Danau Tarusan Kamang, Danau Nun Eksotis di Sumatra Barat

  • Bagikan
Danau Tarusan Kamang
Danau Tarusan Kamang via instagram.com @harrysulistio

Indonesia menyimpan segudang destinasi alam yang ciamik, salah satunya adalah Danau. Banyak danau di Indonesia berhamparan dari Sambang sampai Merauku. Sebut saja Danau Toba di Sumatra Utara dan Danau Labuan Cermin di Kaliamantan. Nah, menariknya di Sumatra Barat juga terdapat banyak danau yang bisa dikunjungi oleh para pelancong.

Sumatra Barat selain menyimpan wisata budaya dan pantainya yang manawan dan spot terbaik menikmati senjadi padang. Ternyata menyimpan segudang destinasi lain berupa danau. Sebut saja salah satunya Danau Tarusan Kamang yang sangat eksotis dan menawan. Apalagi kamu datang di pagi hari, suasana syahdu berbalut kabut tipis sungguh memukau.

Fakta Menarik Dari Danau Tarusan Kamang di Padang Sumatra Barat.

Sebenarnya tidak banyak diketahui informasi mengenai danau yang sangat fenomenal ini, tapi faktanya siapapun yang pernah melangkahkan kaki kesana, pasti dia ingin kembali menikmati keindahan danau tarusan kamang ini. Selain itu simak yuk faktanya yang di olah dari berbagai sumber.

Baca Rekomendasi :   Lembah Taruko, Surga Tersembunyi di Ngrai Sianok Sumatra Barat

Air yang Ada di Danau Tarusan Kamang Ini Bisa Pergi dan Datang Tak Kenal Waktu.

Tarusan Kamang ini terbilang unik karena menurut warga air danau bisa datang dan pergi tak kenal waktu. Bila di telaga tak ada air, yang tinggal hanya berupa padang rumput hijau. Tak diketahui kapan air akan susut atau naik. Saat musim panas pun air bisa tinggi, lalu menyusut tanpa diketahui mengalir ke mana.

Kala telaga sedang kering, ikan-ikan yang hidup di  danau banyak terperangkap dalam tambak-tambak yang sengaja dipasang warga. Ada beragam jenis ikan di sana seperti salah satunya  ikan pantau yang menjadi ciri khas danau ini.

Baca Rekomendasi :   Menikmati Keindahan Danau Talang, Telaga Sunyi di Ketinggian

Area Danau Tarusan Kamang Dari Dulu Hingga Sekarang Tidak Dihuni oleh siapapun.

Bahkan tidak ada suatu petunjuk yang menegaskan bahwa area danau pernah dihuni. Sebagian area danau yang sempat surut memang dapat dijadikan sebagai hunian. Tetapi hal tersebut tidak dalam kurun waktu lama. Karena sewaktu – waktu air danau menjadi pasang dan menenggelamkan area yang tadinya surut.

Lokasi Danau Tarusan Kamang

Danau ini berada di Jorong Halalang, Kamang Mudiak, Kamang Magek, Agam, Sumatra Barat yang tidak jauh dari pusat kota Bukit Tinggi. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari Bukit Tinggi.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page