Menikmati Indahnya Pantai dan Teduhnya Cemara di Pantai Kuwaru

Bersantai bersama sahabat di Pantai Kuwaru dibawah senja yang romantis.

Pantai Kuwaru via instagram.com @umi_qassanah13
0 145

Yogyakarta sudah lama dikenal sebagai kota yang nyaman dan indah dengan berbagai destinasi wisata yang dimilikinya. Banyak wisatawan yang datang baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk menghabiskan waktu liburan mereka di kota ini. Ada banyak pantai-pantai indah di daerah Yogyakarta yang memiliki pesona dan daya tariknya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Kuwaru yang berada di daerah Bantul.

Pantai ini tepatnya berlokasi di Dusun Kuwaru  Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta, yaitu sekitar 30 kilometer dari pusat kota dan berada di sisi bagian barat dari Kabupaten Bantul. Jarak sekitar 30 kilometer ini rata-rata bisa kamu tempuh selama satu jam menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi pantai ini juga cukup mudah ditemui karena akan banyak penunjuk arah yang bisa kamu lihat di sepanjang jalan. Untuk memasuki kawasan Pantai Kuwaru, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga 5000 rupiah saja per orang. Sementara untuk parkir kendaraan, biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah 5000 rupiah dan untuk kendaraan roda empat adalah 10000 rupiah.

Daya Tarik Pantai Kuwaru

Pantai ini memiliki hamparan pasir hitamnya yang mempesona dan lautan yang mengarah langsung ke berbagai gugusan laut yang berada di Samudera Hindia.  Selain pesona pasir hitamnya yang indah, ada banyak daya tarik lainnya dari Pantai Kuwaru yang bisa kamu nikmati seperti berikut.

1. Deretan pohon cemara udang

Salah satu daya tarik yang paling dikenal dari Pantai Kuwaru Bantul ini adalah adanya deretan pohon cemara udang yang terletak di sekitar pantai. Pohon-pohon cemara udang ini membuat udara di sepanjang pantai yang biasanya panas menjadi terasa sejuk dan rimbun dengan anginnya yang sepoi-sepoi.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di bawah rindangnya ratusan pohon cemara udang yang berjejer ini. Kamu juga bisa bersantai sambil menikmati suasana pantai bersama keluarga atau juga berfoto selfie di area ini, karena deretan pohon cemara ini bisa menjadi latar belakang yang sangat indah untuk foto kamu. Karena keindahannya, banyak juga yang menjadikan area ini sebagai lokasi foto prewedding atau photoshoot lainnya.

2. Bermain ATV dan wahana lain

Di sekitar area Pantai Kuwaru kamu juga bisa mencoba berbagai kegiatan yang seru, terutama bagi kamu yang menyukai wahana-wahana yang bersifat petualangan. Salah satunya kamu bisa bermain ATV dan menyusuri area Pantai Kuwaru menggunakan ATV. Untuk menyewa ATV ini, kamu hanya perlu membayar biaya sewa 25000 rupiah per 25 menit.

Jika kamu menginginkan yang lebih menantang lagi, kamu juga bisa mencoba untuk mengendarai motor trail dan merasakan sensasi mengendarai motor di atas area berpasir. Untuk menyewa motor trail, kamu juga cukup menyewa dengan harga yang sama seperti penyewaan ATV.

Jika kamu membawa anak-anak, kamu juga bisa menyewa berbagai permainan untuk anak seperti kolam renang mini, kereta mini, atau mandi bola dengan harga sewa 5000 rupiah per anak. Jika kamu datang ke pantai ini pada akhir pekan, kamu juga bisa mencoba wahana-wahana permainan seru yang biasanya diadakan ketika akhir pekan, seperti komidi putar, bianglala, atau rumah balon. Harga tiket untuk seluruh wahana ini juga hanya sebesar 5000 rupiah.

3. Mengunjungi pasar ikan

Di area Pantai Kuwaru, kamu juga bisa menemui adanya pasar ikan tradisional. Pasar ikan ini juga disediakan khusus bagi para pengunjung pantai yang ingin mencicipi lezatnya sajian kuliner khas laut berupa ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Di pasar ikan ini, ada banyak pilihan ikan dan hewan laut lain yang bisa kamu beli, seperti ikan kakap, ikan bawal, udang, atau cumi-cumi.

Jika kamu sudah memilih ikan yang kamu inginkan, selanjutnya kamu bisa membawa ikan tersebut ke rumah makan yang ada di sekitar pantai. Di sana ikan yang kamu beli bisa diolah sesuai kemauan kamu, misalnya dengan bumbu pedas atau bumbu asam manis. Setelah matang, sajian kuliner lezat ala Pantai Kuwaru pun siap kamu santap sambil menikmati indahnya pemandangan pantai.

4. Menikmati sunset di sore hari

Pantai Kuwaru juga dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset di Yogyakarta. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk kamu datang ke pantai ini adalah pada waktu sore hari, karena di waktu tersebut kamu bisa melihat pemandangan yang sangat indah sangat matahari perlahan-lahan tenggelam di ujung lautan dan menghasilkan langit jingga yang indah.

Itulah daya tarik dan pesona dari Pantai Kuwaru Bantul yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Yuk segera rencanakan liburanmu ke Bantul Yogyakarta dan kunjungi pantai ini ya! Liburan akan semakin berkesan jika kamu mengajak serta orang-orang terkasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page