7 Kuliner Khas Mojokerto yang Tak Bisa Kamu Lewatkan Begitu Saja

  • Bagikan
Sajian Kuliner Sambel Wader
Sajian Kuliner Sambel Wader via www.nasirullahsitam.com

Mojokerto dikenal sebagai kota yang memiliki wisata sejarah yaitu situs Candi Kedaton dan Situs Siti Inggil yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Selain itu, beberapa waktu lalu, Mojokerto juga viral dengan objek wisata baru bernama Ranu Manduro Ngoro. Jika jalan-jalan ke Mojokerto, cobalah cicipi aneka kuliner khas yang nikmat berikut ini.

1. Botok Tempe

Botok tempe merupakan makanan dari campuran tempe, parutan kelapa, dan bumbu. Parutan kelapa dicampur dengan teri, udang, dan tahu serta tempe agar rasanya lebih enak. Di Mojokerto, kamu bisa coba botok tempe yang terkenal yaitu Botok Mbah Parti yang berada di depan Masjid Al Fatah tak jauh dari alun-alun Mojokerto. Tempat jualannya baru buka mulai pukul 6 sore hingga 11 malam. Satu porsi botok tempe dan nasi jagung di sini harganya Cuma Rp5.000 saja.

2. Kerupuk Rambak

Baca Rekomendasi :   Kue Khas Aceh, Camilan Manis yang Enak Disantap di Sore Hari

Kerupuk rambak Mojokerto dihasilkan oleh penduduk Desa Doas, Kecamatan Trowulan dan Desa Kauman, Kecamatan Bangsal. Kerupuk dibuat dari kulit sapi yang dikeringkan kemudian diolah dengan bumbu dan cara khusus sehingga rasanya gurih dan nikmat. Penjual kerupuk rambak sangat banyak dan tersebar di berbagai tempat di Mojokerto. Kerupuk rambak bisa dijadikan camilan sambil jalan-jalan, lauk makan, atau oleh-oleh buat keluarga di rumah.

3. Sate Keong

Keong untuk disate diambil dari persawahan di sekitar Mojokerto. Sebelum diolah menjadi sate, rebus keong agar mudah membuang kotoran dan melepas daging keong dari cangkangnya. Daging keong kemudian ditusuk dengan lidi lalu dibakar dan disiram dengan bumbu sate. Rasa sate keong di sini gurih dan tidak amis, cocok disantap bersama nasi atau lontong, bisa juga dimakan begitu saja.

4. Sambel Wader

Sajian Kuliner Sambel Wader
Sajian Kuliner Sambel Wader via www.nasirullahsitam.com

Wader merupakan ikan air tawar yang biasa hidup di sungai atau dibudidayakan oleh masyarakat. Ikan wader goreng disajikan dengan sambal dari terasi, cabai, tomat, gula, dan garam, ditambah lalapan mentimun dan kemangi. Meskipun sederhana, nasi dan sambel wader memiliki rasa luar biasa, perpaduan gurih, pedas, dan segar dari daging wader dan sambalnya yang pasti bikin kamu ketagihan. Sebagai pelengkap menikmati seporsi nasi sambal wader, enaknya minum teh hangat atau es teh sebagai penawar pedasnya sambal.

Baca Rekomendasi :   Selain Batiknya, 5 Kuliner Khas Pekalongan yang Nikmat dan Mengenyangkan

5. Onde-onde Mojokerto

Onde-onde khas Mojokerto dibuat dari adonan tepung terigu atau tepung ketan dan ditaburi wijen pada bagian luarnya. Isi onde-onde bervariasi seperti cokelat dan kacang hijau. Supaya lebih menarik, onde-onde juga tersedia dalam berbagai warna. Onde-onde cocok untuk oleh-oleh setelah kamu pulang dari Mojokerto karena rasanya enak dan murah meriah.

6. Es Gronjongan Majapahit

Setelah menikmati makanan khas Mojokerto, jangan lupa cicipi minumannya. Ada es gronjongan majapahit yang nikmat diseruput di siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya. Es gronjongan majapahit berisi potongan agar-agar, santan, sirup, dan es batu. Minuman ini biasanya ramai dijajakan di sore hari saat bulan Ramadan sebagai menu berbuka puasa.

Baca Rekomendasi :   Oleh-oleh Khas Bukittinggi; Cemilan Pedas, Manis, Gurih, dan Berempah

7. Es Cendol

Es cendol banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Mojokerto. Di daerah ini banyak penjual es cendol di pinggir-pinggir jalan yang ramai. Menikmati es cendol di Mojokerto pastinya punya sensasi yang berbeda dibandingkan di kota tempat tinggalmu sendiri.

Itulah beberapa kuliner khas Mojokerto sebagai referensi untuk kamu yang dalam waktu dekat berencana bepergian ke kota ini. Ajak teman, kerabat, dan saudara untuk wisata kulineran bareng agar semakin seru dan nikmat.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page