Bukit Parang Endog, Tempat Asyik Menikmati Sunset Anak Mudah Jogja

  • Bagikan
Bukit Parang Endog
Bukit Parang Endog via instagram.com @jogjaistimewa

Kawasan Gunungkidul di Yogyakarta saat ini tengah menjadi pusat perhatian para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Di kawasan ini, ada banyak destinasi wisata dengan pesona dan keindahannya masing-masing. Ketika berbicara mengenai Gunungkidul, mungkin kebanyakan orang akan terpikir mengenai deretan pantai-pantainya yang indah dan mempesona. Namun selain pantai rupanya Gunungkidul masih menyimpan pesona lain yang tidak kalah indahnya, yaitu kawasan perbukitan.

Salah satu kawasan perbukitan yang cukup indah dan kini telah menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Gunungkidul adalah Bukit Parang Endog. Beberapa orang juga menyebut kawasan wisata Bukit Parang Endog sebagai Paralayang Watu Gupit.

Secara geografis, bukit ini berada di kawasan Pantai Parang Endog. Lokasi tepatnya berada di Desa Giriharjo Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Nama Parang Endog sendiri berasal dari bahasa Jawa. Dalam istilah Jawa, parang memiliki arti batu karang sementara endog memiliki arti telur. Nama Parang Endog untuk bukit ini mengacu pada bentuk batu karang yang ada yang ada di sekitar Pantai Parang Endog yang jika dilihat memiliki bentuk seperti telur.

Untuk menuju lokasi bukit ini, kamu perlu menempuh jarak sejauh tiga kilometer dari kawasan wisata Pantai Parangtritis atau 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Jarak ini umumnya bisa kamu tempuh dengan lama perjalanan kurang lebih sekitar satu jam. Untuk memasuki kawasan ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga lima ribu rupiah saja.

Baca Rekomendasi :   Inilah Pemandangan Eksotis yang Cuman Bisa Kamu Lihat di Pantai Indrayanti

Daya Tarik Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog memiliki daya tarik dan pesonanya yang luar biasa yang sangat sayang jika kamu lewatkan. Untuk mencapai puncak bukit, kamu perlu menaiki beberapa anak tangga, namun semua itu akan terbayar dengan apa yang bisa kamu nikmati di atas bukit. Ada banyak hal-hal menarik yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi bukit Parang Endog ini.

1. Menikmati sunset

Bukit Parang Endog berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Lokasinya yang berada di atas ketinggian ini membuat Bukit Parang Endog merupakan spot terbaik untuk menikmati suasana matahari terbenam. Dari atas sini, kamu bisa melihat matahari perlahan-lahan terbenam ke dasar lautan yang ada di bawah bukit dan menciptakan langit jingga yang indah.

Bukit Parang Endog
Bukit Parang Endog via instagram.com @jogjaistimewa

2. Menikmati keindahan pantai dari ketinggian

Dari atas Bukit Parang Endog ini, kamu bisa melihat banyak pemandangan-pemandangan pantai sekaligus. Pesona lautan dan pantai selatan Yogyakarta yang berderet mulai dari Pantai Parang Endog di sebelah timur, Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, hingga Pantai Depok. Di bagian belakang, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan karang yang tinggi menjulang.

Baca Rekomendasi :   Mau Jajan di Malioboro? Ikuti Dulu 10 Tips Ini

3. Menikmati aktivitas paralayang

Bukit Parang Endog juga dikenal sebagai tempat landasan aktivitas para atlet paralayang. Biasanya para atlet akan lepas landas dari bukit ini dan turun ke Pantai Parang Endog atau Pantai Parangkusumo. Bukit ini juga pernah menjadi lokasi untuk penyelenggaraan salah satu event besar di Yogyakarta, Jogja Air Show.

Maka, selain bisa menikmati keindahan bukit, kamu juga bisa ikut menyaksikan orang-orang melakukan kegiatan paralayang. Jika kamu termasuk yang memiliki nyali dan adrenalin tinggi, kamu juga bisa mencoba untuk mengikuti aktivitas paralayang ini. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan faktor keamanannya, karena para instruktur paralayang yang sudah ahli akan siap memandu kamu.

4. Bersantai di café

Di bawah Bukit Parang Endog, kamu bisa menemukan cafe yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai sambil menikmati sajian kopi hangat. Pemandangan yang bisa kamu nikmati dari café ini juga sangat indah karena kamu bisa melihat pemandangan lautan yang ada di depan kamu.

Baca Rekomendasi :   Pantai Sundak, Tempat Favorit Menikmati Sunset yang Menawan di Yogyakarta

Jika kamu datang ke lokasi ini pada malam hari, kamu juga akan mendapatkan suasana romantis dengan cahaya lampur café yang beradi dengan cahaya rembulan yang memantul di lautan.

Tips berkunjung ke Bukit Parang Endog

Bagi kamu yang sudah merencanakan untuk berwisata ke bukit ini, ada baiknya kamu memilih waktu sore hari. Sore hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung karena kamu bisa melihat pemandangan senja yang sangat indah dari puncak bukit. Jangan lupa juga untuk menyiapkan stamina yang prima serta perbekalan air minum yang cukup, mengingat untuk mencapai puncak Bukit Parang Endog ini kamu perlu menaiki anak tangga.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa jaket atau baju hangat untuk mengantisipasi udara dingin yang selalu menerpa ketika kamu berada di puncak bukit.

Itulah beberapa pesona dan daya tarik dari kawasan wisata Bukit Parang Endog yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu ke daerah Gunungkidul Yogyakarta dan jangan lupa untuk mengunjungi kawasan wisata Bukit Parang Endog ini ya!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page