Pantai Depok, Menyantap Kuliner Sambil Bersantai Di Pantai Yogyakarta

Di pantai depok, kamu bisa wisata pantai dan kuliner sekaligus.

Pantai Depok Yogyakarta
0 131

Kota Yogyakarta dikenal sebagai kawasan yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Banyak wisatawan baik yang berasal dari Indonesia maupun dari mancanegara memilih kawasan ini sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Pelajar dan Kota Gudeg ini memang memiliki pilihan wisata yang lengkap. Jika kamu ingin datang ke tempat yang menawarkan wisata pantai dan wisata kuliner sekaligus, maka kamu harus datang ke Pantai Depok Bantul.

Pantai Depok tepatnya berlokasi di Jalan Raya Pasir Sawangan Depok Kabupaten Bantul Yogyakarta. Lokasi ini terletak sekitar 1,5 kilometer di sebelah barat Pantai Parangtritis dan 40 kilometer di arah selatan pusat kota Yogyakarta. Untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini, kamu juga cukup membayar tiket masuk seharga lima ribu rupiah saja.

Sejarah dikenalnya pantai ini adalah ketika zaman dahulu ada seorang nelayan dari Cilacap yang mencari ikan di kawasan ini. Rupanya kawasan Pantai Depok ini merupakan kawasan dengan ikan yang cukup banyak. Semenjak itu, para warga Pantai Depok akhirnya beralih menjadi nelayan. Hingga akhirnya kini Pantai Depok dikenal juga sebagai kawasan nelayan yang setiap pagi hilir mudik membawa ikan-ikan tangkapan mereka untuk dilelang.

Baca Rekomendasi :   Selain Cantik dan Indah, 6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pantai Baron Yogyakarta

Aktivitas di Pantai Depok Bantul

Selain keindahan pantainya yang sangat sayang untuk dilewatkan, ada banyak kegiatan dan aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Pantai Depok seperti berikut.

1. Pasar Pagi

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Depok adalah pagi hari. Selain karena cuacanya yang belum terlalu terik dan pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah, setiap pagi di Pantai Depok kamu bisa melihat aktivitas pasar yang sangat meriah.

Di pasar yang diadakan setiap pagi ini, kamu bisa mencicipi berbagai macam sajian kuliner. Banyak para wisatawan yang menikmati sajian kuliner sambil memandangi keindahan Pantai Depok. Selain kuliner, di pasar pagi ini juga kamu bisa membeli berbagai ikan hias yang lucu dan cantik dari para penjual ikan hias di pasar.

2. Pelelangan ikan dan wisata kuliner laut

Kawasan Pantai Depok Bantul ini memang dikenal sebagai kawasan nelayan, maka di kawasan pantai ini kamu juga bisa menemukan tempat pelelangan ikan yang menjual ikan-ikan tangkapan para nelayan. Kamu bisa membeli langsung ikan-ikan segar di sini dengan harga yang tentunya cukup murah. Setelah kamu membelinya, kamu bisa membawa ikan tersebut ke warung-warung makan yang ada di sekitar pantai untuk diolah menjadi sajian kuliner yang lezat.

Baca Rekomendasi :   Berkunjung ke Curug Luweng Sampang, Grand Canyon di Yogyakarta
Pantai Depok Yogyakarta
Pantai Depok Yogyakarta

Jika kamu tidak mau repot-repot mencari ikan di tempat pelelangan, warung-warung makan ini juga sudah menyediakan menu seafood lengkap yang bisa langsung kamu pesan. Semua ikan yang tersedia di sini tentu saja ikan-ikan segar yang dibeli langsung dari nelayan setempat.

Setelah sajian seafood-mu selesai diolah, kamu bisa menyantapnya sambil memandangi deburan ombak pantai yang terletak di hadapan kamu karena warung-warung ini diposisikan menghadap langsung ke arah laut.

3. Menikmati kawasan laguna

Jika kamu bergeser sedikit dari wilayah pantai, kamu bisa menikmati pesona laguna yang sangat indah. Kawasan laguna ini berada sekitar 500 meter dari area pantai. Di kawasan laguna ini kamu bisa menemukan spot yang sangat cantik untuk objek foto kamu.

Kondisi airnya yang lebih tenang dan suasananya yang lebih sepi membuat laguna ini menjadi kawasan yang cocok untuk kamu yang lebih menyukai ketenangan. Selain itu, kamu juga bisa mengelilingi kawasan sekitar laguna dengan menggunakan perahu naga yang bisa kamu sewa di sekitar area laguna.

4. Pasar digital

Jika kamu berkunjung pada akhir pekan atau hari libur menjelang sore hingga malam hari, kamu bisa menemukan pasar digital di pantai ini. Di pasar digital ini, seluruh transaksi yang dilakukan adalah menggunakan koin yang sudah ditulis dengan angka. Koin ini bisa kamu dapatkan dengan membelinya terlebih dahulu. Jika koin yang kamu beli pada akhirnya tersisa, kamu bisa menukarkannya dengan uang kamu kembali.

Baca Rekomendasi :   Liburan Asyik dan Anti Mainstream di Pantai Nglambor, Yuk!

Banyak sajian-sajian kuliner laut yang bisa kamu beli dengan menggunakan koin ini. Kamu bisa menyantap sajian tersebut secara lesehan sambil menikmati keindahan laguna dan terkadang diiringi dengan lantunan gamelan Jawa.

5. Festival perahu naga

Pantai Depok Bantul setiap tahunnya selalu menjadi lokasi festival perahu naga. Jika kamu datang pada saat masa festival, kamu akan melihat meriahnya berbagai perahu naga dengan desain dan model yang menarik. Acara ini juga biasanya diisi dengan pertunjukan barongsai yang bisa kamu nikmati sambil melihat alunan musik dari para musisi-musisi lokal Yogyakarta.

Itulah beberapa pesona dan keindahan Pantai Depok Bantul beserta kegiatan-kegiatan seru yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Jadi, segera rencanakan liburanmu ke daerah Bantul Yogyakarta dan sempatkan untuk mengunjungi Pantai Depok Bantul ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page