Kuliner Malam Sederhana ala Anak Kos Jogja, di Sini Tempatnya

  • Bagikan
Kopi Jos Yogyakarta
Kopi Jos Yogyakarta via reresepan.com

Semakin malam, pesona Kota Yogyakarta tak lantas memudar. Selain nongkrong di tempat ikonik seperti Tugu dan Alun-alun Yogyakarta, kamu berwisata kuliner malam khas kota ini. Buat penyuka petualangan kuliner malam sederhana ala anak kos Jogja, berikut ini tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi.

1. Angkringan Kopi Joss

Angkringan, warung berupa gerobak kecil yang menyediakan aneka makanan dan minuman, tersebar di berbagai sudut dan jalanan kota Yogyakarta. Salah satu yang cukup terkenal ialah angkringan di Jalan Sosromenduran, Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

Yang paling mantap di sini yaitu kopi joss-nya, kopi hitam ditambahkan bara api yang menyala setelah diseduh. Buat mengisi perut, ada nasi kucing dan beragam lauk seperti sate usus, telur puyuh, hati ayam, serta gorengan. Sebungkus nasi kucing seharga Rp2.000 di sini berisi kira-kira lima sendok makan nasi dengan orek tempe sambal teri. Porsinya memang mini, sehingga paling tidak kamu butuh dua bungkus kalau ingin benar-benar kenyang. Seperti angkringan pada umumnya, tempat ini buka mulai pukul 14.00 hingga pukul 02.00 dini hari.

Baca Rekomendasi :   Kue Pastel, Begini Cara Membuatnya Untuk Menu Buka Puasamu.

2. Sego Koyor

Sepiring nasi hangat disiram koyor atau urat sapi yang dimasak kuah santan gurih pas banget disantap di malam hari. Menu andalan warung Bu Parman yang berdiri sejak tahun 1968 ini jadi favorit warga Jogja dan wisatawan. Sego koyor lebih lengkap dengan tambahan lauk lain seperti babat bacem atau telur pedas bumbu Bali. Melihat isinya yang komplet dan melimpah, harganya terbilang cukup murah, yaitu Rp10.000 saja. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 22.00 sampai pukul 04.00 pagi.

3. Soto Sampah

Jangan membayangkan makanan ini terbuat dari sampah ya? Soto ini seperti soto pada umumnya kok, hanya saja tampilannya terlihat berantakan sehingga dijuluki soto sampah. Soto dihidangkan dengan piring, berisi nasi dan soto koyor sapi. Harganya sangat murah, hanya Rp7.000 per porsi. Cocok untuk mentraktir teman rame-rame nih. Soto Sampah buka mulai pukul 17.00 hingga pukul 03.00 pagi.

Baca Rekomendasi :   7 Kuliner Khas Medan yang Tak Boleh Dilewatkan

4. Sate Samirono

Ingin menikmati sate klathak khas Jogja, kamu tidak harus ke tempat asalnya di Imogiri, Bantul. Datang saja ke Sate Samirono. Di sini kamu bisa memesan aneka macam sate. Mulai dari sate ayam, sate kambing, hingga sate daging tanpa lemak. Untuk satu porsi berisi 4 tusuk sate, dibanderol Rp18.000 saja. Warung ini buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 03.15 WIB, cocok untuk bersantai sambil menikmati suasana malam yang hangat.

5. Burjo

Ingin makan tetapi malas mencari tempat-tempat makan favorit di atas, cari saja burjo terdekat. Meskipun namanya burjo (singkatan dari bubur kacang ijo), sekarang menu burjo tidak tersedia di warung-warung ini. Warung yang bagian depannya dihiasi spanduk berwarna merah hijau kuning ini namanya pun telah berganti menjadi Warmindo (warung makan Indomie). Di sini kamu bisa memesan mie dok-dok, nasi telur, atau nasi goreng dengan harga mulai Rp8.000 per porsi. Warung ini buka selama 24 jam setiap hari, bisa jadi solusi saat kamu kelaparan kapan saja.

Baca Rekomendasi :   Kumpulan Menu Takjil Murah dan Enak Untuk Berbuka Puasa

Kota Yogyakarta memang berhati nyaman, terbukti dari kuliner lezat dengan harga terjangkau yang masih mudah ditemukan. Masih banyak rekomendasi makanan enak favorit anak kos yang bisa dibeli dengan bujet kurang dari Rp10.000. Yang pasti, tampilan, rasa dan porsinya tidak mengecewakan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page