6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menunggu Buka Puasa, Dapat Pahala Pula

Perbanyak amal di bulan yang suci ini ya dengan melakukan berbagai kegiatan positif

tadarus alquan di bulan ramadhan
0 74

Virus yang tengah mewabah hampir seluruh dunia turut menghampiri negara kita pula. Anjuran di rumah aja harus kita patuhi agar terhindar dari penyebaran virus yang tergolong sangat mematikan ini. Salah satu kegiatan tersebut termasuk kegiatan ngabuburit yang sangat sering dilakukan di luaran rumah. Kegiatan ngabuburit biasanya dilakukan dengan mencari takjil di pasaran dan berkomunikasi dengan orang luar.

Namun, kegiatan tersebut harus kita minimalisir dan sebaiknya dilakukan secara mandiri di rumah saja. Anda tidak perlu khawatir, sebab terdapat tips ngabuburit yang bisa anda lakukan di rumah. Tips – tips tersebut tentu saja ampuh bagi anda yang sedang ingin menghabiskan waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa:

1. Tadarus Al-Qur’an

Salah satu hal yang bisa anda lakukan dan bermanfaat pula dalam rangka ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa adalah Tadarus Al-Qur’an. Kegiatan ini tentu saja bermanfaat sebab anda menunggu berbuka puasa sambil beribadah. Selain itu, kegiatan ini tentu saja dapat mempermudah anda dalam mengkhatamkan Al-Qur’an.

Baca Rekomendasi :   Biar Puasamu Lancar Jaya, Yuk Siapkan 5 Menu Sehat Setiap Sahur Atau Buka

2. Menyiapkan Takjil

Kegiatan lainnya yang tak kalah bermanfaat dalam rangka ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa adalah menyiapkan takjil atau menu bukaan. Anda dapat menyiapkan takjil dengan cara membuat menu bukaan yang resepnya dapat akses di mana saja, baik di majalah, tv, internet, atau bahkan resep turunan keluarga anda.

Sembari anda menyiapkan takjil, anda dapat meningkatkan skill memasak dan menunggu waktu berbuka puasa tiba. Kegiatan ini juga termasuk amalan sebab kita mempersiapkan makanan untuk orang yang sedang berpuasa yang Insya Allah akan menjadi pahala bagi kita.

3. Membaca Buku

Kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan dalam kegiatan ngabuburit atau menunggu berbuka puasa adalah membaca buku. Buku yang bisa anda baca beragam pula jenisnya, bisa buku pelajaran, tafsir Al – Qur’an, buku dongeng, novel, dan lain – lain yang tentunya memiliki isi yang sehat dan tidak mengandung unsur – unsur yang dapat membatalkan puasa. Kegiatan ini tentu saja bermanfaat pula, anda dapat meningkatkan ilmu pengetahuan sembari membunuh waktu.

Baca Rekomendasi :   3 Minuman Ini Pas Bangat Untuk Berbuka Puasa, Segar dan Enak Pula

4. Menonton

Jika anda ingin menghibur diri sembari melaksanakan kegiatan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa maka kegiatan yang bisa anda lakukan adalah menonton acara di tv, youtube, ataupun film. Jenis acara yang dapat anda tonton tentu saja dapat anda sesuaikan berdasarkan keinginan anda, tetapi tetap saja pertimbangkan unsur konten yang terdapat pada video tersebut.

Jangan sampai unsur – unsur tontonan tersebut merupakan unsur yang dapat membatalkan amalan puasa anda. Usahakan pula menonton acara yang menghibur tetapi bermanfaat pula sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan.

5. Mengerjakan Hobi

Jika anda memiliki skill khusus atau hobi tertentu, hal ini tentu saja akan tepat anda lakukan sembari melaksanakan kegiatan ngabuburit. Misalnya, anda hobi membuat prakarya atau mungkin hobi bermain gitar, tentu saja anda bisa mengerjakan hobi tersebut.

Baca Rekomendasi :   5 Buah yang Tidak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Sembari anda melaksanakan kegiatan tersebut maka waktu akan terbunuh dengan sendirinya sehingga waktu berbuka puasa akan tiba dengan segera. Kegiatan tersebut juga bermanfaat pula sebab skill hobi anda akan terasah dan tentunya membuat anda akan melahirkan karya yang luar biasa.

6. Silaturrahim Ke Saudara.

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bemalas-malasan. Banyak kok bentuk silaturrahim di bulan puasa, seperti buka bersama dan shalat berjamaah.

Tips – tips di atas dapat anda lakukan sembari melaksanakan kegiatan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Lakukanlah kegiatan tersebut dengan unsur yang bermanfaat sebab akan memberikan manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page