Gerbang Masuk Pulau Madura, Yuk Cicipi Kuliner Khas Bangkalan

  • Bagikan
Tajin Sobih
Tajin Sobih via inspirasipagi.id

Pulau Madura menyimpan banyak wisata alam yang menawan. Salah satu kabupaten di Madura yang mempunyai beraneka kuliner khas ialah Bangkalan. Kabupaten yang merupakan gerbang masuk utama menuju Madura ini semakin ramai sejak diresmikannya Jembatan Suramadu. Jangan lewatkan kuliner berikut ini jika berkunjung ke Bangkalan.

1. Tajin Sobih

Tajin sobih hampir serupa dengan bubur sumsum. Kuliner ini berasal dari Sobih, sebuah desa di Bangkalan. Penjualnya biasanya ibu-ibu dengan dibawa di atas kepala dan berkeliling. Makanan ini dihidangkan dengan wadah daun pisang yang dibentuk kerucut.

Tajin Sobih
Tajin Sobih via inspirasipagi.id

Seporsi tajin sobih berisi tiga varian yaitu merah muda, putih, dan cokelat. Tajin kemudian disiram dengan gula merah cair pekat sehingga rasanya menjadi manis gurih.

2. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot merupakan olahan sup yang kuahnya dibuat dari olahan kacang hijau dan rempah sehingga rasanya unik dan nikmat. Kokot sendiri berarti kikil dalam bahasa Madura. Isian sup kaldu ini berupa potongan kikil, tulang, dan sumsum sapi.

Baca Rekomendasi :   Kuliner Malam Sederhana ala Anak Kos Jogja, di Sini Tempatnya

Biasanya yang menjadi pilihan ialah kikil dari sapi betina karena mengandung banyak sumsum dan lebih gurih. Makanan ini biasanya disajikan dengan lontong, potongan singkong goreng, dan singkong rebus agar lebih mengenyangkan. Tak lupa ditambah sambal petis dan kacang tanah tumbuk sebagai pelengkap. Kuah kaldu yang kental dan berlemak ditambah daging yang lembut pasti membuatmu ketagihan.

3. Nasi Serpang Bangkalan

Nasi serpang merupakan nasi campur khas Bangkalan. Nasi disajikan dengan berbagai lauk seperti, suwiran ayam atau daging sapi, irisan telur dadar, tumis buncis, sambal goreng kentang dan krecek, tumis tahu, bihun, dendeng, pepes tongkol udang, telur asin, kerang, dan tempe goreng serta rempeyek kacang dan udang.

Seporsi nasi serpang cocok disantap untuk sarapan, biasanya dijual dengan harga Rp15.000. Penjual nasi serpang biasa menggelar dagangannya di pinggir jalan menggunakan tenda atau payung.

Baca Rekomendasi :   Selain Batiknya, 5 Kuliner Khas Pekalongan yang Nikmat dan Mengenyangkan

4. Soto Mata Sapi

Soto mata sapi dibuat dari bahan bola mata sapi yang masih berbalut daging dan tulang, ditambah daging dan jeroan sapi. Mata sapi bisa disajikan utuh atau dipotong kecil-kecil sesuai permintaan pembeli. Lebih nikmat disantap bersama sambal ketika soto masih panas. Harga seporsi soto mata sapi biasanya dibanderol Rp12.000 saja.

5. Bebek Sinjay

Bebek sinjay merupakan salah satu kuliner paling terkenal dari Bangkalan. Bebek goreng dengan tekstur daging yang lembut dan gurih memberikan sensasi rasa yang nikmat. Bebek goreng disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal pencit alias sambal mangga muda. Nama kuliner ini dikenal sebab merupakan hidangan unggulan Rumah Makan Sinjay, tak jauh dari Jembatan Suramadu. Seporsi bebek sinjay dijual seharga Rp25.000.

Baca Rekomendasi :   8 Kuliner Khas Banjarmasin yang Kaya Rempah, Nikmatnya Kebangatan

6. Topak Ladeh Bangkalan

Topak ladeh merupakan kuliner biasa disajikan pada bulan Syawal hari ketujuh, setelah melaksanakan puasa 6 hari. Di dalamnya berisi ketupat, irisan daging, telur, dan jeroan daging sapi. Biasanya juga terdapat kacang panjang dan pepaya muda yang sudah dikukus.

Cara penyajiannya, telur direbus terlebih dahulu dan digoreng. Daging sapi dikukus hingga matang, sementara jeroan sapi seperti babat dan usus dimasak jadi satu dengan kuahnya. Setelah semua bahan siap, ketupat ditata di atas piring, ditambah irisan daging, telur separuh, sayur kacang panjang, irisan sayur pepaya, dan jeroan disiram dengan kuah topak ladeh. Untuk pelengkap juga biasa ditambahkan bubuk jagung halus atau sambal urap.

Terbayang kan, lezatnya aneka kuliner khas Bangkalan? Bila berkunjung ke Pulau Madura dan singgah ke Bangkalan, pastikan kamu mencicipi salah satunya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page