Rekomendasi Menu Makan Siang yang Mantap di Surabaya

  • Bagikan
Nasi bebek Surabaya
Nasi bebek Surabaya via surabaya.panduanwisata.id

Buat yang terbiasa mengonsumsi nasi, belum disebut makan jika belum makan nasi. Walaupun sebelumnya sudah makan mi, roti, atau sumber karbohidrat lain, kadang masih terasa ada ruang dalam lambung yang belum terisi. Bener nggak?

Apalagi kondisinya pagi nggak sempat sarapan dan mau langsung sekalian makan siang, pastinya menu nasi beserta lauk pauk jadi pilihan tepat. Di Surabaya, ada 3 menu nasi istimewa yang harus banget kamu coba. Yuk simak.

1. Nasi Osik

Nasi osik khas Surabaya berupa nasi putih dengan lauk daging osik beserta lauk dan sayur pendamping. Daging sapi masak osik umumnya ialah bagian has dalam yang dipotong-potong kemudian diolah dengan bumbu dasar putih, daun jeruk, serai, daun jeruk, cabai merah, kunyit, jahe, lengkuas, jintan, dan temu kunci. Setelah itu ditambahkan santan.

Salah satu warung nasi osik cukup terkenal di Surabaya yaitu Warung Cak Nur yang beralamat di Jalan Peneleh No.110. Buat kamu yang penasaran ingin mencicipi nikmatnya nasi osik, datangnya jangan terlalu siang ya. Walaupun buka mulai pukul 07.00 sampai pukul 14.00, kadang tidak sampai pukul 12.00 sudah habis.

Baca Rekomendasi :   Kuliner di Jogja, 5 Mie Ayam Enak Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

Warung yang juga menyediakan menu lodeh, rawon, krengsengan, dan telur bumbu bali ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1990-an. Yang paling favorit di sini tentu saja nasi osik dan krengsengan.

Seporsi nasi osik di sini dibanderol Rp18.000 saja. Setelah memesan, kamu bisa menikmati nasi dengan porsi sesukamu ditambah daging osik, tahu, telur bulat, bihun, dadar jagung, dan kerupuk. Potongan dagingnya lumayan besar, tetapi tidak alot alias empuk dan bumbunya benar-benar meresap ke dalam. Ditambah sambal terasi tomat yang lumayan pedas, rasanya pasti bikin kamu kembali segar.

Sebenarnya menu ini sangat enak disantap sambil nongkrong di warungnya yang berada di pinggir jalan. Akan tetapi, saat ini tidak menyediakan layanan makan di tempat, jadi harus dibungkus atau makan di mobil jika takut keburu dingin. Meskipun makanan ini berkuah, paling enak jika disantap langsung pakai tangan, gurihnya lebih terasa.

Baca Rekomendasi :   8 Kuliner Khas Banjarmasin yang Kaya Rempah, Nikmatnya Kebangatan

2. Nasi Empal Pangampon

Menu makan siang lain yang bisa kamu coba ialah nasi empal di Jalan Pengampon II No 3 Surabaya yang populer dengan sebutan Nasi Empal Pengampon. Walaupun di dalam gang ini banyak menu kuliner lain, nasi empal di sini selalu jadi buruan.

Setelah memesan nasi empal, kamu akan mendapatkan nasi dengan lauk empal, kering kentang, tumis wortel, buncis, dan kol, ditambah lalapan timun serta sambal. Rasa daging empalnya manis gurih, seimbang dengan sambal terasi yang pedas dan sedikit manis.

Empal di sini istimewa karena sudah disuwir-suwir, teksturnya pun lembut dan empuk. Dalam seporsi seharga Rp32.000, empalnya juga melimpah, tidak pelit.

Penasaran? Datang saja langsung ke warungnya, beroperasi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang dan buka lagi mulai pukul 5 sore hingga pukul 10 malam.

Baca Rekomendasi :   Jajanan Khas Minang dari Beberapa Kota di Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Coba

3. Nasi Bebek Goreng

Jika kamu lebih suka daging unggas, cobalah makan siang dengan menu bebek goreng saat berada di Surabaya. Di daerah Bratang Gede, ada warung bebek goreng enak yaitu Warung Bebek Kayu Tangan. Bebek digoreng dengan kematangan sedang, tidak terlalu kering tetapi matang sampai ke dalam. Ukuran bebeknya lumayan besar. Disajikan bersama kremesan, lalapan, sambal, dan irisan jeruk nipis, pasti semakin menggoda selera.

Nasi bebek Surabaya
Nasi bebek Surabaya via surabaya.panduanwisata.id

Ada pilihan 1 ekor, dada, paha, kepala, dan ampela. Untuk dada bebek dibanderol Rp29.000 dan paha Rp27.000, sedangkan ampela dan kepala Rp6.000. Selain bebek goreng kremes, cicipi juga olahan bebek lainnya yaitu bebek bakar dan bebek saus mentega yang rasanya tak kalah nikmat.

Nah, tidak bingung lagi kan mau makan pagi sekaligus makan siang dengan menu nasi yang luar biasa di Surabaya? Mau nasi daging atau nasi bebek, dua-duanya pasti bikin pengen balik lagi.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page