mengunjungi objek wisata ini ya!

1 Comment
  1. […] Bagi kamu memang yang hobby kegiatan outdoor atau ingin mengabadikannya sekalian bersama kekasihmu. Kamu bisa memilih prewedding di hutan pinus. Banyak kok hutan pinus yang ada di Indonesia sebut saja hutan pinus pengger Yogyakarta. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page