Sensasi Wisata Gurun di Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika sedang ke Jogja, jangan lupa mengabadikan momenmu di Gumuk Pasir Parangkusumo ya

Gumuk Pasir Parangkusumo via instagram.com @agungsetiawan67
0 144

Yogyakarta selalu dikenal dengan berbagai keunikannya, tidak terkecuali dengan destinasi-destinasi wisata yang ada di kota tersebut. Jika kamu sudah bosan dengan berbagai destinasi wisata yang itu-itu saja, maka kamu perlu datang  ke daerah Bantul Yogyakarta. Di sini, kamu bisa menemukan sebuah destinasi wisata unik yang seolah membuat kamu merasa sedang berada di daerah padang pasir, yaitu wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

Kawasan wisata ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo nomor 1 Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul Yogyakarta. Lebih tepatnya kawasan ini terletak di antara Sungai Opak, Pantai Parangtritis, dan Pantai Depok.  Keunikan tempat wisata ini membuatnya saat ini tengah diminati banyak wisatawan.

Sejarah Gumuk  Pasir Parangkusumo

Sejarah terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo selalu dikaitkan dengan Gunung Merapi. Padahal jika dilihat dari letak geografisnya, Gunung Merapi berada di wilayah utara kota Yogyakarta, sementara Gumuk Pasir Parangkusumo ini terletak di daerah pesisir selatan kota Yogyakarta. Namun banyak orang yang menyebut bahwa pada zaman dahulu kala, Gunung Merapi pernah meletus dengan sangat hebat hingga mengeluarkan muatan vulkanik berupa debu dan pasir yang bertebaran hingga ke seluruh pelosok daerah Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, Gunung Merapi yang berada di bagian utara Yogyakarta dengan kondisi tanah yang lebih tinggi itu membuat muatan vulkanik di sekitarnya terbawa oleh air hujan dan aliran sungai hingga akhirnya bermuara di Pantai Selatan. Setelah bermuara di Pantai Selatan, muatan vulkanik tersebut beradu dengan ombak Pantai Selatan yang terkenal ganas sehingga membuatnya menjadi partikel-partikel kecil dan butiran-butiran debu yang terbawa angin hingga berada di tempat yang kini menjadi Gumuk Pasir Parangkusumo.

Baca Rekomendasi :   12 Tempat Makan di Bandung, Cocok Buat Kamu Pecinta Makanan
Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo via instagram.com @agungsetiawan67

Awalnya kawasan ini juga hanya dipandang sebagai tumpukan pasir saja. Namun saat ini kawasan tersebut telah menjadi destinasi wisata yang menjadi favorit banyak orang. Bahkan fenomena gundukan pasir seperti ini merupakan sebuah fenomena yang langka. Gundukan pasir yang ada di Bantul Yogyakarta ini bahkan merupakan satu-satunya yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Kawasan lain yang memiliki fenomena seperti ini hanya bisa kamu temui di wilayah Meksiko. Saat ini, kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga tengah dalam proses didaftarkan menjadi kawasan UNESCO World Heritage.

Aktivitas Seru di Gumuk Pasir Parangkusumo

Selain merasakan sensasi lokasinya yang unik, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru ketika berwisata ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para wisatawan di sini yaitu melakukan sandboarding.

Sandboarding adalah sebuah olahraga yang dilakukan di atas pasir yang sering dilakukan oleh para turis di Australia atau Mesir. Namun, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Gumuk Pasir Parangkusumo kamu juga bisa merasakan sensasi melakukan olahraga sandboarding ini.

Baca Rekomendasi :   Grafika Cikole Lembang, Destinasi Bernuansa Alam yang Cantik di Lembang

Untuk melakukan sandboarding, kamu juga tidak memerlukan bakat atau keahlian khusus. Kamu cukup menyewa peralatan untuk melakukan sandboarding seperti papan semacam skateboard yang tidak memiliki roda dan sudah dilengkapi tali pengait untuk diikatkan ke kaki. Harga penyewaan papan ini yaitu sekitar Rp.150.000. Setelah itu, kamu bisa memilih beberapa macam gundukan yang bisa dilalui untuk melakukan sandboarding.

Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba, kamu bisa memilih gundukan dengan tinggi sekitar satu hingga dua meter. Jika kamu sudah cukup menguasai, kamu bisa beralih ke gundukan yang lebih tinggi, yaitu sekitar lima hingga dua puluh meter. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dan jaga keseimbangan tubuh kamu saat berada di atas papan ya.

Selain sandboarding, Gumuk Pasir Parangkusumo juga bisa menjadi spot foto yang sangat cantik. Kamu bisa berfoto di tengah hamparan padang pasir yang tampak seperti berada di gurun. Di sini kamu juga bisa menemukan banyak properti yang bisa membuat foto kamu semakin menarik, seperti ayunan atau taman bunga berbentuk hati. Kawasan ini juga seringkali digunakan orang-orang sebagai lokasi prewedding bahkan untuk pembuatan video klip loh!

Baca Rekomendasi :   Inilah 5 Rekomendasi Tempat di Bandung yang Cocok untuk Ngabuburit

Itulah beberapa pesona dan keunikan dari Gumuk Pasir Parangkusumo. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu cukup membayar biaya parkir untuk kendaraan saja, yaitu sebesar tiga ribu hingga sepuluh ribu rupiah. Setelah itu, kamu bisa bebas menikmati pesona Gumuk Pasir Parangkusumo.

Untuk mendapatkan pengalaman wisata yang maksimal, ada baiknya kamu mengunjungi tempat ini pada saat cuaca cerah ya. Ketika cuaca cerah dan menjelang sore hari, kamu juga bisa menikmati sunset yang menambah keindahan kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Jangan lupa juga untuk membawa perbekalan air minum yang cukup dan dengan kondisi kendaraan yang prima.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu ke daerah Bantul Yogyakarta dan jangan lupa untuk menyempatkan datang ke lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo yang sangat unik dan menarik ini ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page