Pantai Goa Cemara, Spot Terbaik Menikmati Sunset di Yogyakarta

  • Bagikan
Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara via instagram.com @adie_ahmet

Kawasan Yogyakarta menjadi daerah yang sering dipilih orang-orang untuk menghabiskan waktu liburan mereka bersama orang-orang tercinta. Ada banyak pilihan wisata yang bisa kamu pilih di kota yang terkenal dengan kenyamanan dan keramahan penduduknya ini, mulai dari wisata budaya, wisata alam atau pegunungan, dan wisata pantai. Salah satu pantai yang cukup unik di Yogyakarta berada di wilayah Bantul, yaitu Pantai Goa Cemara.

Pantai ini berada di Dusun Patihan Desa Gadingsari Sanden Bantul Yogyakarta. Akses menuju pantai ini juga cukup mudah karena hanya berjarak sekitar 33 kilometer saja dari pusat kota Yogyakarta. Jarak sejauh ini rata-rata bisa kamu tempuh dalam waktu satu jam. Dari pusat kota, kamu hanya perlu menempuh rute ke arah selatan menuju Bantul hingga sampai di Jalan Samas. Di sini kamu perlu membayar tiket retribusi terlebih dahulu sebelum kamu bisa masuk dan menikmati kawasan pantai.

Keseruan Berwisata di Pantai Goa Cemara

Penamaan Pantai Goa Cemara ini sama seperti keindahan yang akan kamu lihat di sana. Di gerbang masuk yang mengarah menuju pantai, kamu akan melihat tumpukan-tumpukan pohon cemara yang membuatnya terlihat seperti sebuah gua. Di area ini, kamu bisa melihat indahnya pemandangan pantai sekaligus rimbun dan eksotisnya jejeran pohon-pohon cemara yang membentuk sebuah gua.

Baca Rekomendasi :   Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta
Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara via instagram.com @adie_ahmet

Banyak orang-orang yang menyebut area ini seperti lokasi yang ada di film Twilight. Ada sekitar 6000 pohon jenis cemara udang yang tumbuh di lahan seluas lahan 20 hektar ini. Area pepohonan cemara ini juga sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto selfie-mu. Selain menikmati rimbun dan eksotisnya pohon-pohon cemara yang membentuk gua, masih ada banyak lagi kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Pantai Goa Cemara seperti berikut.

1. Mengunjungi mercusuar

Di area Pantai Goa Cemara, ada sebuah mercusuar yang bisa kamu kunjungi untuk melihat pemandangan Pantai Goa Cemara dari atas ketinggian. Untuk menaiki mercusuar ini, kamu hanya perlu membayar tiket seharga lima ribu rupiah saja untuk dua orang. Untuk mencapai puncak mercusuar, kamu harus menaiki tangga berbentuk spiral sejauh lima hingga enam lantai. Namun, semua itu akan terbayar dengan pemandangan yang akan kamu saksikan di puncak mercusuar.

Dari atas mercusuar tersebut, kamu bisa menyaksikan berbagai keindahan sekaligus, mulai dari lautan yang luas dan biru, gugusan perbukitan, dan hamparan pohon cemara yang tampak begitu mempesona.

Baca Rekomendasi :   9 Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta, Bikan Gak Mau Pulang

2. Berkemah

Bagi kamu yang menyukai aktivitas-aktivitas berbau petualangan, kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah di area camping ground yang ada di sekitar Pantai Goa Cemara. Sensasi berkemah di pinggir pantai ini akan sangat unik dan menyenangkan. Kamu akan merasakan rimbunnya pepohonan cemara yang membuat udara terasa sejuk sekaligus juga deburan ombak yang berasal dari lautan.

3. ATV dan berkuda

Pantai Goa Cemara juga menyediakan berbagai aktivitas seru untuk kamu yang suka dengan kegiatan-kegiatan menantang. Ada dua aktivitas yang bisa kamu pilih, yaitu mengendarai ATV dan berkuda. Dengan mengendarai ATV, kamu bisa menjelajah seluruh area Pantai Goa Cemara mulai dari pinggir pantai hingga ke kawasan pepohonan cemara.

Jika kamu ingin menjelajah wilayah Pantai Goa Cemara dengan pengalaman yang lebih unik lagi, kamu juga bisa berkeliling area pantai dengan menunggangi kuda. Bagi kamu yang tidak ahli mengendalikan kuda, kamu juga tidak perlu khawatir. Di Pantai Goa Cemara ini, kamu bisa meminta bantuan dari para ahlinya untuk menemani kamu berkeliling dengan menunggangi kuda.

4. Berpiknik di bawah pohon cemara

Rimbunnya pepohonan cemara yang ada di Pantai Goa Cemara ini memang menjadi daya tarik para wisatawan untuk sekedar duduk-duduk dan bersantai di bawahnya sambil menikmati pantai yang jernih dan pepohonan yang rindang.

Baca Rekomendasi :   Lintang Mangunan, Bukit Cantik Spot Selfie Dengan Balutan Sunsed Menawan

Lokasi ini juga sering dijadikan spot para keluarga untuk melakukan piknik bersama. Di bawah pepohonan cemara yang rindang, kamu beserta keluarga bisa menggelar tikar dan bersantai sambil menyantap makan siang bersama.

5. Menikmati berbagai spot romantis

Pantai Goa Cemara masih belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga membuat kamu akan merasa seperti datang ke pantai pribadi. Ini juga membuat pantai ini terlihat masih sangat bersih dengan airnya yang sangat jernih. Pantai yang bersih dan suasana yang rimbun membuat pantai ini terasa sangat romantis, terlebih di area pantai juga terdapat sebuah jembatan yang cantik.

Beberapa orang bahkan menjadikan area Pantai Goa Cemara ini sebagai lokasi untuk melakukan sesi foto prewedding karena aura dan pemandangan pantainya yang tampak begitu romantis.

Itulah beberapa pesona dan keindahan Pantai Goa Cemara di daerah Bantul Yogyakarta yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Jadi, segera jadwalkan liburan kamu ke daerah Bantul Yogyakarta dan jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Goa Cemara yang sangat unik dan eksotikĀ  ini ya!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page