Biar Puasamu Lancar Jaya, Yuk Siapkan 5 Menu Sehat Setiap Sahur Atau Buka

Ragam Menu Buka Puasa via unsplash.com
0 131

Di bulan Ramadhan ini, ibadah yang pastinya wajib kita laksanakan adalah ibadah puasa. Dalam menjalankan ibadah puasa, diperlukan beberapa asupan nutrisi bagi tubuh. Asupan nutrisi tersebut berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi selama berbuka, malam, ataupun sahur. Asupan nutrisi tersebut juga harus cukup dan mampu menjaga stamina kita selama menjalani ibadah puasa.

Asupan nutrisi yang didapat dari makanan dan minuman tersebut akan efektif apabila kita merencanakan daftar menu yang akan dikonsumsi pada saat sahur maupun berbuka puasa. Berikut ini adalah kumpulan menu sehat untuk menjalani ibadah puasa, yang dapat anda jadikan sebagai hidangan sahur maupun berbuka:

1. Nasi

Nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia ternyata merupakan salah satu menu sehat yang dianjurkan pada saat menjalani ibadah puasa. Hal ini disebabkan oleh kandungan nasi yang berupa karbohidrat serta glukosa. Kandungan – kandungan tersebut dapat meningkatkan stamina tubuh. Asupan nasi yang dikonsumsi selama bulan puasa haruslah cukup dan seimbang, tetapi tidak berlebihan.

Baca Rekomendasi :   Makanan – Makanan Kekinian Yang Bisa Dijadikan Sebagai Takjil Berbuka Puasa

2. Roti

Bagi anda yang tidak mengonsumsi nasi atau mungkin mengurangi konsumsi nasi yang disebabkan oleh pola diet, maka roti dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memenuhi asupan karbohidrat anda. Selain itu, roti juga memiliki kandungan protein dan serat yang baik bagi tubuh. Anda juga bisa menambahkan roti dengan berbagai topping, seperti selai buah – buahan, gula, keju, atau bahkan daging. Usahakan menggunakan topping yang memiliki kandungan glukosa agar dapat menggantikan kandungan nasi yang telah anda gantikan dengan roti tersebut.

3. Sup daging

Menu berupa sup daging juga akan sangat baik untuk anda konsumsi selama menjalani ibadah puasa. Sup ini selain memiliki kandungan protein, juga dinilai memiliki kandungan berupa – berupa vitamin yang baik bagi tubuh. Kandungan air yang diberikan oleh kuah sup juga dapat menyegarkan dahaga anda dan mengembalikan stamina maupun kesegaran tubuh anda. Oleh sebab itu, asupan sup daging akan sangat tepat anda jadikan sebagai menu sehat di bulan Ramadhan.

Baca Rekomendasi :   4 Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Berpuasa

4. Buah – Buahan

Buah – buahan sangat wajib untuk anda jadikan sebagai menu sehat di bulan ramadhan. Hal ini disebabkan oleh dengan mengonsumsi buah – buahan tersebut maka tubuh akan lebih muda ternutrisi. Mengingat buah – buahan kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, buah – buahan akan menambah stamina tubuh anda sehingga puasa anda tidak mudah lemas dan mampu menjalankan aktivitas sehari – hari secara normal.

5. Air Putih

Air putih merupakan salah satu asupan penting bagi tubuh untuk menjalankan kehidupan ini. Hal ini termasuk pada bulan Ramadhan dimana saat kita menjalankan ibadah puasa, tubuh sangat membutuhkan cairan. Asupan air putih yang cukup bukan hanya membuat tubuh dan stamina kita bertambah, tetapi hal ini juga dapat menyebabkan rasa nyaman berpuasa.

Baca Rekomendasi :   Setan di Belenggu, Kok Masih Ada Maksiat Di Bulan Ramadhan?

Sebab, rasa haus yang disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan asupan air putih membuat puasa kita tidak nyaman dan mengganggunya. Asupan air putih yang cukup selama menjalankan ibadah puasa juga dapat menjaga kesegaran tubuh anda sepanjang hari. Wajah anda tidak akan mudah pucat pasi dan lemas akibat kekurangan air.

Oleh sebab itu, tambahkanlah asupan air yang cukup yaitu minimal 1 liter sehari atau 8 gelas sehari baik pada saat menjalankan ibadah puasa atau bahkan kegiatan sehari – harinya.

Nah itulah isi artikel ini. Biar Puasamu Lancar Jaya, Yuk Siapkan 5 Menu Sehat Setiap Sahur Atau Buka

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page