Jelajah Kota Tua Padang, Ini Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan

  • Bagikan
Kota Tua Padang
Kota Tua Padang via instagram.com @beyubaystory

Padang, Sumatera Barat merupakan kota dengan atraksi wisata yang lengkap. Jika berada di sini, tak cukup satu hari untuk menikmati keindahan panorama, mencicipi kulinernya, atau mempelajari kekayaan budayanya. Panorama alamnya yang menawan seperti Pantai Nirwana atau belajar lengkap kebudayaannya di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau.

Seperti Jakarta dan Semarang, Padang juga memiliki kawasan Kota Tua yang menarik untuk dikunjungi. Selain melihat-lihat bangunan tua yang bersejarah di sini, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti berikut.

1. Mengenal Sejarah Kota Padang

Mengenal masa lalu Kota Padang, lebih asyik jika langsung menelusuri titik-titik bersejarah di dalamnya. Datanglah ke Pelabuhan Muaro, lokasi yang menurut banyak sejarawan merupakan titik awal mula terbentuknya Kota Padang di abad ke-14.

Di sekitar pelabuhan, kamu dapat menyaksikan deretan bangunan peninggalan masa kolonial mulai dari Jalan Muaro, Batang Arau, Pasa Mudik, Pasa Gadang, hingga Pondok. Bangunan-bangunan tersebut menjadi saksi kejayaan kota yang menjadi pusat perniagaan lintas negara pada akhir abad ke-18 dan di awal abad ke-19 serta menjadi pusat pemerintahan dan basis militer Hindia Belanda.

Baca Rekomendasi :   Menjenguk Indahnya Panorama Danau Diateh di Solok.

2. Menyelami Keragaman Budaya

Kota Tua menunjukkan warna keragaman budaya Padang karena di dalamnya masyarakat dari berbagai etnik dan suku hidup berdampingan. Ada Minangkabau, Jawa, Melayu, Nias, India, dan Tionghoa yang masih memelihara adat dan tradisi masing-masing. Misalnya, masyarakat keturunan India di Kampung Keling yang masih mengadakan tradisi Serak Gulo untuk menghormati tokoh-tokoh Muslim India yang berjasa besar. Begitu pula dengan masyarakat Tionghoa di daerah Pondok yang merayakan Imlek atau Cap Go Meh dengan meriah setiap tahunnya.

3. Berburu Foto untuk Mengisi Feed Instagram-mu

Kota Tua Padang
Kota Tua Padang via instagram.com @beyubaystory

Berbagai sudut Kota Tua menawarkan lokasi yang menarik untuk latar belakang foto. Dengan kreativitasmu, jalanan kota, bangunan-bangunan tua, dan keramaian di sana dapat menjadi gambar yang menarik. Di sini kamu bisa berfoto, membuat vlog, atau bahkan membuat foto-foto pernikahan bersama pasangan. Ada banyak bangunan menarik dari abad ke-19 dengan bentuk klasik hingga modern yang bisa kamu jelajahi bersama kameramu.

Baca Rekomendasi :   Wisata Sejarah dan Misteri di Lubang Mbah Soero Sawahlunto

4. Jogging atau Gowes Menyusuri Bangunan Tua

Berkeliling Kota Tua dengan berjalan kaki memang menyenangkan. Namun, jika kamu ingin merasakan suasana berbeda, cobalah jogging atau mengayuh sepeda menelusuri jalanan saat pagi ataupun sore hari.

Temukan hal-hal menarik mulai dari Jalan Kelenteng menuju ke Jalan Batang Arau, lalu terus ke Jalan Pasa Batipuah. Selain memanjakan mata, aktivitas ini juga menyehatkan bukan?

5. Petualangan Kuliner

Tidak sempurna bila menjelajahi Kota Tua Padang tanpa kulineran. Banyak sekali rekomendasi jajanan yang bisa kamu coba, mulai dari warung hingga restoran. Ingin minuman segar yang hits di sana? Cobalah kopmil alias kopi milo Om Ping di Jalan Kelenteng atau es durian di kedai Ganti Nan Lamo di Jalan Pulau Karam.

Baca Rekomendasi :   Danau Biru Sawahlunto, Danau Ciamik Di Bumi Andalas yang Memukau

Jika ingin menikmati jajanan pinggir jalan sambil nongkrong, jalan saja ke Jembatan Siti Nurbaya. Di sana banyak pedagang pisang kapik, pisang bakar khas Padang dan jagung bakar yang nikmat.

Sesudah puas jalan-jalan di Kota Tua, jangan lupa beli oleh-oleh untuk bekal perjalanan atau untuk keluarga di rumah. Mampir saja ke Jalan Niaga yang di sana terdapat toko oleh-oleh terkenal yaitu Keripik Balado Christin Hakim.

Menjelajahi Kota Tua Padang, pasti akan meninggalkan sejuta kenangan, apalagi jika ke sana bersama orang yang spesial. Kapan lagi bisa berwisata budaya, kuliner, sekaligus olahraga di kota yang indah?

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page