Biar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa, Ini 4 Tips Berolahraga Saat Berpuasa

Meski puasa, tubuh harus sehat dan bugar juga kan.

Tips olahraga saat puasa via unsplash.com
0 79

Pada saat berpuasa, tubuh memang beristirahat dari segala kegiatan pencernaan, baik makan maupun minum. Namun, tidak ada alasan untuk tidak menjaga stamina tubuh mengingat banyaknya penyakit dan virus yang tengah mewabah. Kegiatan menjaga stamina tubuh beragam jenisnya, mulai dari menjaga pola makan seimbang saat sahur dan berbuka puasa, jenis – jenis makanan yang dikonsumsi, asupan air yang cukup, vitamin, dan tentunya berolahraga.

Berolahraga merupakan salah satu hal yang dilakukan dalam meningkatkan stamina tubuh. Oleh sebab itu, meskipun sedang menjalani ibadah puasa dimana kegiatan makan dan minum mengalami pengurangan, olahraga tetap harus dijalankan. Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah tips berolahraga yang baik dan benar, sehingga tidak membuat anda mudah kelelahan meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

1. Satu Jam Sebelum Berbuka Puasa

Olahraga pada saat menjalankan ibadah puasa akan sangat tepat dilakukan satu jam sebelum berbuka puasa. Waktu tersebut dikhususkan agar tubuh yang mengalami kelelahan setelah olahraga akan segera disegarkan atau dinutrisi kembali. Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah tips berolahraga yang baik dan benar, sehingga tidak membuat anda mudah kelelahan meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Baca Rekomendasi :   5 Tips Agar Semangat Bekerja di Bulan Puasa

2. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga memang diwajibkan saat menjalankan ibadah puasa, tetapi jenis – jenis olahraga yang akan dilakukan juga turut diperhatikan. Lakukanlah olahraga ringan, jika memang ingin berolahraga dalam bentuk jogging atau lari maka usahakan kurangi jarak serta waktunya. Sesuaikan dengan kondisi tubuh agar sisa stamina anda tidak terkuras dengan jumlah yang terlalu besar.

Tips olahraga saat puasa
Tips olahraga saat puasa via unsplash.com

3. Asupan Air Harus Optimal

Asupan air selama menjalani ibadah puasa dilakukan dengan kadar optimal. Hal ini bukan saja dilakukan selama menjalani ibadah puasa, tetapi jika dalam melaksanakan kegiatan sehari – hari pada saat tidak menjalani ibadah berpuasa. Apalagi jika anda ingin tetap melaksanakan olahraga selama menjalani ibadah puasa, maka asupan air yang dimiliki oleh tubuh harus optimal.

Baca Rekomendasi :   Biar Puasamu Lancar Jaya, Yuk Siapkan 5 Menu Sehat Setiap Sahur Atau Buka

Asupan air pada tiap jenis olahraga juga berbeda – beda, semakin berat jenis olahraga anda maka semakin besar asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Oleh sebab itu, konsumsilah air putih secukupnya bahkan lebih dari cukup.

4. Asupan Buah – Buahan dan Vitamin

Selain dari asupan air yang harus cukup dalam melaksanakan olahraga selama puasa, maka asupan selanjutnya yang harus dicukupi pula adalah asupan buah – buahan dan vitamin. Asupan makanan – makanan bergizi juga harus cukup sehingga tubuh tidak akan mengalami kekurangan nutrisi baik dari segi makanan pokok maupun vitamin – vitamin yang baik bagi tubuh.

Ragam Menu Buka Puasa
Ragam Menu Buka Puasa via unsplash.com

Apabila anda mengonsumsi vitamin yang bersifat kapsul, maka sesuaikan kandungan vitamin tersebut dengan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, perhatikan pula apakah vitamin tersebut aman untuk dikonsumsi setiap hari atau tidak. Jika tidak, maka kurangilah intensitas konsumsi vitamin tersebut dan gantikan dengan buah – buahan.

Baca Rekomendasi :   4 Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Berpuasa

Namun, jika kandungan vitamin tersebut bersifat aman untuk dikonsumsi setiap hari maka anda boleh mengonsumsinya setiap hari tetapi usahakan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari sekali sehari.

Keempat tips di atas merupakan keempat tips untuk anda agar tetap bisa menjalankan aktivitas olahraga saat menjalankan ibadah puasa. Oleh sebab itu, perhatikan dan terapkan setiap poin di atas secara seksama, agar kegiatan puasa anda lancar dan stamina anda tetap terjaga sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit – penyakit maupun virus – virus yang berbahaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page