Pantai Parangtritis, Menyuguhkan Sunset yang Memukau dan Bikin Tenang

Sunset dan suasana syahdu selalu menjadi daya tarik utama pantai parangtritis

Pantai Parangtritis via instagram.com @jevricruz_
0 181

Daerah Yogyakarta telah dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki daya tarik luar biasa. Banyak wisatawan baik dari penjuru Indonesia bahkan hingga dunia yang memilih Yogyakarta sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Di kawasan Yogyakarta yang terkenal dengan kenyamanan dan keramahan penduduknya ini, kamu bisa menemukan banyak destinasi wisata baik itu wisata budaya, wisata alam dan pegunungan, atau wisata pantai.

Ketika berbicara mengenai objek wisata pantai di Yogyakarta, kebanyakan orang pasti langsung tertuju pada objek wisata Pantai Parangtritis. Objek wisata pantai yang satu ini memang sudah lama dikenal keindahannya dan sering menjadi tujuan para turis domestik maupun mancanegara. Hingga kini, pesona Pantai Parangtritis masih tetap menjadi daya tarik yang memikat banyak orang untuk datang ke pantai ini.

Objek wisata pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul Yogyakarta. Untuk memasuki kawasan pantai, kamu cukup membayar tiket masuk seharga 10 ribu rupiah saja. Sementara jam operasional pantai ini adalah dari pukul tujuh pagi hingga jam lima sore, meskipun terkadang banyak juga wisatawan yang datang pada malam hari.

Baca Rekomendasi :   Pantai Sadranan, Pantai Idaman Para Traveler Jogjakarta

Legenda Pantai Parangtritis

Selain terkenal karena keindahannya, Pantai Parangtritis juga dikenal dengan legendanya yang sudah mengakar di masyarakat Jawa. Banyak orang yang percaya bahwa pantai ini merupakan gerbang masuk menuju istana Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul sendiri diceritakan sebagai Sang Ratu Laut Selatan yang wilayah kekuasaannya mencakup seluruh ombak di Samudera Hindia.

Legenda ini juga semakin kuat dengan cerita mengenai ombak di Pantai Parangtritis yang bisa mencapai tinggi tujuh meter. Sang Ratu Kidul sendiri dikisahkan memiliki istana yang sangat megah yang berada di jantung samudera. Ia juga merupakan pasangan spiritual dari para raja Mataram atau keraton Yogyakarta. Dengan kepercayaan ini, banyak yang percaya bahwa orang-orang dilarang menggunakan baju atau aksesoris berwarna hijau ketika berkunjung. Warna hijau dipercaya sebagai warna favorit Nyi Roro Kidul sehingga jika manusia memakainya maka akan berakibat malapetaka.

Selain legenda Nyi Roro Kidul, Pantai Parangtritis juga merupakan tempat yang istimewa bagi Yogyakarta karena wilayah ini merupakan sebuah kesatuan Trimurti Yogyakarta. Kesatuan Trimurti tersebut terdiri dari Gunung Merapi di bagian utara, keraton Yogyakarta di bagian tengah atau pusat kota, dan Pantai Parangtritis di bagian selatan.

Baca Rekomendasi :   5 Penginapan Alam dengan Suasana Pedesaan di Yogyakarta

Aktivitas Seru di Pantai Parangtritis

Selain legendanya yang menarik dan pesonanya yang indah, ada banyak aktivitas dan kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini, seperti berikut.

1. Menikmati matahari terbenam

Matahari terbenam di kawasan Parangtritis telah lama dikenal sebagai pesona yang sangat indah dari pantai ini. Warna jingga merona yang perlahan-lahan tenggelam di ufuk barat ditambah deburan ombak yang deras membuat suasana sore di Pantai Parangtritis terasa sangat indah dan romantis. Jika kamu berkunjung ke sini, waktu ketika matahari terbenam adalah waktu yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis via instagram.com @jevricruz_

2. Menunggangi kereta kuda

Aktivitas lain yang menyenangkan untuk kamu lakukan di pantai ini adalah menaiki kereta kuda dan menyusuri kawasan sepanjang Pantai Parangtritis. Di sekitar bibir pantai, kamu bisa dengan mudah menemukan kereta kuda yang disewakan dan bisa kamu naiki bersama dengan teman atau keluarga.

3. Bermain layang-layang

Selain deburan ombaknya, Pantai Parangtritis juga dikenal dengan anginnya yang cukup besar. Angin yang cukup besar ini akan menyenangkan untuk kamu manfaatkan bermain layang-layang. Kamu tidak perlu membawa layang-layang dari rumah karena di pantai ini ada banyak penjual layang-layang dengan bentuk-bentuk yang lucu dan unik.

Baca Rekomendasi :   Rasakan Petualangan Seru Hanya di Goa Pindul Yogyakarta

Pantai Parangtritis bahkan sering dijadikan lokasi festival layang-layang hingga skala internasional. Jika kamu berkunjung ketika ada gelaran festival layang-layang, kamu bisa melihat banyak layang-layang dengan berbagai bentuk dan kreasi yang melayang-layang di udara.

4. Bermain ATV

Jika kamu menginginkan aktivitas yang lebih menantang, kamu bisa coba mengendarai ATV yang banyak disewakan di sekitar pantai. Dengan mengendarai ATV ini, kamu bisa menyusuri seluruh kawasan pinggir Pantai Parangtritis dengan hembusan angin dan deburan ombaknya yang bisa membuat pengalaman mengendarai ATV lebih menyenangkan.

5. Bermain air

Hal yang paling menyenangkan ketika mengunjungi pantai adalah dengan bermain air di pinggir pantai. Kamu juga bisa melakukan aktivitas bermain-main air ini di Pantai Parangtritis. Namun kamu tetap perlu berhati-hati mengingat ombak di pantai ini memang dikenai cukup besar.

Itulah beberapa pesona Pantai Parangtritis yang sangat legendaris dan kegiatan kegiatan seru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke sana. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburanmu ke daerah Bantul Yogyakarta dan jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis yang cerita keindahannya sudah sangat melegenda ini ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page