Curug Cikawah, Menikmati Perpaduan Kawah dan Air Terjun di Bogor

Curug Cikawah mempunyai aliran air yang terasa panas dan bau blerang yang terasa sangat menyengat

Curug Cikawah Bogor via instagram.com @ihsan_ggmu
0 18

Apakah anda sedang mencari destinasi wisata yang lokasinya tak jauh dari Jakarta ? Ya, Bogor lah jawabannya. Kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini rupanya memiliki cukup banyak pilihan destinasi wisata alam yang membuat para wisatawan yang mengunjunginya merasa lebih menyatu dengan alam.

Salah satu destinasi wisata alam yang dapat anda kunjungi saat berada di kawasan Bogor ialah air terjun atau curug. Karena Bogor merupakan daerah pegunungan dan perbukitan, maka tak heran jika memiliki beberapa curug yang kondisinya masih cukup natural.

Tahukah anda bahwa Bogor juga terkenal dengan julukan sejuta curug ? Hal ini dikarenakan jumlah curug di Bogor yang tak terhitung banyaknya. Ya, mulai dari curug yang sudah dikelolah oleh swasta, bahkan sampai curug yang sangat sulit diakses seperti Curug Cikawah Bogor.

Curug Cikawah adalah salah satu destinasi wisata air terjun atau curug yang memiliki rute tracking cukup membutuhkan perjuangan. Pasalnya, anda harus melewati jalanan yang licin dan terjal untuk bisa sampai ke Curug Cikawah Bogor. Akan tetapi, setelah pengorbanan anda melewati tracking yang cukup melelahkan tersebut, nantinya akan terbayar lunas dengan eksotisme dan pemandangan curug yang indah. Curug ini memiliki dua aliran sungai, yakni di sebelah kiri airnya terasa lebih dingin, jernih dan bisa diminum. Sedankan aliran sungai di sebelah kanan terasa hangat yang bercampur dengan sulfur.

Baca Rekomendasi :   Yuk, Intip Keindahan Curug Kiara, Pesona Alam Di Kaki Gunung Salak Bogor

Terletak di daerah terpencil, tepatnya berada di kawasan atau kaki Gunung Salak, Curug Cikawah ini rupanya benar-benar tersembunyi karena belum banyak yang mengunjunginya. Butuh waktu sekitar 2,5 jam trancking dari parkir kendaraan untuk bisa sampai lokasi wisata Curug Cikawah. Nah, saat melakukan tracking di jalur menuju Curug Cikawah ini jangan lupa untuk mengenakan sepatu kets atau sepatu yang berbahan kuat. Mengingat jalanan disana cukup ekstrem dan curam yang disertai dengan bebatuan besar, maka tentu akan berisiko membuat kaki anda lecet jika tidak dilindungi oleh alas kaki yang kuat.

Cara Menuju Curug Cikawah Dengan Menggunakan Transportasi Umum.

Curug Cikawah Bogor
Curug Cikawah Bogor via instagram.com @ihsan_ggmu

Lantas, bagaimana jalur menuju ke Curug Cikawah Bogor dari Stasiun Bogor ? Jika anda berada di Stasiun Bogor, naiklah angkot ke terminal Bubulak. Dari terminal Bubulak tersebut naik angkot dengan jurusan Leuwiliang atau Jasinga dan turun di pertigaan Cibatok. Nah, dari pertigaan Cibatok anda bisa naik angkot nomor 52 dengan jurusan Gunung Picung. Setelah itu, anda bisa turun di pertigaan Abah AA dan dilanjutkan dengan naik ojek sampai ke gerbang masuk Curug Cikawah. Barulah anda bisa memasuki kawasan Curug Cikawah dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang.

Baca Rekomendasi :   Curug Sengon Bogor, Destinasi Apik yang Jarang di Jamah Traveler

Curug Cikawah terbilang destinasi wisata yang sangat unik karena ia berada di kawasan kawah. Adapun yang membuatnya berbeda dengan curug lainnya ialah karena aliran airnya yang terasa panas dan bau blerang yang terasa sangat menyengat. Nah, atas dasar inilah masyarakat setempat menamakan curug ini dengan sebutan Curug Cikawah.

Memiliki ketinggian skeitar 45 meter dengan kedalaman mencapai hampir 2 meter, Curug Cikawah in dikelilingi oleh beberapa kawah kecil yang masih aktif. Memang, air yang jatuh dari curug ini akan terasa dingin, namun setelah mengalir kebawahnya akan terasa panas karena perlu melintasi kawah.

Nah, jika anda telah tiba di Curug Cikawah, disana anda akan melihat kepulan asap dari kawah yang berlatarkan curug dan bebatuan. Jika anda termasuk orang yang menyukai dunia fotografi, maka tempat ini dapat dijadikan spot populer untuk berfoto-foto. Sejauh mata memandang, anda menemukan pemandangan dengan tumpukan bebatuan, kepulan asap belerang serta barisan hijau pepopohan.

Baca Rekomendasi :   Bukan Hanya Bromo, Ini 6 Air Terjun di Jawa Timur Yang Siap Menyihirmu

Nah, itulah dia ulasan singkat tentang spot wisata menarik di Curug Cikawah yang ada di Bogor. Bagaimana ? Sudah punya rencana ingin mengunjunginya ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page