Curug Cipeteuy Bogor, Tempat Asyik Kongkow Para Anak Curug

Menghabiskan waktu bersama sahabat di curug cipeteuy, asyik benar.

Curug Cipeteuy Bogor via instagram.com @999muhamadyusuf
0 137

Pernah mendengar tempat wisata yang bernama Curug Cipeteuy ? Nah, kalau anda search di Google, lokasinya pasti banyak ditemukan di Majalengka. Namun, kali ini berbeda, Curug Cipeteuy ini lokasinya ada di Bogor. Curug yang satu ini menjadi potensi baru yang ada di Bogor.

Curug Cipeteuy Bogor, ya mungkin nama tempat yang terdengar asing bagi wisatawan yang terbiasa menikmati akhir pekannya dengan berlibur ke curug atau air terjun di Curug Leuwilieuk, Curug Hordeng, Curug Barong dan lain sebagainya yang berada di kawasan wisata Sentul.

Namun, jika anda ingin berlibur dan bersantai sembari mendapatkan kenikmatan yang privasi, maka tak ada salahnya jika mendatangi destinasi wisata Curug Cipeteuy Bogor ini. Terletak di Desa Cibulay, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, curug ini rupanya berada di kawasan Gunung Halimun-Salak.

Tahukah anda akan keindahan pesona alam Curug Cipeteuy Bogor ?

Curug di lokasi Bogor ini rupanya menawarkan sensasi dingin dan menyegarkan dengan limpahan air dari kaki Gunung Salak, yang konon katanya tidak pernah kering sepanjag tahun. Airnya sangat bersih, bening dan menyejukkan. Tempatnya yang sunyi, sangat cocok untuk menetralisir pikiran setelah sepekan larut dalam hiruk-pikik rutinitas sehari-hari.

Nah, jika anda memiliki niat untuk berkunjung ke destinasi wisata Curug Cipeteuy Bogor, anda harus menuju kawasan wisata yang berjarak kurang lebih 56 km dari Ibu Kota Jakarta. Anda harus melewati kota Bogor terlebih dahulu, sebelum lanjut menysuri jalan berliku melewati Ciapus yang mengarah ke Gunung Bunder yang lokasinya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Setelah anda mendapati sebuah plang petunjuk ke Situs Arca Domas, maka tidak lama lagi anda akan menjumpai kawasan wisata prasejarah, sekaligus surga bagi penikmat kesunyian dan ketenangan.

Air terjun Cipeteuy Bogor memang memiliki area yang kecil, namun jangan salah, walaupun begitu curug ini memiliki keunikannya tersendiri.

Selain air curugnya yang jernih, di sisi tebing Curug Cipeteuy ini juga terdapat aliran air yang keluar dari tebingnya. Ya, memang kalau mengunjungi tempat wisata ini sangat afdol jika sembari berenang dan bermain air di dalamnya.

Curug Cipeteuy Bogor
Curug Cipeteuy Bogor via instagram.com @999muhamadyusuf

Selain menikmati keindahan air terjun Cipeteuy dan bermain air disana, anda pun juga bisa berkemah di antara pohon-pohon pinus yang ada di kawasan Curug Cipeteuy. Berkemah disana sangat sejuk, udaranya bersih dan segar. Disamping itu, keuntungan lainnya jika anda berkunjung ke Curug Cipeteuy yang dikaruniai panorama indah tersebut, anda pun bisa melangkahi jejak prasejarah Situs Cibalay dnegan struktur pundek berundaknya, yang mana  sekilas terlihat mirip dengan Gunung Padang di Cianjur.

Memiliki hamparan pohon pinus sepanjang mata memandang menunju Curug Cipeteuy, di kawasan wisata ini pun juga ditemukan banyak menhir atau batu yang menancap tegap di atas tanah.

Anda pasti melintasi menhir ini ketika berjalan kaki saat menuju ke Curug Cipeteuy. Salah satu sisa peninggalan megalitikum yang diprediksi sudah ada sebelum memasuki masa Masehi ini, sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata sejarah.

Anda bisa menikmati keindahan pesona alam Curug Cipeteuy Bogor hanya dengan mengeluarkan kocek Rp 20.000 untuk satu orang. Dengan harga tiket yang murah tersebut, naluri keingintahuan anda akan terbayar lunas saat sudah berjumpa dengan esostisme warisan prasejaran Indonesia, wisata kemah di jantung hutan pinus, dan utamanya yaitu menikmati tiga gugusan Curug yang ada di kawasan Arca Domas.

Bagaimana ? Setelah menyimak ulasan singkat tentang destinasi wisata Curug Cipeteuy Bogor, apakah anda tertarik untuk mengunjunginya ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page