Cobain Enaknya 5 Kuliner Sukabumi Ini Sambil Liburan

  • Bagikan
Surabi Durian Sukabumi
Surabi Durian Sukabumi VIA http://pictureofperfectyouth.blogspot.com/2010/12/travelogue-bandung-day-2

Sukabumi memiliki tempat wisata alam dengan pemandangan yang mempesona. Di tengah udara yang sejuk, paling tepat jika berkeliling naik delman sambil mencari makanan khas Sukabumi. Inilah kuliner yang harus kamu coba saat berkunjung di kota ini.

1. Mata Lembu

Kuliner ini tergolong unik karena namanya yang mungkin terkesan menyeramkan. Banyak yang mengira makanan ini terbuat dari bola mata sapi. Akan tetapi sebenarnya mata lembu ialah sejenis siput laut yang ketika mentah memang tampak seperti bola mata yang melotot.

Siput mata lembu banyak terdapat pada batu-batu karang di pantai daerah Ujung Genteng, Sukabumi. Sebelum dibakar, digoreng, atau ditumis, mata lembu direbus dan dibersihkan terlebih dahulu.

Siput ini paling nikmat disantap dengan cara ditumis bersama bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, dan garam. Rasa siput yang gurih dengan tekstur kenyal menyatu bersama bumbu sangat nikmat disantap dengan nasi hangat. Selain ditumis, siput mata lembu juga bisa dihidangkan dengan cara direbus saja ditambah pelengkap sambal kecap.

Baca Rekomendasi :   Kumpulan Resep Kue Kering Untuk Lebaran, Jadi Semakin Betah Dirumah Saja

2. Bubur Ayam

Ingin mencari sarapan khas Sukabumi untuk menghangatkan badan? Coba saja bubur ayam khas Sukabumi. Bubur ayam Sukabumi disajikan dengan suwiran ayam, kuning telur, usus, hati ampela, kerupuk, emping, seledri, bawang goreng, dan kecap. Tak lupa kuah kaldu dan sambal sesuai selera. Bubur yang cukup terkenal di Sukabumi ialah bubur Bunut yang berada di depan Rumah Sakit Bunut, kini namanya menjadi RS. Syamsudin SH.

3. Sagon Bakar

Sagon bakar merupakan makanan ringan khas Sukabumi berbahan dasar tepung sagu dan kelapa parut. Kue ini dicetak berbentuk persegi panjang atau lonjong. Rasanya manis serta gurih dari kelapa dengan tekstur yang renyah. Karena diproses bersama daun pandan, aromanya juga begitu harum. Selain dinikmati sebagai camilan sambil jalan-jalan, kamu juga bisa membeli kue ini untuk oleh-oleh karena harganya tergolong murah.

Baca Rekomendasi :   Oleh-oleh Khas Bukittinggi; Cemilan Pedas, Manis, Gurih, dan Berempah

4. Teci (Sate Aci)

Seperti namanya, sate aci merupakan makanan berbahan dasar aci atau tepung kanji. Dalam pembuatannya, aci tidak dibakar seperti sate lainnya, melainkan dimasak di atas api kecil setelah dicampur air, bumbu-bumbu, dan penyedap rasa. Setelah mengental, adonan teci dituangkan ke dalam cetakan lalu ditusuk dengan lidi. Setelah dingin, teci disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Meski tidak menggunakan daging, rasa teci tidak kalah dari sate pada umumnya karena bumbu pada kuah kacangnya yang mantap.

5. Surabi Durian

Surabi tak hanya bisa ditemukan di Bandung, melainkan juga Sukabumi. Jajanan yang dibakar di atas arang menggunakan tungku tanah liat ini memiliki rasa manis gurih dari adonan tepung beras dan santan. Surabi Sukabumi sedikit berbeda karena bahan utamanya ialah durian. Ketika menyantap serabi durian, kamu masih bisa merasakan tekstur raja buah ini di dalamnya.

Baca Rekomendasi :   Kue Pastel, Begini Cara Membuatnya Untuk Menu Buka Puasamu.

Warung surabi durian yang paling terkenal yaitu Kedai Surabi Durian yang berada Jalan Gunung Parang, Cikole, Sukabumi. Di samping surabi durian, di sini juga terdapat berbagai varian surabi lainnya yaitu oncom, telur, sosis, cokelat, dan es krim.

Kuliner Sukabumi memang unik, enak, dan harganya terjangkau. Tak heran jika mereka yang sudah pernah berkunjung ke sini ingin kembali lagi untuk menyantap jajanannya. Nah, jika belum menemukan destinasi wisata kuliner untuk liburan terdekat, pilih saja Sukabumi sebagai tujuan wisatamu.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page